Merdeka Belajar Episode 7 : Program Sekolah Penggerak

Merdeka Belajar Episode 7 : Program Sekolah Penggerak

Merdeka Belajar Episode 7 : Program Sekolah Penggerak. Merdeka belajar yang dicetuskan oleh Mendikbud, Nadiem Makarim sudah memasuki episode 7. Kayak sinetron aja ya, terdiri dari beberapa episode. Iya, karena ini memang program besar dalam revolusi pendidikan di negara kita, jadinya dilakukan secara bertahap, dituangkan dalam episode yang fokus pada satu program di setiap episodenya.

Mengenal Kebijakan Merdeka Belajar

Merdeka Belajar adalah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim. Esensi kemerdekaan berpikir, menurut Nadiem, harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi. Nadiem menyebut, dalam kompetensi guru di level apa pun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi.

Sistem Pendidikan di Masa Mendatang

Pada tahun mendatang, sistem pengajaran akan berubah dari yang awalnya bernuansa di dalam kelas menjadi di luar kelas. Nuansa pembelajaran akan lebih nyaman, karena murid dapat berdiskusi lebih dengan guru, belajar dengan outing class, dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru. Pendidikan akan berfokus pada membentuk karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, berkompetensi. Pendidikan tidak hanya mengandalkan sistem ranking yang menurut beberapa survei hanya meresahkan anak dan orang tua saja. Karena sebenarnya setiap anak memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing. Nantinya, akan terbentuk para pelajar yang siap kerja dan kompeten, serta berbudi luhur di lingkungan masyarakat.

7 Episode Merdeka Belajar

Sampai saat ini, kebijakan merdeka belajar sudah memasuki episode ke 7. Berikut ini adalah rincian episode kebijakan merdeka belajar

  1. Ujian sekolah berstandar nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan Penerimaan peserta didik baru (PPDB)
  2. Kampus merdeka
  3. Pokok-pokok bantuan operasional sekolah (BOS)
  4. Program organisasi penggerak
  5. Program guru penggerak
  6. Transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi
  7. Program sekolah penggerak.

Sudah kenal kan dengan kebijakan merdeka belajar? Sekarang kita lanjut membahas tentang merdeka belajar episode 7 yaitu program sekolah penggerak

Program Sekolah Penggerak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar episode 7 : Program Sekolah Penggerak, 1 Februari 2020 melalui kanal Youtube Kemendikbud RI. Dalam acara peluncuran tersebut, Beliau memaparkan tentang apa program sekolah penggerak.

Merdeka belajar episode 7: Program sekolah penggerak
Program sekolah penggerak

Sekolah Penggerak adalah yang dicanangkan oleh mendikbud memiliki ciri-ciri berikut ini :

  • menomorsatukan siswa dalam semua keputusan-keputusan sekolah.
  • memprioritaskan anggarannya terhadap peningkatan mutu pembelajaran dan mutu pengajaran.
  • kepala sekolahnya terus mendatangi ruang kelas, melakukan observasi dan memberikan umpan balik kepada para guru-gurunya.
  • guru saling membantu guru lainnya, untuk melakukan observasi dalam kelas dan memberikan tips-tips dan memberikan masukan dan saran peningkatan mutu.
  • guru-guru melakukan pertemuan-pertemuan untuk bisa memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang ada di sekolahnya.
  • sekolah yang menyadari bahwa partisipasi siswa itu adalah salah satu yang paling penting, sehingga di sekolah penggerak kelas-kelasnya suka ramai. Ramai kenapa? Ramai karena siswa-siswanya banyak yang menanya, banyak yang berpartisipasi di dalam pembelajarannya, melakukan presentasi.
  • banyak siswa keluar dari ruang kelas untuk mengerjakan project-project based learning bersama dengan murid-murid yang lain dipandu oleh guru-gurunya.
  • semua guru dan kepala sekolah merasa bahwa setiap guru punya potensi untuk sukses.

Sekolah Penggerak percaya bahwa setiap anak di dalam sekolahnya bisa sukses, punya potensi sukses. Sekolah percaya bahwa tidak semua murid sama. Setiap murid itu spesial dan bisa diperlakukan secara unik dan punya kebutuhan yang berbeda-beda. Cara menerapkan kurikulum, cara menerapkan pembelajaran itu harus melakukan segmentasi, harus mencintai keberagaman cara proses pembelajaran di dalam ruang kelas, apa lagi di dalam sistem sekolah.

Harapan dari Program Sekolah Penggerak

Tentu saja ada tujuan besar yang ingin dicapai dengan adanya kebijakan sekolah penggerak ini. Karena tujuan akhir itulah yang membuat semua stakeholder yang terlibat bersemangat untuk bekerja dan berusaha untuk mencapai tujuan.

Ujung akhir yang ingin dicapai dari kebijakan sekolah penggerak ini adalah sekolah dimana murid-murid secara kognitif dan karakter dimerdekakan untuk mencapai visi Profil Pelajar Pancasila untuk peningkatan SDM Indonesia.

profil pelajar pancasila
Profil pelajar pancasila sebagai output sekolah penggerak

Semoga dalam tiga tahun mendatang, program sekolah penggerak ini sudah mulai kelihatan hasilnya. Karena memang target dari kemdikbud kondisi sekolah ideal ini akan tercapai dalam waktu tiga tahun, di sekolah negeri maupun swasta.

26 thoughts on “Merdeka Belajar Episode 7 : Program Sekolah Penggerak

  1. Semoga sekolah penggerak berjalan lancar dan sukses sehingga pas saat nanti yang ditunggu di 3 tahun mendatang udah memperoleh hasil yang diharapkan dari dibentuknya sekolah ini.

  2. Program menteri pendidikan yang sekarang menitikberatkan pada belajar aktif ya, tidak lagi pasif seperti saya dulu saat jaman di bangku sekolah. Semoga dapat merumuskannya dengan tepat, dan jika memang berhasil bisa terus dilakukan di periode jabatan berikutnya.

    Oia Mbak, proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada itu seperti apa ya?

  3. semoga dengan ada program ini, pendidikan dilaur daerah dapat terealisikan secara merata. waklau sudah merata tapi masih ada daerah terpencil yang belum dapat pendidikan secara penuh.

  4. Ini sebuah perubahan yang baik di bidang pendidikan. Saya teringat film-film dengan latar negara maju. Kegiatan belajar banyak menekankan kreativitas dan murid aktif. Bahkan tidak ada lagi istilah harus mengangkat tangan ketika mau bertanya. Semua ide, kreativitas siswa, dll mengalir dan menjadi hal wajar. Semoga pendidikan kita mengarah ke sana ya, tentunya tanpa meninggalkan budaya ketimuran kita.

    1. Masalahnya anak-anak di negara kita masih susah kalau disuruh mengungkapkan idenya di depan kelas, terbiasa pasif dan jadi pendengar. Ini salah satu tantangan juga untuk membuat para siswa aktif berkomunikasi

  5. Kayaknya kemaren saya cek di aplikasi SIM PKB untuk guru punya saya emang ada tuh program guru penggerak dan diundang untuk ikutan. Cuma hehe, waktunya gak cukup kayaknya untuk mengikuti kegiatannya yang penuh banget…..

  6. Di kampus juga ada nih Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Belum wajib sih, masih bersifat boleh dilaksanakan. Di kampus juga masih belum tahu teknisnya kayak gimana. Misalnya 20 sks, mahasiswa boleh belajar di mana aja. Di prodi lain, kampus lain, di perusahaan dll.

    1. iya mbak, memang harus dibuat aturan yang jelas. kalau di tempat saya ngajar dulu, mahasiswa di semester 3, 5 dan 7 full magang dan berada di industri. Kami menyebutnya kuliah kerja industri

    1. blended learning hanya salah satu cara untuk menyampaikan materi pelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar. Jadi ini sudah termasuk dalam program merdeka belajar, baik kampus merdeka, guru penggerak maupun sekolah penggerak

  7. Program yang bagus ya mbak semoga selamanya deh keberlangsungan program merdeka belajar ini jangan ganti ganti lagi hehehe karena kalau ganti2 jadi gak keliatan hasilnya

  8. Program yang dicanangkan menteri pendidikan itu semestinya memang harus kontinyu. Namun, biasanya, ketika nanti ada pergantian menteri atau presiden lagi, kebijakan pendidikan berubah lagi. Dan, itu sudah sering terjadi seperti itu. Nah, bagaimana menciptakan sistem pendidikan yang tidak mudah berubah agar anak didik dan guru tidak bingung? Semoga program yang dicantumkan di tulisan ini bisa mewadahinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: