Hari Keluarga Internasional; Merenungkan kembali Makna dan Fungsi Keluarga

Hari Keluarga Internasional; Merenungkan kembali Makna dan Fungsi Keluarga

Hari keluarga internasional diperingati setiap tanggal 15 mei. Peringatannya tahun 2021 ini beriringan dengan perayaan idul fitri bagi umat muslim. Mamak seneng banget karena banyak yang upload foto keluarga di medsos. Foto lengkap seluruh anggota keluarga, yang di hari biasa bisa jadi sangat susah untuk diperoleh.

hari keluarga internasional

Sejarah Hari Keluarga Internasional

Harta yang paling berharga adalah keluarga

Hayooo bacanya nggak usah sambil nyanyi, biasa aja gitu. Kenal kan ya sama lagu soundtracknya serial Keluarga Cermara ini?

Yup, bisa dibilang keluarga adalah harta yang paling berharga. Keluarga yang harmonis tentu saja ya. Karena ada juga lho orang yang malah nggak betah kalau tinggal di rumah, harus ketemu dengan orang tua dan anggota keluarga yang lain. Bisa jadi karena ada masalah dalam keluarga tersebut yang belum ditemukan penyelesaiannya.

Pada tahun 1993, Majelis Umum PBB memutuskan tanggal 15 Mei setiap tahun diperingati sebagai International Day of Families  melalui Resolusi 47/237 pada tanggal 20 September.

Tujuan dari memperingati Hari Keluarga sedunia ini adalah :

  • untuk mengakui pentingnya keluarga
  • untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah-masalah yang mempengaruhi keluarga di seluruh dunia serta
  • meningkatkan pengetahuan akan proses sosial, ekonomi, dan demografi terhadap keluarga.

Faktanya, ketahanan, kemajuan serta kualitas suatu bangsa dimulai dari keluarga. Keluarga yang sehat akan menjadi produktif dan memberikan sumbangsih bagi bangsanya.

Keluarga, Unit Terkecil Pemerintahan

Elemen terkecil dan terpenting dari masyarakat dan solidaritas sosial adalah keluarga. Sebuah keluarga menjadi pondasi pertama dalam pengembangan hukum dan norma sosial.

Bangunan yang kokoh tidak mungkin berdiri megah jika tidak didukung oleh fondasi, pasir, batu, dan semen yang cukup. Demikian pula dalam satu negara. Negara tidak akan menjadi baik jika lingkungan terkecil penyusun negara, yakni keluarga, juga tidak baik.

Dalam keluarga ada pemimpin (kepala keluarga) yang bertanggungjawab terhadap semua anggota keluarga. Ada aturan-aturan dalam keluarga yang dibuat dengan kesepakatan bersama dan harus dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Ada pengelolaan keuangan, waktu, juga sumber daya manusia dalam sebuah keluarga.

Saat merasa sedih, keluarga lah yang menjadi tempat untuk berpulang untuk menenangkan diri. Maka dari itu keluarga adalah sumber untuk mengatasi ketakutan sosial dan individu seperti yang kerap dialami masyarakat di tengah pandemi ini. Beban ekonomi yang mengancam sebagian besar masyarakat akibat pandemi ini juga dapat diatasi bersama keluarga.

Keluarga, menurut pandangan Islam, tidak hanya sebagai tempat berkumpulnya suami, istri, dan anak. Tetapi lebih dari itu, keluarga memiliki fungsi dan peranan yang penting dalam menentukan nasib suatu bangsa. Secara khusus Allah mengingatkan kepada kita dalam firman-Nya,

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu …” (QS 66: 6).

Fungsi Keluarga dalam Konteks Hukum Islam

Keluarga dalam pandangan Islam mempunyai arti yang tidak kecil. Bahkan Islam menaruh perhatian besar
terhadap kehidupan keluarga dengan meletakkan kaidah-kaidah yang arif guna memelihara kehidupan keluarga dari ketidakharmonisan dan kehancuran. Keluarga adalah batu bata pertama untuk membangun istana masyarakat muslim dan merupakan madrasah iman yang diharapkan dapat mencetak generasi-generasi muslim yang mampu meninggikan kalimat Allah.

Berikut ini adalah fungsi keluarga dalam konteks hukum Islam

Biologis

Perkawinan dilakukan antara lain bertujuan agar memperoleh keturunan, dapat memelihara kehormatan serta martabat manusia sebagai makhluk yang berakal dan beradab. Fungsi biologis inilah yang membedakan perkawinan
manusia dengan binatang sebab fungsi ini diatur dalam norma perkawinan yang diakui bersama.

Pendidikan

Keluarga berkewajiban memberikan pendidikan bagi anggota keluarganya, terutama bagi anak-anaknya, karena keluarga adalah lingkungan terdekat dan paling akrab dengan anak. Pengalaman dan pengetahuan pertama anak ditimba dan diberikan melalui keluarga. Orang tua memiliki peran yang cukup penting untuk membawa anak menuju kedewasaan jasmani dan rohani yang bertujuan mengembangkan aspek mental spiritual, moral, intelektual, dan profesional.

Keagamaan

Keluarga berkewajiban mengajarkan tentang agama kepada seluruh anggota keluarganya. Keluarga merupakan tempat penanaman nilai moral agama melalui pemahaman, penyadaran dan praktek dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercipta iklim keagamaan di dalamnya.

Protektif

Keluarga menjadi tempat yang aman dari berbagai gangguan internal maupun eksternal serta menjadi penangkal segala penggaruh negatif yang masuk di dalamnya. Gangguan internal dapat terjadi dalam kaitannya dengan keragaman kepribadian anggota keluarga, perbedaan pendapat dan kepentingan dapat memicu lahirnya konflik bahkan juga kekerasan.

Kekerasan dalam keluarga tidak mudah dikenali karena berada pada wilayah privat, dan terhadap hambatan psikis, sosial, norma budaya, dan agama untuk diungkap secara publik. Adapun gangguan eksternal keluarga biasanya lebih mudah dikenali oleh masyarakat karena berada pada wilayah publik.

Sosialisasi

Dalam lingkungan masyarakat juga terdapat nilai tradisional yang diwariskan secara turun temurun. Proses pelestarian budaya dan adat dijalankan melalui institusi keluarga sebagai komponen terkecil masyarakat. Keluarga dalam fungsi
ini juga berperan sebagai katalisator budaya serta filter nilai yang masuk ke dalam kehidupan. Fungsi sosialisasi ini diharapkan anggota keluarga dapat memposisikan diri sesuai dengan status dan struktur keluarga.

Ekonomi

Keluarga merupakan kesatuan ekonomis dimana keluarga memiliki aktifitas mencari nafkah, pembinaan usaha, perencanaan anggaran, pengelolaan dan cara memanfaatkan sumber-sumber penghasilan dengan baik, mendistribusikan secara adil dan profesional, serta dapat mempertangggung jawabkan kekayaan dan harta bendanya secara sosial maupun moral.

Rekreatif

Keluarga merupakan tempat yang dapat memberikan kesejukan dan melepaskan lelah serta penyegaran (refresing) dari seluruh aktifitas masing-masing anggota keluarga. Fungsi ini dapat mewujudkan suasana keluarga menjadi menyenangkan, saling menghargai, menghormati, menghibur masing-masing anggota keluarga, sehingga
tercipta hubungan harmonis, damai kasih sayang, dan setiap anggota dapat merasakan bahwa rumah adalah
surganya.

Tema Hari Keluarga Internasional 2021

Tema Hari Keluarga sedunia dari tahun ke tahun adalah seputar pendidikan anak, kemiskinan, keseimbangan keluarga dan masalah sosial untuk perbaikan keluarga sedunia.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, tema peringatan Hari Keluarga Internasional 2021 adalah “Transisi yang adil secara sosial menuju pembangunan berkelanjutan: peran teknologi digital pada semua pembangunan sosial dan kesejahteraan.”

Di masa pandemi ini, makin terasa kan ya bagaimana peran teknologi digital dalam semua lini kehidupan kita. Pendidikan, perdagangan, kesehatan dan juga hubungan antar pribadi dalam sebuah keluarga.

20 thoughts on “Hari Keluarga Internasional; Merenungkan kembali Makna dan Fungsi Keluarga

  1. Keluarga merupakan sekolah anak-anak di rumah, melalui keluarga pendidika atau tarbiyah dimulai. Semakin baik pendidikan akan memberi bekal kelak, selamatbhari keluarga international

    1. Selamat hari keluarga. Aku emang lagi seneng banget tema-tema keluarga gini, tapi juga sedih jadi inget keluarga di rumah

  2. Wah seru ya kak berkumpul dengan anggota keluarga, apalagi bisa berfoto2 bareng tentunya akan semakin menambah rasa akur dan cinta…keluarga adalah madrasah bagi anak-anak, tempat pendidikan pertama untuk memperoleh nilai dan norma2 yang diajarkan ayah dan ibu..makasih infonya dan selamat hari keluarga internasional 2021 🙂

  3. bagi saya, keluarga adalah tempat saya pulang. Keluarga adalah mereka yang selalu ada bahkan pada saat terburuk pun mereka akan terus mendampingi tidak meninggalkan saya seorang diri

  4. baru tau ada hari keluarga

    saya setuju banget Mbak Nanik, penting banget ketahanan keluarga

    agar anak nggak terjerumus narkoba serta yang membahayakan masa depan lainnya

    sebelum orang lain tahu, haarusnya keluarga yang lebih dulu tau kemudian menyelamatkan mereka

  5. keluarga ini punya peran penting dalam membentuk kepribadian individu ya mbak
    dan memang saat ini hubungan antar anggota keluarga jadi makin dekat dgn adanya teknologi

    1. Aku dong baca sambil nyanyi, harta yang paling berharga adalah keluarga, hihihi

      Keluarga bagiku adalah tempat aku bisa jujur tanpa takut dengan penilaian. Menjadi tempat berlindung, memulihkan dari rasa sedih, atau menertawakan kebodohan. Karena emang gak ada yang perlu ditutup-tutupi kalo bersama keluarga

  6. Dari keluarga menjadi tempat bermulanya sesuatu atas kehidupan, ya sosialisasi, pendidikan, keagamaan dan sebagainya. Sebab tanpa keluarga memang akan terasa hampa melangkah ke depan

  7. Kalo udah skala internasional pastinya bisa memahami dong ya bahwa ketahanan keluarga juga sangatlah penting. Aku tu kadang trenyuh baca curhatan² para anak muda di grup² fb. Mulai urusan insecure, fobia sosial dll, dan aku bertanya gimana keluarga mereka kok ya curhatnya pada bikin prihatin.

  8. Sepakat banget mbak, senang banget liat foto keluarga teman-teman dan kami juga di moment lebaran kemarin. soalnya kau jga merasakan gimana susah dan malesnya untuk berfoto sekeluarga di hari biasa. xixixi..

  9. Hari Keluarga Internasional ini patut dirayakan! Kebersamaan dan kebahagiaan hakiki kita adalah bersama orang tua dan anak2 yang begitu istimewa. Semoga harta yang paling berharga ini bisa dijaga sepenuh hati selamanya aamiin.

  10. tapi masih banyak juga yaa yang belum ngeh dengan Hari Keluarga Internasional ini, saya pun jugaa jujur baru sadar setelah baca postingan ini.
    semoga tahun depan perayaan Hari Keluarga ini lebih ramai lagi ya 🙂

  11. Keluarga memang menjadi dasar dari segala aspek kehidupan. Semoga setiap keluarga bisa menwujudkan tujuan keluarga yang disebutkan di atas yah

  12. MasyaAllah mba Aku malah baru tahu ada hari keluarga internasional segala. harusnya digaungkan ya biar orang orang juga aware dan memang arti keluarga itu penting maksimal ya. so we have to put family first.

  13. Jujur baru tau sih ada yang namanya hari keluarga Internasional
    Makna sebuah keluarga mencakup berbagai aspek, betul itu menjadi pondasi awal pembentukan karakter seseorang juga. Sebuah keluarga yang harmonis dan penuh kehangatan pasti akan menjadikan pribadi seseorang yang juga menyenangkan di tengah masyarakat

  14. Kembalikan keutuhan keluarga kita. Sekarang ini bukan lagi menitikberatkan pada satu peran, misalnya ibu saja. Harus kerja sama kedua belah pihak. Apalagi kalo dalam satu keluarga suami mengizinkan istrinya bekerja sambil menjadi ibu rumah tangga. Anak membutuhkan peran ayah dan ibunya, bukan ayah dulu atau ibu dulu. Keluarga adalah unit terkecil pemerintahan. Jadi, kalo mau negara kita bagus, ya keluarganya juga harus bagus. Selamat Hari Keluarga Internasional 2021 ya mba.

  15. Keluarga ini basic banget ya Mbak, tempat kita semua kembali setelah riweuhnya rutinitas setiap harinya. Baik tidaknya seseorang juga bisa dipengaruhi oleh kondisi bonding antaranggota keluarganya ya. Happy family day, Mbak Nanik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: