manfaat jalan kaki

Manfaat jalan kaki pastinya sudah banyak yang mengetahui dan merasakan ya. Tapi nyatanya masih banyak juga lho orang yang enggan untuk berjalan kaki. Ke warung dekat rumah aja pakai sepeda motor. Ke rumah pak RT yang masih satu blok, pakai sepeda motor juga.

Sejak masa pandemi, Mamak juga jadi jarang jalan kaki di pagi hari. Padahal sebelum pandemi rajin lho kalau pagi ngajak anak-anak jalan kaki. Nggak cuma pagi, bahkan sore hari sepulang kerja juga sering jalan kaki keliling kompleks perumahan di dekat kampung tempat tinggal Mamak. Jadi di sebelah kampung Mamak itu ada kompleks perumahan elite gitu, sambil jalan kaki bisa menikmati pemandangan juga.

manfaat jalan kaki

Sebenarnya capek sih, tapi karena anak-anak yang minta, ya udah diturutin aja. Itung-itung olahraga. Olahraga yang murah dan mudah.

Sejak Pandemi, Jadi Jarang Jalan Kaki

Jujur aja, sejak pandemi pertengahan Maret 2020, saya jadi jarang jalan kaki. Padahal kalau dari segi waktu, malah banyak waktu luangnya. Karena kan ada jadwal WFH dan WFO, jadi saat WFH bisa olah raga jalan kaki di pagi hari dengan santai, nggak keburu-buru mesti masak dan bersiap pergi ke kantor.

Tapi nyatanya, malah mager aja bawaannya. Apalagi anak-anak juga nggak mau di ajak keluar. Terlalu taat aturan nih, dibilangin nggak boleh keluar karena ada virus Corona, eh keterusan pilih di rumah aja. Mereka saya tinggalin juga nggak mau, padahal ada Bapaknya juga di rumah. Tapi pilih sama Mamaknya ini.

Akhirnya, bisa ditebak kan. Sering di rumah, jarang jalan kaki, godaan banyak camilandan juga makan berat. Jadinya berat badan saya nambah dong.

Menguatkan Kembali Niat Rutin Jalan Kaki di Pagi Hari

Sudah sebulanan ini, Mamak kembali menguatkan niat untuk kembali jalan kaki di pagi hari. Awalnya biar nggak tidur lagi seusai sholat subuh selama bulan Ramdhan kemarin. Lagian selama Ramdhan, temanny banyak juga yang jadi rajin jalan kaki di pagi hari.

Usai Ramadhan, mulai berkurang deh. Mulai sepi lagi. Hanya beberapa orang yang usianya sudah lanjut yang sering saya temui saat jalan kaki di pagi hari.

Karena masih diberlakukan jadwal WFH dan WFO di kantor, jadinya saya jalan kakinya saat jadwal WFH. Biar bisa berlama-lama dan lebih jauh jalannya, nggak keburu-buru buat persiapan berangkat ke kantor. Anak-anak kadang ikut, kadang nggak mau. Ya udah saya jalan kaki sendirian aja.

Justru lebih bebas dan bisa mengatur ritme jalannya kalau sendirian. Kalau sama anak-anak, ada aja yang bikin berhenti. Ketemu kupu, belalang, capung. Pasti deh perhatiannya jadi teralihkan. Berhenti sejenak mengamati. Atau malah jadi lari-larian dan lompat-lompatan mengejar belalang.

Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan

Udah dulu sesi curhatnya ya, sekarang kita bahas manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Kali aja setelah mengetahui manfaatnya, kamu yang masih males jalan kaki di pagi hari, jadi tergugah untuk mulai membiasakan olahraga jalan kaki.

1. Memperkuat Jantung

Beberapa teman saya, yang pernah mengalami masalah dengan jantung, jadi rajin jalan kaki di pagi hari. Katanya itu hal yang disarankan oleh dokter. Jalan kaki, aktivitas ringan namun bisa memperkuat fungsi jantung jika dilakukan secara rutin.

Berjalan 30 menit di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Jika jalan kaki dilakukan secara teratur, maka akan memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah. 

