Hotel Horison Trunojoyo, Penginapan di Tengah Kota Batu

hotel horison trunojoyo

Hotel Horison Trunojoyo, terletak di jalan Trunojoyo no.9 Kota Batu, Jawa Timur. Letaknya di tengah kota, tak begitu jauh dari balaikota Batu. Perjalanan dari rumah ke hotel ini sekitar 1 jam, Mamak menggunakan sepeda motor ke sini. Jalan santai saja, 40 km/jam, sambil menikmati suasana jalanan yang tak terlalu ramai karena hari senin. Kalau jumat, bisa dipastikan arah ke Batu tuh lalu lintasnya padat merayap.

YMamak ada kegiatan workshop di Hotel Horison Trunojoyo, 28 – 30 Maret 2022. Sebenarnya panitia udah cari hotel di Malang saja, lebih dekat rumah. Tapi karena hotel di Malang rata-rata penuh, jadi lah diadakan di Batu.

Ada sih sebenarnya hotel di Malang yang kamarnya banyak yang masih kosong, tapi ratenya tinggi. Dananya nggak cukup kalau sekamar diisi satu orang, harus sharing sekamar diisi 2 orang. Karena masih masa pandemi, jadi pimpinan inginnya satu kamar untuk satu orang, sehingga hotel yang kamarnya masih banyak yang kosong ya di Batu, jadilah workshopnya diadakan di sini. Waktu Mamak cek di aplikasi OTA, rate kamar hotel ini cukup murah, 400 ribuan.

Lobby Kekinian dan Sederhana

Dari area parkir di basement, Mamak naik lift menuju lantai 1. Keluar lift tengok kanan kiri, cari meja resepsionis. Keluar lift belok kiri, lalu belok kiri lagi, baru deh ketemu. Ada meja kecil dengan beberapa orang mengenakan celana panjang dan kaos yang warnanya sama. Ternyata kaos itu adalah seragam karyawan hotel. Asyik ya, seragamnya casual gini.

Satu meja dengan satu komputer dan printer, itu saja meja resepsionisnya yang ada di lobby hotel. Meja kayu yang ditutup taplak berwarna hijau. Sebotol handsanitizer dan tissue dalam kotak kayu juga tersedia di meja.

meja resepsionis
Meja resepsionis

Tak ada meja kursi di lobby, tak ada sofa yang bisa digunakan untuk duduk menunggu. Yang ada adalah rumput sintetis yang terhampar di lantai, di lengkapi dengan beberapa bantal santai untuk duduk. Ada dua tenda kecil juga, muat untuk satu orang. Kalau bawa anak-anak asyik karena mereka bisa berlarian bebas.

lobby horison trunojoyo
Area lobby Horison Trunojoyo

Di samping area lobby ada cafe juga. Setiap saya lewat, cafenya selalu sepi, tak ada pengunjung yang duduk di cafe. Sebagai pembatas antara kafe dan area resepsionis, terdapat beberapa rak yang digunakan untuk memajang beberapa produk UMKM yang ada di Batu. Aneka camilan, sandal, tas dan beberapa produk lain, tertata dengan rapi.

pojok UMKM horison trunojoyo
Beberapa produk UMKM di area lobby

Kamar Nyaman Fasilitas Lengkap

Mamak dapat kamar di lantai 1. Huhu… padahal berharap dapat kamar di lantai 3 ke atas, biar bisa menikmati pemandangan kota batu dari ketinggian. Tapi ya di syukuri saja, walau dapat kamar dilantai 1. Oh iya, ada 6 lantai di hotel ini.

Membuka pintu kamar, di sebelah kanan terdapat almari untuk menaruh tas dan beberapa hanger untuk menggantung pakaian, almari tak bertutup. Di samping almari terdapat cermin berukuran besar.

Ada dua tempat tidur di kamar Mamak. Saat menengok ke kamar mandi, Mamak pikir kok horor banget gini. Nggak ada pintunya! Untung Mamak sendiri, lha kalau sekamar berdua kan malu kalau ke kamar mandi nggak ada sekat ataupun pintunya gini.

kamar hotel horison
Kamar tidur dengan dua bed

Setelah diamati lebih teliti lagi, ternyata Mamak yang katrok. Jadi pintunya bukan yang bukaannya model tarik dorong gitu, tapi di geser. Nah pas Mamak masuk kamar itu, pintunya dalam posisi terbuka.

Yang unik, wastafelnya, karena diletakkan diatas meja kayu. Di bawah meja ada raknya, jadi bisa juga buat naruh barang/perlengkapan mandi.

kamar mandi
Kamar mandi

Ada sekat kaca diantara shower dan closet di kamar mandi. Ada pintu kaca juga untuk menutup ruang kamar mandi, jadi airnya nggak memercik ke luar.

Berseberangan dengan tempat tidur, terdapat meja kerja. Lumayan luas buat bekerja dengan laptop, berkas dan juga camilan di meja. Televisi layar datar dengan aneka pilihan siaran pun tersedia.

Ada AC juga, tapi karena di Batu itu cuacanya masih dingin, AC nggak pernah Mamak nyalakan. Yang kurang adalah, nggak ada penunjuk arah kiblat. Mamak udah nyari melongok ke atas, sudah buka laci meja, tapi nggak nemu.

Ruang Makan Terpisah Setengah Lantai

Panitia mengabarkan makan malam ada di lantai 3. Setelah sholat maghrib, Mamak pun menuju lantai 3. Keluar lift belok kiri, sudah ada petugas yang mempersilakan menuju ruang makan. Makannya standar lah ya, nasi, sayur dan lauk pauknya.

Lagi asyik menikmati makanan, kok ada teman yang menghampiri dan ikut gabung di meja. Bawa sepiring rujak cingur. Mamak pun mulai melongok kanan kiri, mencari dimana meja yang ada rujak cingurnya.

Nggak nemu. Terus Mamak tanya lah sama teman itu, dari mana dapat rujak cingur. Dia bilang ada di atas, selain rujak cingur ada tahu campur juga.

Oh, rupanya ruang makannya terbagi menjadi dua. Ruangan yang Mamak pakai ini sebenarnya bisa dibilang bukan lantai 3, tapi lantai 2,5. Tadi petugasnya nggak bilang kalau ada menu lain, langsung diarahkan saja ke sini. Emang sih tadi ke ruangan ini juga ada jalan turun sedikit.

Jadi keesokan harinya, kalau makan, saya pilih ke lantai 3. Menunya selain nasi ada banyak. Jadi di hotel Horison Trunojoyo ini, nasi, sayur dan lauk pauknya emang ditaruhnya di lantai 2,5. Buah dan air minum juga di lantai 2,5. Sementara di lantai 3 ada bubur, telur, soto, nasi jagung, aneka kue dan gorengan, sereal dan jamu.

ruang makan
Ruang makan di lantai 3
santan restaurant
Ruang makan di lantai 2,5. Ada live musik saat sarapan
nasi jagung
Nasi jagung, disajikan di lantai 3
ruang makan
Ruang makan lantai 3 langsung berbatasan dengan dapur

Itulah sedikit cerita pengalaman Mamak menginap di hotel Horison Trunojoyo Batu. Sampai ketemu di cerita selanjutnya

33 Comments

  1. Lokasi hotel dekat Balai Kota Among Tani kota Batu, viewnya bagus. Tempatnua strategis di kota dingin Jawa Timur.

  2. Waah ini ternyata yang di deketnya Among Tani ya kak? Nggak heran sih, emang pemandangannya keren banget. Berasa nginep di situ, susah pulang haha

  3. Hendra Suhendra

    Luar biasa hotelnya nyaman banget ya keliatannya. Udah gitu pemandangannya keren banget ya. Eh menunya menggoda selera sekali itu…

  4. Karunia

    Widih, nyaman banget kelihatannya hotel ini, ya, Mba. Saya pernah beberapa kali ke hotel, tapi urusan kantor, bukan rekreasi. Ahaha. Jadi, kadang urusan menikmati fasilitas sedikit terabaikan.

  5. Boljug ih mbaaa
    aku udah lama ngga plesir ke Batu.
    Rasanya lelaahhh jiwa raga.
    Pengin euyy, ngetrip ke Batu sekeluarga dan nginep-nya di sini ajaaa

    • Aku yang suka lesehan, suka banget dengan ruang tunggi di lobinya. Kalau ke Batu jadi pengin nginap di sini. Apalagi ada 6 lantai, ya. Pasti asyik kalau dapat di lantai 3 atau 5.

  6. 400 ribuan tapi hotelnya bersih banget kelihatannya ya. Mana menu makanannya banyak dan enak-enak. Belum pernah aku nemu hotel sediain nasi jagung dan rujak cingur, haha.
    Kalau view sih udah pasti dabest yaa Batu dan sekitarnya.

  7. Enak ya mba ruang tunggu di lobbynya. Beda ama yang lain. Ajak anak anak memang bakal seneng ya. Soalnya jadinya tampak luas tempat lombbynya. Ngomong ngomong aku kok sedih ya baca bagian cafenya sepi. Apa karna masih efek pandemikah mba? Sedih juga bnyak produk umkm juga. Tapi kalau cafenya sepi siapa yang liat kan ya hiks

  8. Rekomen nih mak, kalau pergi ke Batu Malang – berasa business class ya
    kalo di Bukit Bintang (jauh ajaaaa perbandingannya *dikeplak Nanik) ya mungil mungil gini juga kan, cuman no view

  9. Viewnya bagus banget ini mak, betah ini sih kalau staycation bisa dapat view cakep gini. Selain itu juga lihat fasilitas lumayan nih kalau untuk keluarga ya, kamarnya pun terlihat bersih dan nyaman.

  10. Pengalaman ke sebuah hotel kadang-kadang lucu ya. Kaya mamak nyari pintu kamar hotelnya ada dimana gak nemu, ternyata pintunya di sorong,he..he..he itupun aku pernah alami mak.
    Baca review emak nyaman ya hotel horison ini. Ruang makannya juga, terbuka . Sambil makan lihat pemandangan keluar

  11. Saya agak kurang suka dengan area makan yang terbagi dua lantai begitu, walau pendek saja, tapi kurang nyaman aja kalau mau ambil makanan mesti naik turun. Kecuali punya fungsi berbeda untuk acara makan yang berbeda. Misal di waktu makan berat, di lantai bawah saja. Di luar waktu makan, bisa ke lantai berikutnya dengan menu yang lebih ringan dan untuk dalam suasana santai.

    Soal view yang dimiliki hotel, seperti pada gambar paling atas, cakep mbak.

  12. Hotelnya diambil dari nama bangsawan Madura, auto keinget perang pemberontakan yang dipimpin Trunojoyo zaman dulu pas belajar sejarah, hehe. Btw, nyaman hotelnya ya Mak, recommended juga buat menginap sekeluarga saat traveling ke Batu.

  13. Ada pojok penjualan karya UMKM ini yang menarik, karena Batu sendiri sudah ramai didatangi pengunjung dari luar kota. Bisa membantu sekali penggiat UMKM kalau begini

  14. Iya mbak
    Hotel Horison Trunojoyo ini memang nyaman
    Fasilitasnya lengkap, sarapan nya juga enak
    Aku pernah kesini

  15. Yah sayang ya kalau tak ada petunjuk shalat. Satu sisi ini jadi memudahkan ya mba kalau ada petunjuk shalat. Soalnya aku ya patokan itu karna tak bisa baca kompas. Hehhehe

  16. Jadi kangen staycation huhuhu..Apalagi di Batu. Udah udaranya sejuk..pemandangannya juga bikin tambah betah…Boleh nih kalo ke Batu nginep disini ajah

  17. Ya Allah jadi kangen sama Batu 😀
    Kamarnya kyknya mungil ya tapi tetep apik, kamar mandinya yg sepertinya lbh luas dr standar KM hotel yg aku pernah inapi kyknya.
    Suka sama nuansa pemandangan yang bisa terlihat dari ruang makan lantai 3 😀

    • Wah, hotelnya kekinian banget ya mbak desain interiornya. Serba minimalis cantik dan kekinian. Belum lagi viewnya makin bikin betah tinggal disini

  18. Cukup nyaman ya jika ke Batu bisa jadi rekomendasi untuk stay dan menghabiskan waktu untuk istirahat. Apalagi suasana di Batu itu seger lebih ke dingin jadi butuh banget suasana nyaman ya

  19. Hotel Horison Trunojoyo Batu termasuk recommended ya. Dari lobinya itu bagus, kaya tempat main. Terus kamar hotelnya juga oke. Ruang makan, pakai ada lantai 2,5 segala. Menunya bisa kumakan semua tuh

  20. Wah kamarnya nyaman ya. Gak hanya bikin kita nyaman tidur ini mah, tapi juga nyaman untuk berstaycation ria. Dijamin betaaah.

  21. Baca kota Batu langsung kebayang udara dinginnya. Hotelnya keliatan nyaman, noted jd ada bayangan kalau jalan2 ke Batu nginepnya di mana

  22. Wah mbak itu view dari ruang makannya bikin mupeng. Cantik banget sih. Bakalan jadi jujukan nih kalau ke Batu. Semoga lebaran ini bisa main ke Batu nih dan mampir di sini sekaligus menginap

  23. Hotelnya cakepp kliatan nyaman, ada fasilitas kolam renang ga mak? Pemadangan alamnya bikn mupeng

  24. Suasananya malah jadi enak ya dapat penginpan di Kota Batu ini.
    Bergaya vintage gitu ya lobbynya dengan nuansa kayu. Alhamdulillah kalau fasilitasnya nyaman. Ini satu grup dengan Horison2 di tempat lain mungkin ya mbak?

  25. Hotel Horison di mana aja selalu bagus sih pelayanannya, meski di kota kecil. Aku baru nginap di hotel Horison Pekalongan, makanannya cocok dngan seleraku, hihiii.
    Nah soal tempat restonya yang beda lantai gitu, bikin gak seru sih menurutku. Malas jadinya kan kalo pengen ambil jenis makanan yang beda.

  26. Nyaman banget nginap di Hotel Horison ini banyak view yang menarik. Keluarga bakal nyaman kalau nginap di sini ya, bersih dan rapi juga. Cocok deh kalau ke sini.

  27. Wahyuindah

    Wah recomended nih. Bisa jadi alternatif kalau mau staycation di batu. Thanks mbak

  28. Dodyk Arif Suwandono

    Ga ada gym nya, kayaknya…

    Hehehehe, Pelengkap saja mungkin.✌

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *