Empal Gentong H.Apud Cirebon, Nikmat dan Murah

empal gentong h.Apud

Empal gentong merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang wajib kamu cicipi kalau pas main ke Cirebon. Selain empal gentong, kuliner khas Cirebon lainnya adalah nasi jamblang, nasi lengko, dan tahu gejrot.

Saat ke Cirebon akhir November 2021 lalu, Mamak berkesempatan makan di warung empal gentong H.Apud Cirebon yang terletak di jalan Tuparev no 43B Sutawinangun, Kedawung Cirebon. Menurut kolega Mamak, ini adalah salah satu cabang warung milik H.Apud. Mereka mengajak Mamak mampir sini, karena lokasi cabang ini paling dekat dengan hotel tempat Mamak menginap. Lokasinya ada di tengah kota, sepanjang jalan Tuparev ini banyak juga aneka kuliner berjajar.

Empal Gentong, Kuliner Khas Cirebon

Empal gentong adalah hidangan yang terdiri dari daging sapi, usus, dan babat dimasak dengan kuah santan bumbu kuning. Cita rasa hidangan ini sangat khas karena dimasak dalam periuk tanah liat dengan bahan bakar berupa kayu. Aroma empal gentong akan semakin khas jika dimasak dengan kayu pohon mangga.

Dikutip dari pikiran rakyat, empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Namanya sendiri memang sesuai dengan bahan utama racikan hidangan berkuah asal Cirebon ini.

Nama empal menunjukkan bahan utamanya memang daging sapi dengan sedikit lemak. Sedangkan sebutan gentong untuk menunjukkan proses memasaknya menggunakan kuali atau periuk tanah liat.

Paduan daun kucai sebagai penyedap sekaligus penetralisir lemak serta sambal cabai kering dan kerupuk rambak (kerupuk kulit kerbau) menambah khas masakan ini. Empal gentong bisa disajikan bersama lontong atau juga nasi.

Warung Empal Gentong H. Apud

Haji Mahcfud atau yang lebih dikenal dengan nama H. Apud memulai usahanya pada tahun 1995 dengan berjualan empal gentong di warung sederhana yang didirikannya ditepi jalan Ir. H. Juanda Battembat Kab Cirebon.

Berkat keuletan dan kesabarannya, bisnis empal H. Apud pun menuai sukses dengan memiliki 2 cabang yang beralamat di Jl. Tuparev no.43B Cirebon dan di Komplek Pasar Batik Trusmi Jl. Otista Plered, serta memiliki puluhan karyawan.

Tidak hanya menjual menu empal gentong, terdapat juga empal asem bagi yang menghindari santan. Empal asem juga memiliki cita rasa segar. Ada sate dan nasi lengko juga.

Harganya pun tak terlalu mahal, seporsi empal gentong bisa dinikmati dengan mengeluarkan uang sebesar 23 ribu rupiah saja.

Daftar harga menu
Daftar menu empal gentong H.Apud

Menikmati Segarnya Empal Asem

Sudah lewat jam makan siang saat Mamak sampai di warung empal H.Apud, jam 2 an lewat. Namun suasana warung masih ramai. Beberapa mobil terparkir di depan warung. Warungnya cukup luas, meja kursi tertata dengan rapat. Setiap blok terdiri dari 2 meja dan sekitar 8 kursi. Asap yang berasal dari pembakaran sate masuk juga ke ruangan.

sajian empal
Salah satu pegawai warung hendak memotong daging

Dibagian depan terdapat angkringan tempat gentong untuk merebus daging dan kuah. Racikan empal tertata di mangkok putih, jika ada yang memesan, tinggal kasih kuah saja. Saat di luar, nampaknya porsi daging di mangkok lumayan banyak. Tapi setelah dikasih kuah, dan dihidangkan di meja, rasanya kok cuma sedikit ya. Entah apakah karena rasanya yang enak jadi cepat habis sehingga Mamak merasa dagingnya cuma sedikit.

Empal gentong
Empal gentong
empal asem
Empal asem

Mamak memesan empal asem. Kuah panas, segar perasan jeruk nipis, dilengkapi irisan daun kucai dan tomat. Cocok banget disantap saat suasana mendung siang itu. Tak perlu waktu lama, semangkuk empal asem pun tandas.

Bagi yang dari luar kota dan ingin membawa oleh-oleh, di warung empal H.Apud ini menyediakan menu empal dalam kemasan kaleng. Jadi sampai rumah tinggal dipanaskan saja. Ternyata ada menu gudeg juga dalam kemasan kaleng.

empal gentong kemasan kaleng
empal gentong dan empal asem kemasan kaleng
Gudeg kemasan kaleng
Gudeg kemasan kaleng

Aneka Jajanan di Beranda Warung

Jika ada toko ataupun warung yang didatangi banyak pengunjung, maka disekitarnya pasti akan ada pedagang kecil yang berharap kecipratan rejeki juga dari para pengunjung yang datang. Demikian halnya si sini.

