Struktur Kurikulum SMK Pusat Keunggulan

Struktur Kurikulum SMK Pusat Keunggulan

Kurikulum SMK Pusat Keunggulan meneruskan proses peningkatan kualitas pembelajaran yang telah diinisiasi kurikulum-kurikulum sebelumnya, yaitu :

  • Berbasis kompetensi; pengetahuan, keterampilan, dan sikap dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh. Dinyatakan sebagai Capaian Pembelajaran (CP)
  • Pembelajaran yang fleksibel; CP disusun dalam fase-fase (2-3 tahun per fase). Peserta didik memiliki kesempatan untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian, kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajarnya. Muatan atau konten dikurangi agar peserta didik memiliki waktu yang memadai untuk menguasai kompetensi yang ditargetkan.
  • Karakter pancasila; sinergi antara kegiatan pembelajaran rutin sehari-hari di kelas dengan kegiatan non rutin interdisipliner. Berorientasi pada pembentukan dan penguatan karakter berdasarkan kerangka Profil Pelajar Pancasila.

Kebijakan kurikulum berbasis konteks satuan pendidikan yang telah dimulai sejak dulu kembali dikuatkan di SMK Pusat Keunggulan. Kebijakan itu adalah struktur minimum, otonomi, sederhana dan gotong royong.

kebijakan kurikulum SMK Pusat Keunggulan

Penguatan literasi dan numerasi membutuhkan pembelajaran yang efektif dan menyeluruh di semua mata pelajaran.Literasi dan numerasi adalah kompetensi dasar yang akan diperkuat serta memperkuat kompetensi lain yang dibangun di semua mata pelajaran.
Contoh: kemampuan memahami informasi berupa teks yang dipadukan dengan grafik dibangun melalui beberapa mata pelajaran.

Oleh karena itu, tidak benar bahwa literasi dan numerasi hanya terkait dengan mapel Bahasa Indonesia dan Matematika

Spektrum Keahlian SMK 2021

Perombakan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk meningkatkan keterserapan lulusan. Perubahan kurikulum menjadi dasar melakukan link and match dengan industri.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto, mengemukakan bahwa ada lima aspek perubahan dalam kurikulum SMK:

  • mata pelajaran yang bersifat akademik dan teori akan dikontekstualisasikan menjadi vokasional. Misalnya, matematika dan Bahasa Indonesia akan menjadi matematika terapan dan Bahasa Indonesia terapan.
  • magang atau praktik kerja industri (prakerin) minimal satu semester atau lebih
  • terdapat mata pelajaran project base learning dan ide kreatif kewirausahaan selama tiga semester
  • SMK akan menyediakan mata pelajaran pilihan selama tiga semester, misalnya siswa jurusan teknik mesin dapat mengambil mata pelajaran pilihan marketing
  • terdapat co-curiculer wajib di tiap semester, misalnya membangun desa dan pengabdian masyarakat
spektrum keahlian SMK 2021

Dari gambar di atas, dapat diketahui bahwa dalam spektrum keahlian SMK 2021 tidak ada lagi kompetensi keahlian

spektrum keahlian SMK 2021

Pembelajaran di SMK Pusat Keunggulan

Kemampuan lulusan SMK sesuai jenjang 2 KKNI (Kerangka kualifikasi nasional Indonesia), yaitu :

  • Mampu melaksanakan satu tugas spesifik, dengan menggunakan alat, dan informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan, serta menunjukkan kinerja dengan mutu yang terukur, di bawah pengawasan langsung atasannya.
  • Memiliki pengetahuan operasional dasar dan pengetahuan faktual bidang kerja yang spesifik. Sehingga mampu memilih penyelesaian yang tersedia terhadap masalah yang lazim timbul.
  • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab membimbing orang lain.

KKNI yang mencakup standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian dijabarkan dalam capaian pembelajaran.

Mata Pelajaran yang semula diorganisasikan dalam 3 kelompok, muatan Nasional, muatan Kewilayahan, dan muatan Peminatan Kejuruan disederhanakan menjadi 2 kelompok. Kedua kelompok itu adalah muatan umum dan muatan kejuruan, disesuaikan dengan materi yang mendukung pembelajaran bidang kejuruan.

Muatan umum adalah mata pelajaran dengan materi umum sama dengan SMA. Muatan kejuruan adalah mata pelajaran yang mendukung pembelajaran bidang kejuruan. Selain itu ada juga pengembangan karakter dan budaya kerja berbasis profil pelajar pancasila.

Sruktur Kurikulum SMK PK
Sruktur Kurikulum SMK PK

Mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris untuk kelas 10 disesuaikan dengan materi Matematika dan Bahasa Inggris SMA. Sedangkan pada Kelas 11 dan 12 dijadikan Matematika dan Bahasa Inggris Kejuruan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: