6 Hal Penting Saat Pesan Tiket Pesawat Online

pesawat garuda indonesia

Jika kamu berencana menggunakan pesawat terbang sebagai transportasi ketika berlibur, saat ini sudah tersedia layanan pesan tiket pesawat online, loh. Kamu bisa melakukannya darimana saja dengan mudah dan dalam waktu yang sangat cepat dan bisa menemukan banyak tiket pesawat murah.

Namun, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum dan setelah memesan tiket secara online. Beberapa hal penting ini harus Kamu pahami dengan baik untuk mendukung momen liburanmu menjadi semakin nyaman dan aman.

Apa saja hal penting yang harus diperhatikan dalam pesan tiket pesawat online tersebut? Ikuti penjelasan selengkapnya, yuk!

Hal yang Penting Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Pesan Tiket Pesawat Online

Jika Kamu sudah mengetahui maskapai apa yang akan dipilih untuk menemani perjalanan liburan, selanjutnya Kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut jika melakukan pemesanan tiket secara online.

1. Perhatikan usia penumpang

Hal yang wajib dipahami jika akan memesan tiket secara online adalah usia penumpang. Hal ini penting diperhatikan karena pengertian usia bayi, anak-anak, dan orang dewasa tidak sama dengan patokan usia yang digunakan oleh maskapai penerbangan.

Secara umum, kategori penumpang bayi berlaku untuk seseorang yang berusia dibawah dua tahun. Sedangkan kategori penumpang anak-anak adalah seseorang yang berusia 2-12 tahun.

Sementara itu, seseorang yang berusia 12-60 tahun dikategorikan sebagai penumpang dewasa dan seseorang berusia diatas 60 tahun dikategorikan sebagai penumpang lansia. Dengan begitu, perhatikan usia anggota keluarga sebelum memesan tiket penerbangan, ya.

2. Cek barang bawaan

Secara umum, maskapai penerbangan akan memberikan kapasitas maksimal bagasi kabin adalah 7 kg. Bagasi kabin yaitu ruang di atas tempat duduk penumpang, yang mana jika ada 3 penumpang dalam satu baris tempat duduk, maka bagasi akan dibagi untuk 3 orang itu. 

barang bawaan

Nah, tujuan pengecekan barang bawaan adalah mengetahui perlu tidaknya menggunakan bagasi pesawat. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika barang bawaan terlalu banyak atau lebih dari 7 kg, maka mau tidak mau Kamu harus menyimpannya di bagasi pesawat.

Jika Kamu menggunakan fasilitas bagasi pesawat, maka Kamu harus mengantre di check-in counter untuk membayar biaya bagasi tambahan. Tetapi jika Kamu memesan tiket secara online di Traveloka, Kamu juga bisa sekaligus memesan bagasi tambahan tersebut.

3. Pahami bahwa e-ticket hanya berisi kode booking

Hal penting selanjutnya adalah memahami apa yang tertulis di dalam e-tiket. Saat melakukan pemesanan tiket pesawat secara online, Kamu akan mendapatkan e-tiket yang dikirim melalui email. Nah, perlu diketahui bahwa itu hanyalah kode booking tiket saja.

Kode booking merupakan bukti bahwa Kamu telah berhasil melakukan pembelian tiket pesawat. Kode booking tersebut berisi enam digit huruf atau angka secara acak. Kamu bisa melihat kode tersebut melalui email atau aplikasi online travel agent (OTA) yang digunakan.

4. Tukarkan kode booking dengan boarding pass

Oleh karena dalam e-tiket hanya berisi kode booking, maka Kamu perlu menukarkannya dengan boarding pass agar bisa masuk ke dalam pesawat. Dalam penukaran kode booking ini ada tiga cara yang bisa kamu pilih ketika akan melakukannya.

pesan tiket pesawat online

Pertama, lakukan di check-in counter jika barang bawaan lebih dari 7 kg. Kedua, lakukan check-in biasa jika Kamu hanya membawa tas atau koper kecil saja. Ketiga, gunakan online check-in melalui aplikasi OTA atau situs resmi maskapai dan print boarding pass di rumah.

5. Ketahui gate masuk yang ada di kode penerbangan pesawat

Setelah memiliki boarding pass, tentunya Kamu sudah bisa menaiki pesawat pesananmu. Namun, ada satu hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Hal tersebut adalah dimana letak gate masuk yang tepat sesuai kode penerbangan pesawat yang dipesan.

Jika Kamu sudah membawa identitas diri untuk verifikasi dengan data di boarding pass, Kamu bisa segera menuju ke boarding gate untuk menemukan pesawat yang akan dinaiki. Cocokkan kode penerbangan dengan layar jadwal keberangkatan untuk menemukannya. 

6. Perhatikan ada tidaknya larangan membawa makanan

Setelah semuanya beres, satu hal penting yang harus Kamu taati sebelum menaiki pesawat adalah ada tidaknya larangan membawa makanan. Hal ini karena setiap maskapai memiliki peraturan yang berbeda mengenai makanan dan minuman yang boleh dibawa penumpang.

Secara umum, membawa makanan ringan seperti wafer atau biskuit bukanlah masalah besar. Namun, makanan berbau tajam seperti durian tentu saja dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat karena bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Selain memperhatikan larangan membawa makanan pribadi, Kamu juga harus melihat tiket yang Kamu miliki. Hal ini karena pada tiket full service, penumpang akan mendapatkan makanan dan minuman di dalam pesawat yang akan diantarkan langsung ke kursi terkait.

Itulah 6 hal penting yang harus diperhatikan saat pesan tiket pesawat online. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Kamu yang baru pertama kali menggunakan pesawat terbang sebagai moda transportasi untuk liburan.

Gunakan online travel agent terpercaya seperti Traveloka untuk perjalanan liburan yang aman dan nyaman. Selamat berlibur!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.