Di bagian depan warung empal H.Apud, ada pedagang yang menjajakan es kelapa muda, tahu gejrot dan juga es durian. Sebenarnya tertarik dengan menu tahu gejrot, tapi Mamak sadar diri. Mamak sudah cukup kenyang menyantap seporsi empal asem plus segelas jeruk hangat. Tak ada tempat lagi buat seporsi tahu gejrot ataupun es durian.

Jadi Mamak tidak melarisi pedagang itu, Mamak hanya minta ijin untuk mengambil gambar saja. Alhamdulillah diperbolehkan

pedagang asongan
Pedagang asongan di depan warung
tahu gejrot
Tahu gejrot

Demikian cerita Mamak mampir berwisata kuliner saat ada pekerjaan ke Cirebon. Sampai jumpa di cerita Mamak berikutnya.

37 Comments

  1. Kalau ke Cirebon wajib mampir ke sini dan juga beli empal kalengnya. Belum pernah coba sih gudeg dan lainnya, kalau empal gentong/asem memang khas H. Apud.
    Dan senangnya ada pilihan lain seeprti sate, nasi lengko juga..jadi anak-anak ga terlalu mau empal asem bisa makan ini.

  2. Ah iya, KLO jalan jalan ke Cirebon emang harus mencoba kuliner khas ini ya mbak
    Empal gentong H Apud adalah rekomendasi andalan saat kulineran di Cirebon ya mbak

  3. Saya sih bukan pemakan daging sapi Mbak, tapi kalau kuahnya coto Makassar saya makan sama ketupatnya, gurih soalnya. Ini sepertinya mirip-mirip coto Makassar ya? Dan saya mupeng lihat gudeg kalengnya, trus ada tahu gejrot, es kelapa, es durian, dan es puter, ada di satu kawasan semua. Kalau ke sana wajib mampir nih.

  4. pas dinas ke cirebon ga kesini nih, duh sayang ya baru tau sekarang. Semoga next time bisa ke cirebon lagi

  5. Empal gentong ituh memang ciri khas banget dari Cirebon. Dulu banget saya mencicipi meski bukan dari kedai H Apud ini. Lokasinya ramai ya apalagi itu banyak jajanan khas nya juga

  6. duh empal gentong

    sebagai orang Jawa, dulu saya pikir empal gentong tuh mirip empalnya orang Jawa yang irisan2 daging ternyata potongan daging berkuah
    Mirip nasi rabeg dari Banten

  7. Semoga suatu kesempatan bisa merasakan kuliner seperti tulisan kakak, serunya di beranda ada beragam penjual. Kreatif pemberdayaan usaha.

  8. Fenni Bungsu

    Enak-enak santapannya si empal ini.
    Apalagi baca harganya juga masih terjangkau ya Kak.
    Bisa dinikmati bareng keluarga. Ya paling awas aja nambah

  9. Ya ampun Mbak Nanik. Bikin ngiler deh. Kebetulan setiap ke Cirebon, saya dan keluarga selalu menyempatkan diri mampir ke Resto H. Apud. Empal Gentongnya memang top deh. Salah satu yang terbaik di Cirebon menurut saya. Dan suami selalu order tahu gejrot yang ada di terasnya itu. Kuah cuka dan potongan bawang merah serta rawitnya memang menyegarkan.

  10. baru dengar nama makanan ini, Mba, mungkin karena di Sulawesi jarang yang jual. Semoga suatu saat bisa mencicipinya

  11. Empal gentong kemasannya menggoda banget, buat minta dikirimin. Tapi, apakah rasanya akan senikmat kalo makan di tempat, ya?

  12. Gemaulani

    Saya belum pernah nyobain empal gentong yang beneran dari daerah asalnya. Itu unik banget ada yang dalam kaleng gitu empal gentong ya mba. jadi bisa dibawa buat oleh-oleh. Noted banget kalau ke Cirebon mau nyobal Empal Gentong H. Apud

  13. Jasmi Bakri

    Ya ampuuuun.. Udah bertahun nggak makan empal gentong. Terakhir makan empal gentong dibawain temen tahun 2014. Itu pertama dan terakhir kali makan makanan ini. Dan aku suka.. Sekarang ngidam ini juga nggak tau di Aceh mau cari di mana.

  14. ini salah satu alasanku pengen banget balik lagi ke Cirebon buat icip kuliner yang ada di sana, salah satunya empal gentong H. Apud ini

  15. Wah, aku main ke Cirebon kayaknya baru sekali dan udah lama banget hihihi 🙂 Sekarang udah tau tentang empal gentong H. Apud deh. Jadi kalau kapan2 mampir ke Cirebon, kudu makan siang di tempat ini. Beli oleh2nya juga makanan yang dikalengkan buat orang2 di rumah. Duh jajanannya bikin ngiler aja siang2 gini hehehe.

  16. Terakhir aku ke Cirebon juga wajib mampir ke Empal gentog H Apud, yang rasanya emang beda dari yang lain. Kulineran Cirebon selalu asiik dan enak2.

  17. Duuuh saya jadi kangen pulang kampung nih Mak Nara…
    itu selain empal gentong dan empal asem, semua jajanan di H Apud ngangenin semua deh…
    kapan yaa bisa pulang ke Cirebon?

  18. Kalo empal gentong aku sering denger, tapi baru tau ada empal asem juga, kayaknya segeeer. Wah wajib mampir ke sini deh kalo ke Cirebon, harus cobain nih empal gentong dan empal asemnya, harganya juga gak terlalu mahal ya. Oya harus cobain juga tahu gejrotnya 😀

  19. Duh, kangen ke Empal Gentong Haji Apud. Aku biasa ke pusatnya yang di Jl Juanda. Pokoknya ke Cirebon wajib kulineran…enak-enak makanan di sini, banyak oleh-oleh lagi hihihi

  20. wah, bikin ngiler banget empal gentongnya nih mbaaak
    Kayaknya di Bandung mah rada susah yah nyari empal gentong
    sepertinya aku cuma baru satu kali doang makan, waktu di nikahan kebeneran di saung2nya ada yang menyajikan empal gentong

    Nanti kalo ke Cirebon harus banget nyobain empal gentong nih

  21. Alhamdulillaaah udah kesampaian makan di empal gentong H Apud waktu sebelum pandemi

    Yah mbak Nanik, jadi pengen deh … mau cari ke mana ini di Tangerang hihi

  22. Empal gentong ini adalah makanan khas Cirebon yang wajib dicicipi ya mbak
    Apalagi KLO empal gentong yang enak dan murah seperti empal gentong H Apud ini

  23. Duh jadi kangen sama empal gentong.. nikmatnya emang tiada tara wkwkwk.. Sekaranga da kemasan kalengnya ya?wuihhh jadi bisa order nih buat ngobatin kangen sama empal gentong

  24. wih ternyata begini penampakan emapl gentong H Apud ya, mirip soto kalau menurut saya. Wajib nyicip kalau ke Cirebon nih. Apalagi ada yang sdah dikemas kalengan begitu, bisa dibawa pulang juga tanpa takut tumpah.

  25. Kak Naniiik…
    Ini yang aku maksud kemarin. AKu kemarin sengaja ke Cirebon buat napak tilas masa kecilku yang pernah tinggal di kota ini. Dan makannya di Empal Gentong H. Apud Jalan Tuparev.
    Dari lokasi sih…nyaman banget karena di jalan gede gitu yaa…

  26. Aduh ini empal gentong favorit juga kalau lagi ke Cirebon dan jajanan kuliner lainnya ya mak. Pernah loh aku PP, Jakarta – Cirebon karena emang cuma mau makan Empal Gentong doang, tapi pulangya juga beli lagi dibungkus.

    • Nara

      wah PP Jakarta-Cirebon demi makan empal gentong, pas lagi ngidam ya?

  27. wah jadi kangen pengen makan empal gentong. di bogor belum nemu yang jualan empal gentong enak. justru dulu nemunya empal gentong enak itu di denpasar hehe jauh ya. pokoknya empal gentong itu enak banget dan bikin ngangenin 🙂

    • Baca ini malam2 bikin laper…baru sekarang aku tau ada empal kemasan kaleng

  28. Wah, murah meriah itu. Empal seporsi bisa didapat dari 23ribuan. Kapan-kapan kalau mampir ke Cirebon, kudu mampir nih ke Empal H. Apud.

  29. Mbak Nanik, ya Allah aku sampe nelen ludah baca cerita empal gentongnya. Murah banget pula ya harganya di sana cuma 23 ribu. Kalau dekat udah kuajak rombongan ke sana buat makan rame2 haha. Kalau ngajak suami dan ibuku makan di sana, udah pasti pesen yang tanpa santan 😀

  30. Aku baru sekali ke Cirebon. Tapi pas acara kantor, jadi gak mampir2 deh. Next klo ke sana lagi, wajib coba.

  31. Waktu ke Cirebon dulu, aku lupa nih makan di empal gentong yang mana. Ga ingat namanya. Nyobain nih empal gentong dan empal asem, sama2 enaknyaaa… yang satu bersantan, satunya bening dengan rasa asam yg dominan, segeeerrr

  32. Damar Aisyah

    InsyaAllah bulan depan mudik mau mampir ke H. Apud dulu di Cirebon. Sejak baca postingan ini pada bulan Februari yg lalu. Aku lgs bilang ke suami. “Ntar pas jalan ke Jawa kita mampir Cirebon dulu ya, ke H. Apud.”

  33. Saya pernah beberapa kali makan empal gentong, dan enak banget dong. Suka deh. Yang H Apud ini belum pernah nyobain.

  34. Aku udah 2x nih makan ke empal gentong H.Apud rasa rempahnya sangat berasa banget. Ah jadi kangen ke Cirebon untuk bisa kulineran

  35. Empal gentong H. Apud ini langganan saya bgt. Tipa kali ke Cirebon, pasti disempetin mampir. Empalnya uenak bgt..

Leave a Reply

Your email address will not be published.