Jarak dan kecepatan jalan kaki, bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jangan memaksa berjalan cepat jika memang melah membuat nafas ngos-ngosan. Bisa jalan santai saja sambil menikmati pemandangan sekitar di jalan yang dilalui.

2. Memperkuat Tulang dan Sendi

Manfaat jalan kaki yang ke dua adalah bisa memperkuat tulang dan persendian kaki. Saat berjalan, kaki menopang berat tubuh dan juga bergerak. Otot-otot yang sering digerakkan tentu saja lebih sehat dibanding otot yang diam saja.

Seperti air. Jika mengalir maka airnya akan bersih. Jika diam saja, maka lama kelamaan bisa jadi sarang nyamuk.

Manfaat jalan kaki juga bisa membantu Anda dalam melindungi sendi di lutut dan pinggul, dengan memicu lubrikasi sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi tersebut. 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori dalam tubuh. Nah kalau pengen berat badan bisa turun, bisa tuh kombinasikan antara rutin jalan kaki di pagi hari dan menerapkan pola makan sehat.

Tentunya penurunan berat badan ini nggak bisa instan ya. Semua itu kan butuh waktu dan proses. Jadi, laksanakan aja rutinitas jalan kaki di pagi hari dan juga pola makan sehat. pelan-pelan berat badan pasti bakal turun.

4. Memperbaiki Suasana Hati

Menghirup udara segar di pagi hari bisa sebagai moodbooster juga lho, bisa memperbaiki suasana hati. Udara segar, hawa bersih menyentuh kulit, sinar lembut matahari. Bahkan kalau beruntung, berangkat kala masih agak gelap, bisa sambil mengamati matahari yang keluar dari peraduannya. Bisa dapat pemandangan langit berwarna oranye di beberapa bagian. Semua itu, bisa membuat suasana hati jadi bagus juga.

manfaat jalan kaki

Kalau pagi hari diawali suasana hati yang bagus, insyaallah menjalani seharian juga bakal dengan hati senang. Semua yang direncanakan dan dikerjakan bisa berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang baik pula.

5. Sumber Ide dan Inspirasi

Saat berjalan kaki, sambil mengamati suasana sekeliling, bertemu dengan sesama pejalan kaki, bisa jadi sumber ide dan inspirasi lho. Apalagi kalau bawa kamera juga. Saya yakinlah, pembaca tulisan ini hp nya sudah berkamera semua. Saat melihat momen yang bagus, tinggal jepret aja. Abadikan dengan kamera. Bisa jadi sumber tulisan di blog, atau sekedar di upload di IG dengan diberi caption.

***

Itu tadi beberapa manfaat dari berjalan kaki di pagi hari. Yang masih malas, semoga jadi tergerak untuk memulai rutinitas ini.

By Nara

52 thoughts on “Jalan Kaki Pagi Hari, Olahraga Mudah, Murah dan Memiliki Banyak Manfaat”
  1. Wah saya juga suka banget jalan kaki pagi hari, masih terasa segar. Biasanya sih keliling komplek atau ngelewatin tempat wisata Taman Herbal Insani, Depok. Pokoke olahraga paling murah dan mudah, ya jalan kaki….

  2. iya bener banget kak.. olahraga yang mudah dan murah meriah ini sering dikesampingkan orang ya.. meskipun manfaatnya banyak.. orang cenderung enggan melaksanakan (termasuk aku) dan melalui postingan ini kembali diingatkan untuk mengaktifkan kegiatan berjalan kaki kembali…

  3. Baca artikel ini saya jadi pengen nangis? lho kok?
    Iya, Saya jadi inget waktu masa2 sekolah dan kuliah. SD, SMP, SMA, dan kuliah sering jalan kaki PP dari rumah (walau pas kuliah ada juga aktivitas naek angkot dari Lampung Selatan ke kota Bandarlampung (PP) setiap hari. Dulu sering jalan kaki memang merasakan bahwa memang jarang sakit dan lebih sehat saja. Sekarang sudah jarang jalan kaki dan lebih sering pakai kendaraan saat bekerja…

    Jadi kangen dengan jalan kaki lagi nih, seru pastinya…
    Btw, saya support nih dengan mamakpintar yang mengajak anak2nya untuk ikut jalan kaki, pastinya bagus kak untuk investasi kesehatan masa depan juga. Lanjutkan kak….keren2.

    1. Saya juga waktu SD jalan kaki tiap hari ke sekolah, jarak sekitar 5 km. Suka iri kalau lihat teman pulang sekolah naik sepeda atau di geonceng di jemput ortunya.
      Setelah SMP, karena di kota kecamatan, baru deh dikasih sepeda, itu juga sepeda bekas

  4. Sebenarnya, lebih pas lagi, jalan kaki dari rumah ke masjid untuk sholat Subuh, habis itu dzikir sebentar, lanjut jalan kaki lagi. Suasana hati jelas akan lebih terasa bahagia karena jiwa dan raga diservis semua.

  5. Hehehe, nyindir ini tulisannya. Duh aduh, kapan ya terakhir olah raga selama pandemi ini? Beanr kata orang, “Jangan nyari waktu yang pas buat olah raga” karena itu gak akan pernah ada. Kebanyakan alasan, begitulah kira-kira. Padahal olah raga paling sederhana, sesederhana berjalan kaki ini saja seharusnya bisa kita lakukan.

      1. Ngerasa kelempar sendal saya Mba Nanik. Padahal beberapa waktu lalu menyemangati diri dengan nulis artikel tentang tips olah raga buat yang udah kelamaan mager. Kekeke. Masih memulai lagi nih, semoga makin lama waktunya makin bertambah.

  6. baca ini jadi kesentil mbak, paragraf pertama banyak benernya buat aku hahaha
    yampunn masa ke depan rumah mau ke alfamart pake motor, terus aku rajin jalan kaki kalo pas traveling aja mbak
    jadi kalau pas traveling, jalan kaki yang jauh seimbang sama minum air putihnya. soalnya aku ga begitu suka minum air juga

  7. Iya Mbak, jalan kaki itu olah raga paling mudah dan murah ya, bikin jadi sehat juga plus bisa jadi sumber inspirasi seperti yang Mba tulis. Terlalu lama di rumah akibat pandemi ini jadi bikin mager juga, duuuh saya pun harus ngepush lagi juga buat semangat olah raga, dan jalan kaki bisa jadi pilihannya.

  8. mba samaan.. semenjak pandemi saya off banget jalan2 duh..
    semalam udah niatin mau jalan pagi lagi sama anak2 walau deket2, semoga bisa tercapai deh.. soalnya pada susah bener bangun pagi, hahahaha

  9. Aku udah lama gak jalan kaki pagi-pagi. Enak banget sebenarnya apalagi udaranya masih segar banget. Butuh nguatin niat biar semangat jalan kaki. Olahraga yang mudah sih

  10. Saya sepakat Mak kalo murah tapi gak mudah, hahaha. Sebab bagi saya dan keluarga. Agak repot kalo mau jalan pagi. Butuh persiapan juga. Tapi bolehlah nanti dicpbakan kembali. Mungkin si adek naik sepeda aja timbang di tengah jalan minta gendong, hehehehe

  11. Aku duluuu rajin jalan cepat di pagi hari sama suami. Eh, makin ke sini malah makin malas. Suka banyak godaan setan kalau jalan pagi tuh. Jadi jajan cilok, bakso, mie ayam dll jadi menggendut akunya hahahahaha 🙂 Mesti pakai kacamata kuda kayaknya wkwkwkwk. Utamanya aku buat memperkuat tulang sendi dan dapat sinar matahari kan bagus buat kesehatan 😀

    1. Aku lumayan rajin jalan kaki pagi hari mbk. Kadang kalo nggak sempet, aku sempet sempetin jalan kaki muter 2 gang komplek. Lumayan banget emang.. Badan enakan jadinya

  12. Beberapa bulan belakang ini, aku udah mulai olahraga diluar mbak, ya walaupun hanya sekedar jogjing atau sepedaan di pantai. Tapi tetep pake masker dan lain-lain.

  13. Aku lagi nyari gamis (jilbab) untuk olga nih. Lucu siih, kalo aku lagi jalan sehat begitu pasti ditanya, ‘mau kemana?’; ‘kok ga pake motor?’; padahal udah pake jilbab yang modis plus sneaker loh. Kemudian aku dapet solusi kalo jalan sehat di sekitar siring aja. Di pusat kota. Nah, aku pernah nyoba, memang sukses oy. Gak ada yang nanya² lagi, krn udah mafhum jalan di siring buat olga. Tapi…jarak dari rumah ke siring lumayan jauh, pake motor pula. Wkwkwk…bener² serba salah deh.

  14. setuju mbak
    jalan kaki adalah olahraga yang mudah dan murah
    selain itu juga baik bagi kesehatan ya mbak
    aku juga rutin jalan kaki tiap pagi dan sore

  15. Jadi kangen jalan kaki di pagi hari bersama keluarga. Walaupun memang tampak sepele tapi aku setuju bahwa jalan kaki juga memberikan banyak manfaat yang bagus buat kesehatan ya mba

  16. Jalan kaki itu mudah, murah, dan banyak manfaatnya. Sayang sekali kalau tidak dilakukan. AKu pun suka jalan kaki, tapi ga tiap hari. Hanya Sabtu dan Minggu. Soalnya pagi-pagi sibuk bikin sarapan, dan kalau udah masuk jam sekolah dan kerja, udah sibuk sama urusan di rumah hihi. Yang enak suami dan anak lakiku, tiap hari jalan pagi, karena subuhan selalu di masjid. Dari rumah kurang lebih 150 meter. Pulang dari masjid bisa muter keliling lapangan / taman masjid (yg memang area olah raga warga), atau langsung pulang dengan jalan kaki lagi. Ibadah dapat, olahraga dapat 😀

  17. Nah iya, bener banget ini semua manfaat yang disebutkan. Sayangnya belakangan ini saya gagal jalan keluar lagi karena kesibukan pagi. Jadi baru bisa rutin seminggu 2 kali di akhir pekan. Tapi ya lumayanlah, daripada enggak sama sekali.

  18. Kakakku juga rutin jalan pagi mba beneran nurunin berat badan tadinya aku kurus eh kakakku lebih kurus jadi rutin dia sebelum kerja jalan-jalan dulu..aku mau tapi selalu hanya niat saja

  19. Jalan kaki olahraga murah meriah tapi banyak manfaatnya. Beneran, di awal pandemi saya rajin jalan kaki, kadang sendiri kadang sama anak-anak…Segeran badan
    Eh semangat makin ke sini makin pudar, ada aja alasannya hahaha. Tersentil saya, padahal si bungsu dan heboh ngajak jalan kaki lagi , oke deh besok mau rutin lagi jalan kaki

  20. Hiiks~
    AKu jadi berkaca pada diriku sendiri. Memang niat kudu banget disejajarkan dengan action.
    Kalau hanya niat, ya…jadinya kaya aku gini….pengen sehat tapi instan, juga gak mungkin. Jadi pakai olahraga yang paling mudah dan murah, yaitu berjalan kaki.

  21. Iya mbak aku jg lagi mempertimbangkan mau seriusin olahraga ini krn selama di rumah aja kami kyk jarang bergerak. Olahraga jalan kaki ini paling murah dan menyenangkan gak rempong sama alat2. Bahkan kalau ngajak anak jalan tu rasanya kyk yawda jalan biasa gk dianggap olahraga sambil ngobrol tahu2 dan dapat berapa km hehe mayan buang kalori

  22. Sama nih mba semenjak pandemi aku jadi jarang jalan kaki
    Sekarang mau digalakkan lagi sama anak anak. Karena bener jalan kaki pagi hari tuh enak, bikin badan seger. Udaranya juga masih bersih

  23. Paling seger emang olahraga di pagi hari. Jalan pagi merupakan olahraga termudah dan termurah yang bisa kita lakukan. Tapi mba kalau jalan-jalan deket rumah tuh adaaa aja gangguannya. Banyak bakul blanjan dan jajanan je, pasti malah banyak mampirnya dibandingan jalan beneran. :)) Makanya aku lebih milih sepedaan aja, yang agak jauh dan ga familier dengan tempat-tempat jajanan, biar ga tergoda untuk mampir hehehee…

  24. Wah Saya baru tahu nih mbak manfaat jalan kaki di pagi Hari banyak banget ya, besok-besok habis subuhan seru Kali ya memulai Hari dengan jalan kaki di pagi hari

  25. Wah, malah kebalikan dengan saya. Sebelum pandemi malas olah raga. Setelah pandemi justru rajin krn buat isi waktu dan menjaga imun… Hihi..

  26. Jalan kaki emang olahraga yang paling murah meriah dengan manfaat yang gak kalah dengan olahraga lainnya.. Apalagi di pagi hari di daerah yang pemandangannya bagus.. bareng keluarga..wahitu manfaatnya dobel2… Semangat sehat

  27. Wah, jadi makin semangat nih untuk jalan kaki tiap pagi. Aku off-on nih untuk rutin jalan pagi. Apalagi untuk kami di usia sekarang ini, yg paling cocok memang jalan kaki sih. Aerobik dan lari, tidak dianjurkan karena otot dan persendian sudah berkurang elastisitasnya.
    Siap ah…besok mulai lagi…
    Makasih artikelnya…

  28. aku sekarang sedang berusaha komitmen jalan pagi mbak, tahu sih banyak banget manfaat jalan kaki begini tapi seringnya malas dan kalau pagi-pagi tuh suka sibuk banget di dapur karena mau masak buat sarapan dan bekal suami.

  29. saya juga mulai jalan kaki lagi mbak

    dulu sempat setahun, tapi mungkin karena terlalu diforsir, kaki jadi sakit

    lutut sebelah kiri nyut2an parah

    sekarang sih nggak mau forsir lagi, cukup banyak makan sayur, jalan kaki keliling kompleks atau sekadar urban farming

  30. Kalau saya jalan pagi kadang buat cari sayuran Mba, beli di Mang Sayur yang bisa lebih murmer. Ngajak anakku juga yang usianya mau 6 th. Dia suka diajak jalan pagi, aku kadang melipir ke taman deket rumah. Ngebiarin dia main dulu di sana.

    Ternyata banyak juga ya manfaat jalan pagi, menyehatkan, bisa untuk kesehatan jantung juga

  31. ah iya mbak, jalan kaki itu memang olahraga paling mudah dan murah
    tetapi meski begitu, tetap saja baik untuk kesehatan ya mbak

  32. Wah keren nih, melatih sejak dini anak-anaknya kak Nanik supaya rutin berolahraga. Jalan kaki sejak kecil memang saya sukai. Bahkan sejak SD, SMP, SMA, dan setengah waktu kuliah dulu saya PP jalan kaki, sesekali naik angkot wajar dulu tinggal di kampung haha. Cuma beneran rajin jalan kaki saya bahkan nyaris gak pernah sakit. Alhamdulillah. Makasih infonya kak nanik.

  33. Saya pernah membuktikan bahwa jalan kaki itu bisa menurunkan BB. Ingat pernah tinggal hampir 3 bulan di Eropa, kemana-mana pilih jalan kaki. Kalaupun naik MRT/Subway, tetap aja harus jalan lagi. Kebetulan musimnya lagi peralihan antara musim dingin ke musim panas, jadi udaranya pas buat jalan kaki. Tiap hari tuh hampir 6-8km jalan. Awal-awal berasa pegelnya, tapi setelah minggu ke-2, udah terbiasa. Gak ngos-ngosan lagi dan badan kok terasa lebih ringan. Begitu timbang, wooaaahhh selama 3 bulan turun 5kg. Lumayan banget ya.

  34. Semenjak pandemi, daku juga udah gak sering jalan kaki, kecuali kalau pas bener lagi ke luar rumah. Kangen pulang ngajar pas sorenya itu, daku milihnya jalan kaki yang lumayan 30 menit jaraknya ke rumah hehe. Semoga pandemi lekas berakhir ya, biar nyaman lagi melakukan jalan kaki

  35. Jalan kaki itu menyenangkan yah, bisa mengurangi berat badan bonusnya hihi. Pastinya badan dan pikiran sehat, apalagi menghirup udara pagi yang segar (atau kadang-kadang sore hari kalau saya hehe).

  36. Saya nih Mak, udah lama niat pengen jalan kaki di pagi hari tapi keskip mulu, adaaa aja alasan jadi gak bisa pergi, padahal jalan kaki di pagi hari sungguh banyak manfaatnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *