Browsed by
Category: Parenting

4 Nilai Kehidupan yang Harus Diajarkan pada Si Kecil

4 Nilai Kehidupan yang Harus Diajarkan pada Si Kecil

Nilai kehidupan memang harus diajarkan pada si kecil, agar kelak saat dia dewasa, dia dapat menjalani kehidupannya dengan baik. Nilai-nilai baik yang dibiasakan sejak kecil, pastinya akan sangat dalam tertanam diingatan anak. Nilai kehidupan ini jika diterapkan oleh anak, tidak hanya baik bagi dirinya, tapi juga bagi lingkungannya. Jika sejak dini anak di didik dengan perilaku yang baik, maka nggak ada yang bakal mengeluh kayak mbak Mutia Ramadhani ini. Mengeluhkan anak tetangga yang seenaknya saja di dalam rumahnya, padahal pada…

Read More Read More

5 Cara Mengajak Anak Bekerja Sama yang Mudah Diterapkan

5 Cara Mengajak Anak Bekerja Sama yang Mudah Diterapkan

Mengajak anak bekerja sama jaman sekarang itu susah susah gampang ya. Di awal masa pandemi, saat diberlakukan belajar dari rumah, banyak ibu yang mengeluh di media sosial kalau sudah puyeng mengarahkan anaknya agar mau belajar. Susah membuat anak menurut padanya. Tak mudah membuat anak melakukan apa yang orang tua inginkan, padahal itu menurut orang tua adalah demi kebaikan anak Dari obrolan dengan sesama teman perempuan yang punya anak kecil maupun remaja, sering juga yang melontarkan keluhan. Anaknya susah banget di…

Read More Read More

Ini Perjuanganku untuk Membuat Anak Gemar Membaca

Ini Perjuanganku untuk Membuat Anak Gemar Membaca

Anak gemar membaca, siapa sih yang nggak pengen? Agar anak gemar membaca, tentu saja perlu ada pembiasaan sejak dini, tak bisa diperoleh secara instan. Orang tua perlu berjuang, dan juga berkorban, agar kebiasaan membaca ini tertanam sejak dini. Memiliki Anak Gemar Membaca Bukan Proses Instan Mamak sering banget dapat pertanyaan, sekaligus keluhan, dari teman-teman Mamak yang anaknya susah banget di suruh belajar (membaca) “Kok anakmu bisa betah banget sih baca buku. Nggak pengen nonton TV atau main game gitu?” “Aduh,…

Read More Read More

Hari Keluarga Internasional; Merenungkan kembali Makna dan Fungsi Keluarga

Hari Keluarga Internasional; Merenungkan kembali Makna dan Fungsi Keluarga

Hari keluarga internasional diperingati setiap tanggal 15 mei. Peringatannya tahun 2021 ini beriringan dengan perayaan idul fitri bagi umat muslim. Mamak seneng banget karena banyak yang upload foto keluarga di medsos. Foto lengkap seluruh anggota keluarga, yang di hari biasa bisa jadi sangat susah untuk diperoleh. Sejarah Hari Keluarga Internasional Harta yang paling berharga adalah keluarga Hayooo bacanya nggak usah sambil nyanyi, biasa aja gitu. Kenal kan ya sama lagu soundtracknya serial Keluarga Cermara ini? Yup, bisa dibilang keluarga adalah…

Read More Read More

Membuat Puppet Show untuk Mengasah Kreativitas Anak

Membuat Puppet Show untuk Mengasah Kreativitas Anak

Membuat puppet show untuk mengasah kreativitas anak sekaligus bisa mempererat bonding antara anak dan orang tua. Ibu-ibu ada yang bingung mau bikin kegiatan apa buat mengisi waktu libur lebaran ini? Ada satu aktivitas nih yang bisa dikerjakan bareng si kecil di rumah yaitu membuat puppet show. Caranya mudah, alat dan bahan yang dibutuhkan juga gampang diperoleh di rumah. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat puppet show ini adalah : Kertas gambar/HVS Spidol besar Pensil…

Read More Read More

Kenali Ciri Toxic Parenting dalam Pengasuhan Anak

Kenali Ciri Toxic Parenting dalam Pengasuhan Anak

Ciri toxic parenting dalam pengasuhan anak penting untuk dikenali oleh para orang tua maupun calon orang tua, agar ia tak akan melakukan hal itu pada anaknya. Menjadi orang tua itu nggak ada sekolahnya, nggak ada tempat kursusnya, nggak ada yang bisa membuat kurikulumnya. Belajar menjadi orang tua yang baik adalah proses pembelajaran yang panjang, sepanjang umur anak-anaknya. Salah satu hal yang harus dipelajari oleh orang tua adalah ciri toxic parenting, sehingga orang tua bisa berusaha semaksimal mungkin untuk tak melakukannya…

Read More Read More

Manfaat Bermain Musik bagi Fisik dan Jiwa Anak

Manfaat Bermain Musik bagi Fisik dan Jiwa Anak

Manfaat bermain musik bagi anak sangat banyak. Mamak mencoba merangkumnya dari berbagai sumber dan dari hasil melakukan pengamatan terhadap ketiga anak Mamak. Iya anak-anak memang suka bermain musik, walau iramanya suka-suka mereka, kadang terasa aneh, tapi biarin ajalah, namanya kan masih tahap belajar. Anak-anak rata-rata senang mengeksplorasi beragam bunyi. Berbagai peralatan di rumah, terutama peralatan dapur, bisa jadi sarana mereka mengenal bunyi yang berirama. Di kasih panci dan sendok aja mereka bisa duduk manis dan asyik memukul-mukulnya, sementara Mamak bisa…

Read More Read More

Fobia Jarum Suntik, Bukan untuk Ditertawakan

Fobia Jarum Suntik, Bukan untuk Ditertawakan

Fobia jarum suntik, bukan untuk ditertawakan. Sahabat Mamak setuju kan dengan pernyataan ini? Melihat tayangan proses vaksinasi Covid-19 di televisi, membuat saya senang. Akhirnya secara bertahap vaksinasi mulai dilaksanakan. Namun beberapa bagian tayangan membuat saya miris. Tak hanya di televisi, tapi di media sosial juga banyak beredar tayangan yang membuat miris. Tayangan seperti apa sih yang membuat miris? Itu lho, ada orang yang fobia terhadap jarum suntik, saat mau di vaksin terlihat ketakutan, berkeringat, tapi malah ada yang memvideokan, bahkan…

Read More Read More

Mendidik Anak Lelaki; Ajarkan Pekerjaan Rumah Tangga

Mendidik Anak Lelaki; Ajarkan Pekerjaan Rumah Tangga

Mendidik anak lelaki; ajarkan pekerjaan rumah tangga. Yup, Anda nggak salah membaca judulnya. Kali ini Mamak mau cerita tentang pentingnya mendidik anak lelaki dan mengajarkannya pada aneka pekerjaan rumah tangga. Ketrampilan yang sangat berguna saat ia dewasa kelak. Saat merantau jauh dari orang tua dan harus mengurus diri sendiri. Bahkan hingga saat ia berumah tangga dan memiliki anak istri. Masakan Papa Selalu Spesial Suatu malam, selesai menikmati hidangan makan malam dan kami mengelus perut karena kekenyangan. Tiba-tiba Babang membuka percakapan…

Read More Read More

Stimulasi Cerdas dan Kreatif Anak Usia 4 Tahun

Stimulasi Cerdas dan Kreatif Anak Usia 4 Tahun

Halo sahabat Mamak! Semoga dalam kondisi sehat dan diberi stock sabar yang melimpah ya menghadapi tingkah polah anak-anak yang kadang lucu menggemaskan, kadang menjengkelkan dan bikin pengen ngomel aja. Eh, daripada ngomel mending baca tulisan terbaru Mamak ini. Judulnya udah bikin penasaran atau belum ya? Stimulasi cerdas dan kreatif anak usia 4 tahun Kita semua tahu, bahwa anak-anak itu membutuhkan nutrisi dan juga stimulasi untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. Anak yang dikasih makanan bernutrisi tinggi tapi nggak pernah diajak ngobrol,…

Read More Read More