Pengalaman Menginap di Kapal Garden Hotel

kapal garden hotel

Setiap bulan Agustus, September dan Oktober, Mamak selalu mengagendakan untuk mengambil cuti dan memanfaatkan untuk berlibur dengan anak-anak. Kenapa di tiga bulan itu, Karena di tiga bulan itulah anak-anak Mamak lahir. Jadi sebagai hadiah ulang tahun mereka, bukan kue atau barang tertentu, melainkan menikmati kebersamaan di luar rumah. Di bulan Agustus kemarin, yang bertepatan dengan ulang tahun Kakak, kami berlibur dengan menginap di salah satu hotel Malang yaitu Kapal Garden Hotel dan jalan-jalan ke Taman Rekreasi Sengkaling.

Bangunan Kapal Garden Hotel Memang Berbentuk Kapal

Kenapa di sebut dengan kapal garden hotel, karena memang bangunan hotelnya ini berbentuk kapal! Bentuk kapalnya ini nggak terlihat kalau dari arah depan, terlihatnya dari arah pemandian Sengkaling yang ada satu kompleks dengan hotel ini.

kapal garden hotel
Tampak depan bangunan kapal garden hotel

Yup, hotel kapal ini memang terletak di Jl. Raya Sengkaling No.188, Sengkaling, Mulyoagung, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, satu kompleks dengan Taman Rekreasi Sengkaling yang sudah lama ada di Malang.

kapal garden hotel
Bangunan hotel tampak dari arah taman pemandian Sengkaling

Desain bangunan di dalamnya pun dibuat seperti suasana dalam kapal. Lorong kamar yang kecil, dengan beberapa pelampung menghias di dindingnya.

Kamar Minimalis namun Nyaman

Kami memesan kamar dengan tipe Stateroom family dengan kapasitas 4 tamu/kamar. Waktu itu kami pesan lewat Traveloka dan dapat harga 630.000. Harga ini sudah termasuk sarapan serta tiket masuk taman rekreasi Sengkaling untuk 4 orang. Tiket masuk Taman Rekreasi Sengkaling sendiri harganya adalah 35 ribu/orang.

Ada dua tempat tidur di kamar yang kami tempati, tapi kamarnya tidak besar. Kecil, karena tempat tidurnya di buat bertingkat. Memang suasananya di buat mirip seperti di kapan ya, kamarnya kecil, tempat tidur bertingkat dan tak banyak ruang kosong yang tersisa.

kasur bertingkat
Kasur bertingkat, mesti hati-hati dengan kepala

Terdapat televisi yang menempel di dinding, meja dan juga kursi. Ada lemari juga buat menyimpan pakaian. Fasilitas wifi pun lumayan kenceng.

Namun, walau Stateroom family ini diperuntukkan bagi keluarga, dengan 4 orang dewasa, tapi botol mimun air mineral hanya ada dua, demikian juga dengan handuk dan peralatan mandi yang ada. Apa emang gini ya standarnya?

Mamak nggak tahu juga, soalnya baru pertama ini nginap di kamar yang buat keluarga. Biasanya kalau nginap di hotel, kami pesan dua kamar.

Menikmati Santapan dengan View Taman Pemandian Sengkaling

Kami sampai di hotel kapal ini sekitar jam 2 siang, dan anak-anak langsung bilang lapar begitu masuk kamar. Emang pas berangkat dari rumah belum makan siang, dan tadi lumayan lama di perjalanan karena terjebak dalam kemacetan. Jadi, setelah menaruh barang bawaan di kamar, kami pun menuju restoran yang ada di lantai 4.

Tersedia lift sampai ke lantai 3. Liftnya cuma satu, itupun ukurannya kecil. Jadi kami berempat nggak leluasa bergerak saat di dalam lift, idealnya memang cuma buat 2 orang saja.

Dari lantai 3 menuju lantai 4 menggunakan anak tangga. Restorannya tak begitu luas, tapi penataan meja kursinya bagus juga, jadi nggak terlalu rapat dan masih banyak ruang kosong yang membuat pengunjung leluasa bergerak.

restoran hotel kapal
Menikmati wellcome drink sambil menunggu pesanan

Saya memesan mie kuah, Kakak dan Toto memesan mie goreng sementara Babang pilih ayam geprek. Sambil menunggu pesanan siap, kami menikmati pemandangan taman rekreasi Sengkaling dari ketinggian.

Taman rekreasi Sengkaling
Kolam-kolam pemandian nampak dari ruang makan di lantai 4
Taman rekreasi Sengkaling
Taman rekreasi Sengkaling

Tak menunggu lama, pesanan kami siap. Kami lanjut konsentrasi ke makanan masing-masing. Porsi mie kuahnya banyak banget, saya pun tak mampu untuk menghabiskan. Beruntung punya anak yang beranjak remaja dan makannya banyak, jadi mangkok berisi mie kuah pun pindah ke hadapan babang.

mie kuah kapal garden hotel
Menu makan siang kami

Siang itu hanya ada kami di lantai 4 ini, jadi walau sudah selesai makan, kami masih bisa berleha-leha menikmati sepoi angin.

Tapi keesokan harinya saat sarapan, restoran ini penuh, sehingga kami nggak bisa makan di satu bangku dan mesti duduk terpisah. Bahkan sampai ada yang antri menunggu ada tempat duduk yang kosong. Jadinya kami nggak bisa berlama-lama saat sarapan, selesai makan langsung keluar memberi kesempatan pada yang antri mau makan.

Menu sarapannya lumayan lengkap, bubur, soto, nasi dan aneka lauknya. Buah, puding, omelet, roti juga ada. Saya nggak mengambil gambar saat sarapan ini, ribet dan nggak nyaman dengan lalu lalang orang.

Area Lobby Kapal Garden Hotel Penuh Warna

Selesai menikmati makan siang, kami pun turun untuk kembali ke kamar. Tapi sebelumnya mampir ke lobby hotel dulu, karena Mamak pengen ngambil gambar suasana lobbynya yang walau kecil tapi “rame”. Rame karena warna warni furniture yang ada di lobby tersebut.

lobby hotel kapal
Area lobby yang kecil tapi nyaman

Di area lobby ini juga terdapat banyak foto tertempel di dinding, foto-foto yang berhubungan dengan hotel kapal maupun kegiatan yang di lakukan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Foto-foto kegiatan UMM ada di sini, karena memang kapal garden hotel ini di kelola oleh UMM. Ada beberapa bacaan juga yang tersedia di sini, jadi sambil menunggu para tamu bisa mengisi waktu dengan membaca.

Beberapa bacaan yang ada di lobby

Area untuk duduk santai dan membaca juga ada di lantai 3, tepatnya di depan lift. Jadi kalau di lobby penuh, para tamu bisa juga duduk-duduk santai di lantai 3 ini.

Ruang baca di lantai 3

Secara keseluruhan, kami berempat merasa puas menginap di sini, walau cuma satu malam tapi sudah bisa tidur di hotel dan menikmati kesenangan di taman rekreasi sengkaling. Wahana apa saja yang ada di taman rekreasi sengkaling, bakal Mamak ulas dalam postingan berikutnya.

Kalau kamu, bulan ini sudah staycation kemana?

42 Comments

  1. Barakallah fii umriik untuk anak-anak mamak ya. Sehat selalu, bahagia, cerdas, dan menjadi kebanggaan orang tua. Aamiin.

    Bangunan hotelnya keren banget Mak. Anak2ku pasti suka banget itu. Seru lho ada ruang bacanya juga. Jrg2 yg spt ini ya, mak.

  2. Aku pernah makan di satu resto berbentuk kapal di Labuan Bajo. Waah itu aja udah seneng. Eeh ini hotelnya kapal banget bentuknya. Dan, poolnya juga udah kayak wahana berenang khusus gitu. Dijamin anak² seneng ya. Aku jadi penasaran dan kalau ke Malang jadi pengen inap di sana. Seru buat foto² hahaha.

  3. Mamak aku jadi pengin ikutaaaaaan euy. Asyik sepertinya ya, Mak. Hotelnya unik gitu, beda dari yang lain.

    Kemarin juga sempet tidur beneran di kamar kapal sampai gak mau keluar kamar saking banyak orang, jadi gak bisa menikmati ruangan kapal kaya apa, nah…aku malah curcol

  4. Vibesnya pasti beda ya Mbak Nanik. Lihat dekorasi dalam ruang publik dan kamarnya juga menarik banget. Kapan ke Malang, tak coba semalam ah. Penasaran lihat foto-fotonya yang apik seperti ini.

  5. Wah jadi penasaran pengen menginap di kapal garden hotel nih seru banget kalau mengajak keluarga ya mbak pasti sangat senang semua

  6. Kapal Garden Hotel ini mirip Surabaya North Quay yaa..
    Tapi di Surabaya North Quay menginapnya di kapsul-kapsul gitu..
    Rasanya seru bangetstay cation dengan suasana kapal. Jadi membayangkan sedang berlayar..

  7. kirain Kapal beneran karena saya habis mampir ke blognya Mbak Yulia

    tapi keren sih hotelnya dan tarifnya terjangkau ya?

    Wuaaaa…..jadi pingin ke Malang, dan kulineran mie kuah (atau mie nyemek?) seperti yang disantap Mbak Nanik

  8. YSalma

    Suasana ruang di Kapal Garden Hotel benar-benar dirancang mirip kondisi dalam kapal ya. Viewnya area berenang dan tamannya juga memanjakan mata.
    Babang, Kakak dan Toto udah jadi teman jalan yg seru ya mba.

  9. wahh pasti seru yaa nginap di sana, apalagi bareng anak-anak. Anakku kayaknya bakalan suka nih kalo diajak nginap di sana, sayangnya jauh banget di Malang, sedangkan kami di Sulawesi, huhuhu

  10. Fenni Bungsu

    Mi kuahnya nampol kali kak
    Unik hotelnya, walau minimalis tetapi tetap asik buat menginap.
    Kalau soal botol minum sesuatu juga ya, mungkin menunggu ulasan yang lain yang udah pernah nginap ya

  11. Wah, saya sudah lama nggak ke Malang, ternyata sekarang ada hotel yang keren banget ya bentuknya kapal.
    Kapan-kapan kalau ke Malang mau deh mampir ke Taman Rekreasi Sengkaling dan nginap di hotelnya.

  12. Sapti nurul hidayati

    Menarik mbak, terutama suasana restonya. Sepertinya nikmat banget ngopi atau ngeteh di situ ditemani angin sepoi-sepoi… Wah, bisa ditiru nih, berlibur setiap kali ada anggota keluarga yang ulang tahun. Boleh juga nih…

  13. Enak banget nih liburan tapi hemat pengeluaran keluarga. Anak-anak juga happy apalagi orangtuanya

  14. dari tampak depan keliatan kecil, ternyata dalamnya luas banget ya Mba, kapal, area bermain, itu cocok banet buat keluarga apalagi buat nyenengin anak2, waahh surga banget itu, taman bermainnya pun luas

  15. Waduh..bahaya nih kalau anak-anak saya lihat. Hahahaha. Bakal fokus sama kolamnya yang luas, dan seru dipakai bermain air. Gak hanya renang. Tapi oh tapi, nunggu kami cuss ke Malang dulu. Jadi pengen nyeberang ke Jawa nih kalau udah gini, banyak hotel lucu soalnya.

  16. Menginap di Hotel Kapal Garden ini emang menyenangkan mbak
    Apalagi kalau sekalian jalan jalan ke Sengkaling
    Anak anak dijamin happy

  17. Meilia Wuryantati

    Tadinya aku penasaran apakah ini hotel di pantai dengan kapal asli atau gimana, ternyata karena memang bangunan hotelnya ini berbentuk kapal! Bagus banget yah, wah seru nih bisa buat rekomendasi wisata nanti sama keluarga, seru bawa anak2 nih

  18. Wohooooo, quality time yg mantab jiwaaa ya mbaaaa

    Kok aku jadi kepikiran jugaa buat ngajak anakku k siniiii, insyaAllah hepiii bgt, bisa creating memories jugaaaa

  19. Hotelnya terlihat betah-able yah apalagi bentuknya unik banget, pastinya anak2 suka deh. Lumayan terjangkau juga yah ratenya, dengan harga segitu bisa dapet tiket masuk pula

  20. Baru tahu kalau di sengkaling ada hotel kapal begini. Soal jumlah air mineral tergantung kebijakan hotel, sih. Dulu aku pernah nginep di hotel yang untuk kamar berdua dapatnya 2 x 2 liter

  21. Mba sama kayak aku, selalu ambil cuti untuk anak ultah. Senangnya ya kalau ada kesempatan bagi mereka berlibur seperti ini. Sensasi menyenangkan menginap di kapal hotel ini, menyenangkan

  22. Oh dikelola UMM ya mba, ini terkesan homeeee kayak nyaman gitu ya. Asikkk ultah anak2 mamak cuti ya, seperti bpk suami klo ada yg ultah dia nggak ngantor, selalu cuti hehe..
    Menarik sih unik kapal garden ini, terjangkau menurut aku untuk sesuatu yg unik, dan nggak biasa.. ngileeeer makan siangnyaaa mba

  23. bangunan penginapannya unik banget sesuai dengan namanya kapal garden hotel, dan ini ya anak-anak pasti happy banget sih diajakin di sini

  24. Oh ini hotelnya jadi satu dengan Taman Sengkaling ya, aku kok nggak tahu ya. Tapi waktu aku ke Malang juga nggak ke taman ini karena kami lebih memilih Museum Angkut. Kapan-kapan bakal kesini, harganya relatif murah kalo untuk berempat ya mbak

  25. waaah.. lucu hotelnya, kesannya kayak kapal beneran ya. Termasuk ruangan-ruangannya juga. Adem juga ya pastinya karena berada di Malang.

  26. Kalau Stateroom family itu memang diperuntukkan bagi keluarga dengan 4 orang dewasa, harusnya komplimen air mineral juga ada 4, begitupun handuk dan peralatan mandi. Kalau cuma 2 berarti kurang, pihak pelayanan kamar harusnya tahu itu. Kalo aku langsung telp ke room service nya, kasihtau apa yang kurang dan minta dilengkapi.

  27. Agenda berlibur sama anak2 selalu seru ya, Mbakk. Pas banget bulan lahirnya menuju penghujung tahun, sekalian liburan akhir tahun. 😀

    Unik banget hotelnya. Suka dengan interiornya, sederhana dan keliatan bikin nyaman.

  28. Staycation dengan suasana baru di Kapal Garden Hotel.
    Berasa jadi Popeye, hehhe.. Ternyata bagi yang takut naik kapal, bisa tetap merasakan sensasi bobok di atas kapal dengan staycation di Kapal Garden Hotel.

  29. Kapal Garden Hotel unik juga ya. Anggep aja lagi naik kapal pesiar gitu. Secara keseluruhan, nyaman kelihatannya. Mungkin aku juga bakal nginap kalau dekat daerah itu

  30. Ya Allah Sengkaling, keinget masa kecil kalau liburan pasti ke sana. Jadi kangen mbak 😀
    Soale pas ada jatip park kyk sengkaling wes mulai2 redup dikit yaa.
    BTW hotelnya unik nih berbentuk kapal.
    Desain hotel dan kamarnya juga unik ya mbak.
    Semoga kapan2 bisa ke Sengkaling lagi, kyke semalam kurang mbak, mesti nambah heehe

  31. Barakallah fii.umrik buat buah hatinya…semoga sehat selalu sukses dunia akhirat dan rajin ibadahnya…

    Hotel kapal ini sangat recomended memang maak, kami maret kemarin menginap 3 hari 2 malam masih kurang. Anak2 happy banget lucuu apalagi kasurnya empuk yaa mak.

  32. Kota malang,masuk dalam daftar kota yang aku dan sekeluarga belum pernah kunjungi hehehe. Dan kelak semoga bisa staycation kesana hehehe

  33. Wah unik nih hotelnya. Bikin penasaran. Pastinya seru ya. Walopun gak luas, tapinya nyaman. Seru nih ngajak anak-anak nginep di sini

  34. Hotel yang unik dan menarik ya mbak
    Aku pernah ajak anak anak staycation disini
    Sekalian main ke Sengkaling

  35. wah keren banget hotelnya mba, meski kecil kecil ruangannya tapi nyaman dan bersih yaa. apalagi di bagian outdoornya. kolam renangnya menyenangkan ya ada perosotannya. anak-anak pasti betah di sini

  36. Eh lucu juga yaa.. Langsung saya seraching mba di Traveloka. Kali bs jadi rekomendasi keluarga saya kalau mau jalan2 ke Malang.

  37. hotel yang unik yaa bentuknya kapal. Ternyata dikelola oleh UMM.
    Kalau ke area Batu atau Malang ingin coba menikmati sensasi menginap di Kapal Garden Hotel. View kolam renangnya itu lho jadi ingin nyebur.

  38. Kapal Garden Hotel ini berasa nginep di atas kapal ya Mba. Oke nih konsepnya unik banget. Nuansanya juga merah putih. Saya suka soalnya. Kamarnya juga luas deh. Di sana juga Ada waterboomnya. Anak-anak pasti betah

  39. Bisa jadi simulasi buat aku sebelum naik kapal beneran. Sekaligus bisa mengobati fobia ku mungkin sama kendaraan air satu ini. Naik kapal itu sesuatu yang menantang…

  40. Wah menarik sekali hotel bentuk kapal. Cuma memang kudu hati2 bagi orang berbadan besar ya mbak. Makan siangnya udah masuk biaya hotel atau bayar pribadi lagi mbak? Yang enak karena dkt waterpark dan wisata lain ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.