manfaat bermain musik untuk anak

Manfaat bermain musik bagi anak sangat banyak. Mamak mencoba merangkumnya dari berbagai sumber dan dari hasil melakukan pengamatan terhadap ketiga anak Mamak. Iya anak-anak memang suka bermain musik, walau iramanya suka-suka mereka, kadang terasa aneh, tapi biarin ajalah, namanya kan masih tahap belajar.

Anak-anak rata-rata senang mengeksplorasi beragam bunyi. Berbagai peralatan di rumah, terutama peralatan dapur, bisa jadi sarana mereka mengenal bunyi yang berirama. Di kasih panci dan sendok aja mereka bisa duduk manis dan asyik memukul-mukulnya, sementara Mamak bisa mengerjakan hal lain. Tapi rupanya tak puas hanya dengan bunyi panci yang dipukul, anak-anak pun ingin mendengar bunyi dari peralatan lain. Jadilah isi rak piring pindah ke lantai.

manfaat bermain musik bagi anak

Yup, mereka mengekplorasi bunyi piring yang di pukul. Piring kaca dan piring plastik ternyata menghasilkan bunyi yang berbeda. Di pukul pakai sendok dan dipukul pakai kayu, ternyata bunyinya beda juga. Kenapa bisa begitu? Bagian ini jadi PR Mamaknya buat mencari jawaban dan menjelaskan pada mereka.

Baca juga : Stimulasi Cerdas dan Kreatif Anak Usia 4 Tahun

Tak ingin rumah berantakan karena isi rak piring pindah ke lantai semua, suami pun membelikan seperangkat drum untuk anak-anak. Puas-puasin deh menggebuk drum. Berisik sih, tapi biarin aja selama nggak menganggu tetangga. Entah menganggu atau nggak, nyatanya nggak ada tetangga yang protes. Atau mereka sungkan buat negur ya?

Emang ada gitu manfaatnya mereka menggebuk drum gitu? Ada dong, ada banyak manfaat bermain musik bagi anak-anak.

Manfaat Bermain Musik bagi Anak

Bermain musik bagi anak, ternyata nggak cuma soal mengolah rasa lho, tapi bisa berpengaruh juga terhadap perkembangan motorik mereka. Dan inilah beberapa manfaat bermain musik bagi anak-anak.

1. Melatih Ketrampilan Fisik

Memainkan drum itu menggabungkan gerakan tangan dan kaki, hal ini sangat baik untuk merangsang area motorik pada otak anak. Selain itu, anak juga belajar untuk mengkoodinasikan gerakan tubuh yaitu tangan dan kaki dengan penglihatan, pendengaran, dan juga otak saat bermain musik. Hal itu dapat membuatnya berpikir lebih cepat, memiliki daya ingat yang kuat, serta meningkatkan kemampuan otak kanan dan kirinya.

manfaat bermain musik bagi anak

Kalau piano dan alat musik bersenar seperti biola dan gitar, menuntut gerakan yang berbeda antara tangan kanan dan tangan kiri, sehingga bermanfaat untuk melatih keterampilan tangan dan membuat anak tetap merasa tenang.

2. Membantu Anak untuk Fokus

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim psikiatri anak dariΒ University of Vermont College of Medicine, menghasilkan kesimpulan bahwa bermain musik dapat membantu anak-anak menjadi lebih fokus pada apa yang mereka kerjakan. Korteks yang menjadi lebih tipis akibat bermain musik, bermanfaat mengatasi masalah konsentrasi anak dan membuat memori anak bekerja dengan baik.

Emang sih anak-anak Mamak kalau lagi main musik juga jadi nggak mudah tergoda walau Mamak lewat sambil bawa camilan. Di ajak ngobrol juga jadi nggak nyambung, karena lagi asyik dan fokus pada alat musik yang dimainkannya.

3. Belajar Disiplin dan Sabar

Untuk bisa menguasai dan bisa memainkan alat musik, tentunya nggak bisa hanya dengan sekali mencoba memainkan. Anak-anak harus belajar dengan telaten, teratur dan juga sabar. Setelah bisa mengoperasikan alat musik, lanjut belajar mengenai nada. Kalau ini butuh waktu lebih banyak lagi.

Jadi untuk bisa menguasai alat musik, memang butuh proses yang sabar. Secara tidak langsung, manfaat bermain alat musik adalah melatih disiplin dan juga kesabaran pada anak-anak.

4. Media Quality Time yang Menyenangkan

Jika orang tua bisa menyempatkan waktu untuk membersamai anaknya bermain musik, maka ini merupakan sebuah quality time yang sangat menyenangkan. Bisa mempererat ikatan batin antara orang tua dan anak juga. Apalagi kalau orang tua juga bisa mengajari anaknya dengan telaten.

manfaat bermain musik bagi anak

Memainkan alat musik bersama orang tua, pastinya akan menjadi kenangan indah tersendiri bagi seorang anak. Kenangan yang akan terbawa sampai ia nanti dewasa, dan membawa dampak positif juga bagi perkembangan psikologisnya.

