Platform Merdeka Mengajar Wadah Guru Belajar, Mengajar dan Berkarya

platform merdeka mengajar

13 Juli kemarin, saya mendapatkan tugas untuk menyampaikan materi penggunaan Platform Merdeka Mengajar kepada guru SMA dan SMK Propinsi Nusa Tenggara Timur. Platform merdeka mengajar merupakan salah satu materi yang disampaikan dalam rangkaian kegiatan sosialisasi implementasi kurikulum merdeka (IKM) yang diselenggarakan oleh Balai Guru Penggerak (BGP) propinsi NTT.

Implementasi kurikulum merdeka
Peserta pelatihan IKM Propinsi NTT

Platform merdeka mengajar yang diluncurkan secara resmi oleh kemdikbudristek pada tanggal 11 Februari 2022, merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap pemberlakuan kurikulum merdeka.

Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila serta mendukung guru untuk mengajar, belajar dan berkarya lebih baik lagi.

Guru dapat mengakses PMM dengan dua cara, yaitu menginstall aplikasi di handphone berbasis android atau bisa juga mengakses versi web di laman http://guru.kemdikbud.go.id. PMM diperuntukkan bagi para Guru, Kepala Sekolah dan tenaga kependidikan yang berkepentingan.

Terdapat enam fitur di platform merdeka mengajar, yaitu :

  1. video inspirasi
  2. pelatihan mandiri
  3. bukti karya
  4. komunitas
  5. asesmen murid
  6. perangkat ajar

Fitur yang terdapat dalam PMM memiliki akses pengguna yang berbeda-beda. Pengguna dapat mengakses video inspirasi dan melihat bukti karya tanpa perlu login. Sementara untuk mengikuti pelatihan mandiri, komunitas, menggunakan perangkat ajar dan asesmen murid, bergabung dalam komunitas, mengunggah hasil karya, pengguna harus login terlebih dahulu. Pengguna dapat login menggunakan akun belajar.id bagi yang sekolahnya berada di bawah naungan kemdikbud atau menggunakan akun madrasah.kemenag.go.id bagi yang sekolahnya berada dibawah naungan kemenag.

Mengajar Menggunakan PMM

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Hingga tulisan ini dibuat, telah tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis kurikulum merdeka. Referensi perangkat ajar tersebut berupa RPP, bahan ajar, modul proyek, buku murid maupun asesmen dapat di unduh ataupun dibagikan kepada sesama guru.

Fitur asesmen murid membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

platform merdeka mengajar
Fitur perangkat ajar dan asesmen murid di PMM

Melalui fitur Asesmen Murid, pengguna dapat :

  • Mengetahui level kompetensi masing-masing murid dan level kompetensi kelas secara keseluruhan
  • Memperoleh informasi dari proses dan hasil pembelajaran murid
  • Mencari asesmen berdasarkan fase dan mata pelajaran untuk kemudian dibagikan kepada murid secara daring (online) maupun luring (offline)
  • Menerima proses penilaian yang dilakukan secara otomatis (kecuali soal uraian), jika asesmen dibagikan secara online

Belajar Melalui PMM

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun melalui fitur pelatihan mandiri dan video inspirasi.

Melalui fitur pelatihan mandiri, guru dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri. Sedangkan pada fitur video inspirasi, guru dapat memperoleh beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas.

belajar di platform merdeka mengajar

Terdapat beragam topik mengenai kurikulum merdeka di PMM, yaitu

  1. Merdeka belajar; di sini guru bisa mempelajari filosofi Ki Hadjar Dewantara yang menjadi landasan pembelajaran yang berpusat pada anak.
  2. Kurikulum; guru akan mempelajari struktur dan kerangka kurikulum merdeka
  3. Perencanaan Pembelajaran; guru bisa mempelajari bagaimana melakukan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka
  4. Asesmen; guru bisa belajar mengenai ragam asesmen dan bagaimana penerapan asesmen yang dapat menunjang pembelajaran peserta didik
  5. Penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik murid; disini guru bisa mempelajari bagaimana pengembangan pembelajaran dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik.

Berkarya di Platform Merdeka Mengajar

PMM mendorong guru untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik. Melalui fitur Bukti Karya, guru dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi.

fitur bukti karya platform merdeka mengajar
Fitur bukti karya di PMM

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru melalui fitur Bukti karya :

  • Mempublikasikan karya ke platform Merdeka Mengajar dengan mengimpor video yang sebelumnya telah diunggah ke YouTube
  • Membagikan karya ke sesama rekan Guru agar bisa menginspirasi
  • Memperoleh umpan balik sebagai bahan diskusi untuk berkembang bersama dan berkarya lebih baik lagi
  • Melihat tanggapan dan saran yang diberikan oleh masing-masing rekan guru dan kepala sekolah
  • Melihat hasil rekapitulasi ringkasan kuesioner yang telah diisi dengan persentase berupa grafik pie chart

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.