Ketapang Indah Banyuwangi, Hotel dengan Akses Langsung ke Pantai

hotel ketapang indah

Hotel Ketapang Indah terletak di Jalan Gatot Subroto Km. 6, Lingkungan Tj. Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur  Tak jauh dari pelabuhan penyeberangan Ketapang. Letaknya agak masuk, tidak persis di tepi jalan raya. Dari papan penunjuk di tepi jalan dan juga gerbang hotel, kita akan melewati area kebun kelapa sebelum sampai di lokasi parkir.

hotel Ketapang Indah
Papan penunjuk hotel Ketapang Indah

Setelah bus terparkir sempurna, satu persatu kami turun setelah dipanggil oleh panitia dan diberikan kunci kamar. Mamak ke Banyuwangi ini memang dalam rangka kegiatan kantor, bersama sekitar 100 pegawai lain. Pegal seharian duduk dalam bus, begitu turun langsung melakukan peregangan, sambil menikmati pemdangan pohon kelapa di mana-mana. Langsung ada yang nyanyi deh

Melambai-lambai nyiur di pantai
Berbisik-bisik raja klana
Memuja pulau nan indah permai
Tanah airku Indonesia

Rayuan Pulau Kelapa – Ismail Marzuki
pohon kelapa

Ratusan Pohon Kelapa di Area Terbuka

Kamar-kamar di hotel Ketapang Indah ini tidak berada dalam satu bangunan gedung, melainkan tersebar di gedung-gedung yang berbeda. Ada bangunan dua lantai untuk kamar-kamar, ada bangunan khusus paviliun juga yang cocok buat yang menginap bersama keluarga.

Mamak dapat kamar di gedung yang paling belakang, lumayan juga jalannya. Melalui jalan setapak beton dengan kanan kiri ada pohon kelapa, tanaman hias juga ada dan beberapa patung katak. Sayangnya saat membuka tirai jendela, dapatnya view perkampungan, tidak dapat view pantai.

hotel ketapang indah
Perjalalanan menuju kamar

Kalau bawa anak-anak ke sini, pasti bakal seneng banget mereka berlarian di area terbuka hijau. Rerumputan bersih dengan pohon kelapa dimana-mana dalam jarak tertentu.

Nggak takut kejatuhan buah kelapa?

Saat saya mendongak ke atas, memang tak banyak pohon kelapa yang berbuah, sepertinya memang sengaja buah-buah kelapa itu di petik sejak awal sebelum jadi, supaya tidak membahayakan para tamu yang menginap. Kalau ada pohon kelapa yang buahnya lebat, maka di dekatnya ada papan peringatan untuk berhati-hati saat melintas di bawahnya.

pohon kelapa

Sepanjang hari ngobrol di beberapa gazebo yang ada di area taman asyik juga. Sambil menikmati angin sepoi-sepoi, memandang sekitar yang hijau, bikin adem.

Kebetulan salah satu kegiatan kami di sini adalah outbond. Kalau di area pemadangan hijau dan sejuk gini, mau outbond seharian juga hayuk aja lah. Siapa takut!

peserta outbond
Para peserta mendengarkan pengarahan dari pihak EO

Kolam renang untuk anak dan dewasa terpisah. Ada arena bermain juga di dekat kolam renang anak. Beberapa kursi juga disediakan, bisa buat duduk orang tua yang menunggui anak-anaknya berenang

kolam renang anak
Area kolam renang anak
kolam renang dewasa Hotel Ketapang Indah
Area kolam renang dewasa. Fotonya diambil dari kejauhan, jadi kolam renangnya nggak kelihatan

Akses Langsung ke Pantai

Hotel Ketapang Indah ini memiliki akses langsung ke pantai. Terdapat pagar pembatas terbuat dari kayu diatas pondasi beton antara area pantai dan lingkungan hotel. Terdapat pintu di pagar pembatas itu yang dibuka mulai pukul 05.00 sampai 18.00 WIB. Paling enak pagi-pagi habis subuh ke sini, bisa duduk di bebatuan yang ada, sambil menunggu matahari terbit. Malah ada beberapa teman Mamak yang nyebur dan mandi di pantai juga.

matahari terbit

Di areal pantai ini juga ada semacam dermaga, pengunjung bisa juga jalan di sepanjang jembatan menuju dermaga yang terbuat dari kayu. Kalau dari penampakannya sih, kayu-kayu ini sudah tua usianya, tapi masih kokoh walau tiangnya tiap hari diterpa ombak. Tak ada dinding pembatas di kanan kiri, jadi harus hati-hati. Lebarnya sekitar 1,5 jadi masih amanlah buat jalan berpapasan melintasi jembatan kayu ini.

dermaga kayu
Jembatan kayu menuju dermaga

Kalau nggak mau duduk di bebatuan atau di pasir, bisa juga duduk di ujung dermaga ini menunggu matahari terbit. Makin siang, makin banyak yang menuju ke dermaga ini untuk berfoto dan cuacanya juga makin panas. Jadi memang enaknya setelah subuh langsung menuju ke sini.

hotel ketapang indah

Ada yang unik di Hotel Ketapang Indah ini, karena berada di perbatasan zona waktu antara WIB dan WITA. Jadi saat di dermaga, saya tengok jam di hp Mamak sudah menunjukkan pukul 06.30, artinya mesti segera balik ke kamar, mandi dan siap-siap untuk sarapan dan berkegiatan.

Mamak pun dengan berat hati meninggalkan area pantai ini dan balik ke kamar. Sampai kamar segera memenuhi panggilan alam untuk membersihkan isi perut dan mandi. Selesai mandi dan bersiap, saya tengok jam kok baru jam 06 lewat sekian menit.

Masa tadi di dermaga saya salah lihat jam sih? Ah sudahlah, mungkin benar tadi saya salah. Daripada pusing, saya pun menuju Marlin resto untuk sarapan.

Saat di tempat makan dan ketemu teman-teman, ternyata mereka mengalami hal yang sama. Saya pun lalu buka hp dan lihat jam, lho sudah pukul 07.30, padahal tadi kan keluar kamar baru jam 6 lewat. Oh ternyata, baru sadarlah kami kalau berada di zona waktu berbeda.

Kuliner Lokal di Marlin Resto Hotel Ketapang Indah

Marlin resto, tempat para tamu sarapan berada tak jauh dari area pantai. Berseberangan dengan kolam renang. Jadi sebenarnya lebih praktis kalau pagi habis menantikan matahari terbit dan berjemur di pantai, langsung sarapan, baru ke kamar. Supaya nggak bolak-balik jalan kaki yang lumayan jauh.

marlin resto hotel ketapang indah
Marlin resto. Gambar diambil dari pagar pembatas pantai

Ada area indoor dan outdoor di Marlin resto. Mamak lebih memilih makan di area outdoor, bisa sarapan sambil memandang ke arah lautan. Tapi ya resikonya tersorot langsung cahaya matahari dari arah timur.

Pilihan menunya sangat beragam. Bisa puas bolak balik keliling melihat dan memilih menu lalu membawanya ke meja. Mamak termasuk orang yang suka ambil satu menu terus dihabisin, baru balik keliling dan ambil menu yang lain. Bukan yang naruh berpiring-piring menu di meja makan, terus bingung kalau perut sudah kenyang sementara makanan masih ada yang belum di cicip.

Kalau pengen tahu kuliner khas Banyuwangi nggak perlu jajan keluar hotel, karena ternyata disajikan juga di hotel Ketapang Indah sebagai menu saat sarapan. Ada sego tempong dan pecel pitik.

Sego Tempong

Sego tempong adalah nasi yang dilengkapi dengan sayuran rebus, tahu, tempe, dadar jagung dan ikan asin goreng plus sambal. Sayurannya bisa aja daun genjer, sawi, kacang panjang, kubis, kangkung, selada, ataupun daun singkong. Sebagai pelengkap lauknya ada pilihan ayam goreng, mujair, belut, jeroan, telur dadar. Paling nikmat makan sego tempong itu duduk lesehan dan makan menggunakan tangan.

sego tempong
Sego tempong

Konon nasi tempong ini dulunya adalah menu makan rakyat jelata, makanan sederhana yang disantap para petani setelah lelah bekerja di sawah. Jadi kalau jaman dulu nggak ada tuh lauk pelengkapnya, yang penting ada sayur rebus, tahu, tempe, ikan asin dan dadar jagung.

Di Malang pun sudah banyak yang menjual menu sego tempong, tapi tak ada salahnya Mamak mencicip juga hidangan sego tempong ala hotel yang disajikan disini. Sego tempong ini jadi menu utama sarapan mamak di hari pertama sarapan di hotel ini.

Pecel Pitik

Menu khas yang langsung menarik minat Mamak di hari kedua sarapan di sini adalah pecel pitik. kalau yang ini, Mamak belum pernah tahu, jadi wajar ya kalau Mamak pun penasaran. Nggak cuma Mamak kok, tapi banyak tamu hotel lain juga. Makanya harus sabar antri menunggu petugas meracikkan menu pecel pitik.

Biasanya kalau kita makan pecel tuh, aneka sayuran yang di siram bumbu kacang yang bisa kita pilih tingkat kepedasannya. Nah kalau pecel pitik ini beda. Jadi isinya adalah sayuran, ayam goreng lalu diatasnya di beri bumbu berupa parutan kelapa yang sudah dimasak dengan bumbu. Jadi mirip kayak bumbu urap.

Kata teman Mamak yang asli Banyuwangi, pecel pitik ini ini dulunya adalah makanan sakral. Sesajen yang hanya ada dalam upacara-upacara tertentu saja antara lain hajatan, slametan atau ritual bersih desa.

Jaman dulu, yang boleh memasak pecel pitik ini hanyalah wanita dalam keadaan suci (tidak sedang haid atau datang bulan). Bahan dasarnya juga harus memenuhi syarat, yaitu ayam yang digunakan harus berumur muda sekitar 7-8 bulan. 

pecel pitik ala Hotel Ketapang Indah
Pecel pitik

Tapi kini makanan ini sudah dikenal masyarakat secara luas. Kalau kamu ke banyuwangi, bakal nemu warung-warung yang menjual menu pecel pitik ini.

36 Comments

  1. yampuun healing banget nginep di sini. bayangin semilir angin diantara pohon kelapa… plus tinggal loncat kalau mau ke pantai. penasaran sama pecel pitik, kelihatan enakk

  2. indah sekali pemandangannya, bikin bahagia nih melihat pantai dan mendengar deburan ombak, duh.

  3. MashaAllah, indahnya..
    Menginap di Hotel Ketapang Indah akan membawa banyak kenangan indah nantinya.. Termasuk makanannya, view sunsetnya, bahkan semilir angin yang ada di private beach dari Hotel Ketapang Indah.

  4. Wah bagus banget nih tempatnya cocok banget buat staycation. Kepo sama pecel pitik nya nih

  5. Meskipun langsung berdampingan dengan pantai tapi suasana hotelnya tetap asri ya mba. Betah stay disana berlama-lama sepertinya.

  6. Asyik banget hotelnya, bisa langsung main ke pantai… Mudah-mudahan kapan-kapan bisa nginep di sini juga… Penasaran sama kuliner khasnya…

  7. Paling asik nih kalau nginep di hotel pas ngadep pantai. Sy biasanya pilih hotel/penginapan spt ini kalau liburan ke pantai Anyer.

  8. Sedikit lagi Bali, nih. Hotel Ketapang ini bisa ternyata bisa untuk outing kantor, menampung banyak orang dengan fasilitas lengkap dan dekat pantai. Menarik juga liburan di sini.

  9. Ini dapat kenyaman tinggal di hotel tapi senangnya ada akses juga langsung ke pantai ya mba. Bikin betah sekali dan pastinya bakalan jadi pilihan jika ke Banyuwangi suatu saat nanti

  10. Aku betah di siniii
    Itu kolam anaknya air anget loh mak, makanya anakku betah bangettt

    Dia sampe ya sehari bolak balik berenang ada kali 6 kali kering nyebur kering nyeburrrr

    Bener, makanannya bf enak banget

  11. Wah cakep hotelnya, banyak aea outdoor dan bisa langsung lihat pantai dan laut menuju arah Bali ya?
    Makanannya juga kyknya sekilas humble tapi justru jd daya tarik krn makanan khas Banyuwangi yaa

  12. Mbak waktu kami ke Banyuwangi nginepnya juga di sini lho. Beneran cintq deh sama hotel ketapang indah bahkan setelah tour kami selesai kami extend semalam lagi krn pengen menikmati hotelnya yg cantik teeutama pantainya

  13. Jadi berasa menembus ruang dan waktu ya Mak, gara-gara perbedaan waktu WIB dan WITA. Aku suka banget nih konsep hotelnya yang beda-beda gedung, terus banyak pohon kelapa dan pemandangannya sejuk di mata. Sarapannya pun lengkap sekali. Mantap.

  14. Waah Banyuwangi adalah daerah yang ingin sekali aku kunjungi. Hotelnya menarik ya, nambah lah list hotel yang rekomend nih. Semoga bisa mampir kesana nanti, aamiin.

  15. Saya gagal fokus sama Sego Tempong. Dalam gambar, saya pikir sego nya mana? Hehehe…
    Nyaman ya nginapnya akses langsung ke pantai ini ekslusif banget lho

  16. Sapti nurul hidayati

    Lucu ya namanya. Pecel pitik. Kirain sama dengan pecel lele. Pitik alias ayam goreng yang disajikan bareng sambel dan lalapan. Ternyata ini malah seperti urap sayur lauk ayam ya… Menarik sih…

  17. Lihat suasana hotel Ketapang Indah Banyuwangi ini mengingatkan saya pada deretan hotel maupun resort yang ada di sepanjang kawasan Senggigi. Ya kayak gini, tamannya luas, banyak pohon kelapa, dan pastinya menghadap langsung ke pantai.

  18. Hotelnya bagus banget mbak. Mungkin karena banyak pohon2 kelapa dan rumputnya juga. Berasa udah di Bali atau Lombok aja. Tipikal hotelnya langsung menuju pantai. Makanannya juga lengkap dan istimewa

  19. Sudah lama pengen ke Banyuwangi dan cari hotel yang punya akses ke pantai langsung seperti ini semoga bisa kesampaian menginap di sana dan makan pecel pitik

  20. Banyuwangi ini nggak cuma jadi destinasi wisata buatku, tapi kayanya juga bakal jadi kota untuk menghabiskan masa pensiun sih Mak. Aksesnya udah lumayan oke, pemandanganny pun aduuuh nggak perlu diragukan lagi keindahannya. Tenang banget sih rasanya kalo bisa menghabiskan sisa hidup di sana.

  21. Sego tempong enaakkkkk. Auto ngiler. Btw aku udah lama banget nggak staycation ke hotel yang bisa langsung memandang pantai. Heu heyu. Kangen juga euy.
    Laluuu…. belum pernah juga nih ke Banyuwangi. Semoga next bisa mampir sana.

  22. cocok ini buat staycation bareng keluarga karena fasilitasnya lengkap, anak-anak pasti senang bergantian antara main playground dan kolam renang. jadi pengen ke Banyuwangi

  23. Pecel pitiknya bikin penasaran abis nih. Jarang sekarang lho kuliner dari pitik itu.
    Sementara kalau saya makan pitik itu ingat masa kecil

  24. Cakep ini hotelnya, kak. Mana foto-foto siluetnya keren banget. Musim liburan gini pasti lagi rame pengunjung ya, mbak Mal…

  25. mauuuuuu……pecel pitiknya, nyam..nyam…
    bumbu urapnya basah ya Mbak? Kalo di Jabar bumbu urap rata2 kering

    penasaran juga dengan sego tempong
    walau sederhana tapi nikmat
    Saya dulu bsering survey ke pelosok
    dan menu petani emang seperti itu, lalapan, sambal dan ikan asin

  26. Berkunjung ke Banyuwangi salah satunya di hotel dengan pemandangan langsung ke alam akan menimbulkan kesan tidak terlupakan.

  27. Fenni Bungsu

    Pas lihat foto makanannya, daku kok ya setuju banget enaknya makannya pakai tangan, lebih berasa geregetnya.
    Dan kalau lahap banget mah, bisa-bisa nambah makannya haha. Oops terlalu jujur

  28. MashaAllah Mbak Nanik. Saya langsung terpana ini sih. Hotelnya memang cocok banget untuk gathering. Area terbuka dan luas itu pasti nyaman untuk digunakan sebagai tempat berkegiatan dengan sekian banyak orang. Dan itu makanan-makanannya juga menggoda. Saya paling suka jika hotel di satu daerah menghidangkan masakan asli dari daerah tersebut. Jadi pengalaman kuliner yang mengesankan pastinya.

    Saya loh pengen off-road Cikarang – Bali. Berhenti dulu di Banyuwangi sepertinya menarik ya Mbak. Catet ah. Masukkan Hotel Ketapang sebagai salah satu dari sederetan staycation sebelum menyeberang ke Bali.

  29. Suka sekali hotel seperti Hotel Ketapang ini, coba ada di Sumatera Utara, paling jatuh cinta itu ada area pepohonan yang banyak dan rimbun plus tempat main untuk anak-anak. Banyuwangi ya, sip akan saya masukkan daftar wishlist liburan keluarga ini.

  30. Anak-anak pasti senang nih secara aksesnya langsung pantai..emaknya juga pastinya. Soal pecel pitik, sudah pernah makan tapi baru tahu kalau dulunya makanan sakral..wah, jadi penasaran pengin makan lagi. Memang mirip urap ini

  31. Kalai roadtrip ke Bali kayaknya nginep di hotel ini cocok banget ya. Ada akses ke pantai juga, bisa nambah sehari nih jadinya..

  32. Maria tanjung Sari

    Hotel dengan view ke pantai sepertinya saya gak bakal nolak deh mbak misal harus disuruh nginap di sana. Benar-benar indah pemandangan dan bisa menenangka pikiran kita ya. Langsung saya request suami biar bisa liburan ke sana

  33. Mbak Nanik bikin aku kangen Banyuwangi. Dulu aku pernah liburan di sana bareng temen-temen blogger, dapat hotel di pinggir pantai, langsung menghadap ke pulau Bali, tepatnya ke Pulau Menjangan yang berada di Taman Nasional Bali Barat. Hotelnya cakep tapi ga seluas hotel Ketapang Indah ini. Suka dengan jejeran pohon kelapanya, membuat suasana tampak rindang.
    Dulu hotelku dekat dengan patung penari, lupa namanya apa.
    Duh beneran jadi kangen jalan-jalan.

    • Waah jadi baru tau kalo dari Banyuwangi bisa menatap pulai Bali ya? Jadi makin penasaran deh pengen ke Banyuwangi.

  34. Wishlish nih mengunjungi Banyuwangi dan menikmati alam sekitarnya. Melihat Taman nasional nya, pantainya duh pengen pokoknya. Langitnya baguuus.

  35. Subhanallah, cantik sekali pemandangan nya kak. Bisa lihat pantai secara langsung dan pasti udara sejuk karena banyak pohon kelapa

Leave a Reply

Your email address will not be published.