Kalau ngelihat foto kebersamaan suami dan kakak, saya kadang nangis. Teringat bahwa saya tak bisa sedekat itu hubungannya dengan Bapak. Sedih deh jadinya kalau mengenang masa kecil. Tapi senang karena kakak nggak mengalami masa kecil seperti Mamak. Eh kok malah curhat.

Penutup

Nah itulah beberapa manfaat bermain musik bagi anak. Jika ada yang ingin menambahkan, jangan ragu dan sungkan, tuliskan saja di kolom komentar.

Kalau ada yang punya pengalaman memasukkan anaknya ke tempat les musik boleh juga lho berbagi di kolom komentar. Soalnya Mamak masih maju mundur nih buat masukin anak-anak ke tempat les musik. Barangkali setelah ada yang berbagi, bisa membantu Mamak mengambil keputusan yang baik dan benar

Kalau bagi Mamak sih, menggebuk drum ini bermanfaat banget terutama untuk melepaskan emosi negatif. Kalau lagi jengkel sama anak-anak, tapi nggak ingin berkata kasar, nggak ingin membentak, maka pelariannya ke drum. Ambil stik dan mulai deh duk deng jeder sepuasnya.

By Nara

39 thoughts on “Manfaat Bermain Musik bagi Fisik dan Jiwa Anak”
  1. Sekarang banyak anak2 juga yang mengikuti les menggebuk, beberapa temanku memasukin ke sana.
    Biasanya disesuaikan dengan karakter si anak tsb, biar pas dan manfaatnya bermain musiknya buat.
    Btw si kaka itu asik banget main music sama bapake, so sweet.

  2. Memang bermain musik banyak manfaatnya untuk anak. Anakku dulu les piano terus ga betah , akhirnya aku panggil guru gitar , belajarnya di rumah, eh mau dia . Sayang karena pandemi aku putuskan berhenti dulu, karena gurunya, mahasiswa masih pergi dan ngajar kemana-mana kok kuatir aku jadinya

  3. Waktu anak bungsu saya kelas 1 SD dia minta les gitar, tapi cuma bertahan 3 bulan karena merasa masih terlalu kecil untuk memainkan alat musik tersebut. Lalu beralih ke Piano, dan sepertinya dia berbakat, sampai SMA betah banget latihan dan main setiap hari. Cuma setelah kuliah dia mulai malas, terlalu banyak kegiatan. Tapi saya sih gak apa-apa, yang penting sudah merasakan gimana setiap hari selama bertahun-tahun dihibur oleh denting piano yang dimainkan anak sendiri. Sekarang sih pianonya sudah bulukukan, dan jadi benda kesayangan doang hahaha

  4. Benar jika manfaat belajar bermain musi akan melatih kedisiplinan dan kesabaran bagi anak. Dari awalnya nol gak bisa apa-apa, cuma bisa pegang saja…lama-lama bisa memainkannya butuh proses yang menempa mereka dd

  5. musik merupakan inspirasi bagi manusia, bila anak sudah diajarkan bermain musik, dia akan berkreasi, seperti tabuhan panci dia dapat mendengarkan suara panci seperti apa, suara ember seperti apa. daya pikirnya lebih berjalan

  6. Dulu waktu anak sulung saya mengalami kesulitan konsentrasi dalam belajar di kelas 2SD, guru kelasnya menganjurkan agar anak saya ikut kelas musik dan permainan yang menuntut dia (sedikit) berpikir. Akhirnya saya ikut kelas electone dan diajarkan main catur. Alhamdulilah bener loh ada efeknya. Anak saya jadi lebih bisa konsentrasi dalam belajar.

  7. Sejak kecil memang harus dimulai untuk melatih skill anak di bidang musik ya,Mba. Terkadang saat sudah besar pasti agak lama bisa memahami cara memainkannya. Teringat jaman kecil dulu juga suka memukul gendang agar mengeluarkan suara ternyata memang banyak manfaatnya nih.

  8. Emang kayaknya gebuk-gebuk drum gitu bisa sekalian melampiaskan segala beban di hati yah,
    Kelar main jadinya hati plong hehehe
    Anak aku pengen belajar gitar, dibeliin dulu ukulele buat mainan dan cuma beberapa bulan udah bosen hehehe

  9. Latihan disiplin serta kesabaran iya juga sih, karena main musik tidak mudah. Makanya sangat bermanfaat anak-anak belajar musik, buat menstimulasi otak juga ya

  10. musik memang banyak bawa manfaat dan asli bikin happy ya mba. Aku besar di lingkungan keluarga yang menyenangi musik, papa dan suamiku juga jago memainkan alat musik. Kalau kami suka nyanyinya doang hehehe

  11. ke-4 anak saya les musik mbak,

    sesuai anjuran guru agar mereka lebih fokus
    yang pertama gitar, kedua drumb, ketiga piano dan ke-4 biola

    Hasilnya nggak langsung ketahuan, sesudah SMA wus uwus mereka masuk PTN
    2 anak nerusin S2, 1 anak S3 hanya yang nomor 3 yang santai, cukup s1 katanya πŸ˜€

  12. Orang tuaku juga dari kecil menyuruh saya dan adik untuk main musik. Dimulai dari piano, karena disana diajarin basic baca not balok hehehe. Nanti aku juga coba cari tempat les untuk anak ahh.

  13. Wah, anak-anak mbak akhirnya bisa memainkan alat musik ya. Barakallahu. Kalo anak saya nggak sabaran. Pertama kali dia nyoba alat musik di grup drumband sewaktu TK. Baru nyoba sekali, setelahnya nggak mau lagi. Keterusan deh ampe sekarang nggak bisa main alat musik.

  14. Banyak sekali ya manfaat bermain musik terutama untuk kecerdasan anak. Anak saya pun saya anjurkan belajar main keyboard di rumah, tapi ya belum bisa fokus masih suka-suka.. πŸ™‚

  15. Saya juga percaya dengan semua mantaat itu, Mbak … masalahnya kalau dengan neneknya, anak-anak gak boleh ribut hihihi. Kalau serumah susah juga ya πŸ˜€

  16. Aku suka envy sama yang punya kecerdasan musikal, Mak. Entah itu nyanyi atau maenin alat musik. Aku paling banter bisa maen piaono dan sempet hafal notasi lagu wajib dan nasional macam Ibu Kita Kartini. Tapi itu dulu sih, sekarang mah mbuh hahaha
    Semoga bakat anakmu semakin terpoles dan menemukan passion musiknya di masa depan ya, Mak

  17. wah keren, anak anak mbak nanik bisa main musik
    main musik ini sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak juga ya mbak, anak anakku sejauh ini belum menunjukkan minat ke dunia musik mbak

  18. bermain musik ini punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak ya mbak
    nggak cuma manfaat bagi jiwa saja, tapi bisa juga bagi fisik anak ya mbak

  19. Bener banget moms anak-anak memang suka banget dengan musik dan dengan mengajarkan anak-anak musik juga bisa mengajarkan kreativitasnya juga

  20. Seneng banget kalau anak punya minat untuk belajar musik. Saya sempat heboh memprovokasi anak lanang agar mau ikut les musik, ehhh anaknya gak tertarik. Kayaknya emaknya yg terobesesi pengen punya anak suka main musik. hehehe

  21. Bermain musik emang bermanfaat banget buat kecerdasan anak ya, terlepas anak ada minat atau gak, tapi harus diperkenalkan dari sejak dini ya. Buat koordinasi otak kiri dan kanan juga. Anakku masih agak kurang minat nih..

  22. Bermain musik memang banyak manfaatnya, Mbak. Terutama untuk mengasah konsentrasi dan kepekaan anak. Ini lagi mempertimbangkan supaya anak-anak les musik kalau pandemi dah kelar.

  23. Duu seneng deh lihat keakrabannya, so sweet, btw anak saya juga suka gebuk, gebuk panci dan rantang, tak biarin aja, walau kadang pengang hihi

  24. Aku tadinya juga pengen masukin anakku les vokal atau musik..Tapi berhubung pandemi kayaknya pending dulu deh.. Saran dari temen-temen sih..belajar dari Youtube ajah..hehhe… Boleh dicoba cari-cari dulu di Youtube

  25. Kalau dulu aku waktu sd belajar drum itu blg dulu ama tetangga. Intinya woro2 dulu, hahahah.
    Trus smp belajar piano, agak enak karena yg elektrik bisa di kecilin suaranya. Hahaha..
    Pas belajar gitar dan bass gak blg juga, berisik2 deh mereka. LOL

    Memang belajar dan bisa main musik tuh bagus banget buat anak.

  26. Aku dulu sempet ngajari musik mak. Cuma anakku ga demen. Pling banter skrg nyanyi2 aja itu tapi ya ttp musik jadinya. Pengen sampe dulu itu les drum saking ibunya yg pengen, syang anakku g demen.

  27. Makkk kok endingnya lucu, sih.. hahaha..
    Anakku ada yang suka main musik (baca: pukul-pukul perlengkapan dapur) ada juga yang enggak. Ternyata bagus juga ya manfaat main musik bagi anak.
    Makasih sharingnya, Mak πŸ™‚

  28. Anak-anakku waktu kecil sih suka mainan alat musik macam piano mini dan drum-drum-an gitu mbak, tapi makin besar udah gak ada minat lagi padahal manfaatnya bagus buat tumbuh kembangnya

  29. wah iya kenapa aku ga kepikiran musik ini ya Mba. Pas kemarin mau dibeliin macam piano besar yang kayak karpet dan bisa bunyi kalau kita injak itu sama bapaknya anak aja aku bilang ga usah. Padahal mengajari musik justru penting juga untuk anak ya

  30. Mbak Nara sudah keren sekali lho, bisa melampiaskan amarah jadi alunan tabuh drum. Aku kalau marah dipendam jadi jerawat . Pantesan kalau para pemusik itu tenang dan selow pembawaannya, ternyata memang ada hubungan dengan alat musik yg dimainkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *