efek vaksinasi covid-19

Efek Vaksinasi COVID-19 Yang Perlu Diketahui. Mamak sengaja menuliskan hal ini, biar kita jadi pintar juga dan nggak termakan berita hoax yang banyak beredar. Emang sejak dimulainya vaksinasi Covid-19, banyak berita beredar. Ada yang benar, ada yang hoax. Heran deh, dalam situasi kayak gini, tetap aja ada yang membuat dan share berita hoax.

Baca juga : Fobia Jarum Suntik bukan untuk Ditertawakan

Informasi mengenai efek vaksinasi Covid-19 ini mamak peroleh saat mengikuti sesi kulwhap yang di adalak oleh Jovee, dan menghadirkan dokter Mira sebagai nara sumber.

Mengenal Vaksin Covid-19

Dokter Mira mengawali sesi kulwhap dengan memperkenalkan bahwa ada berbagai macam vaksin untuk corona yg ada didunia. Beberapa jenis akan dipakai juga di indonesia. Saat ini yg sudah di gunakan adalah vaksin dari sinovac/ coronavac ini adalah vaksin inaktif. Jadi vaksin sudah tdk aktif/mati tdk bisa lagi bereplikasi.

Jenis vaksin covid-19
Jenis vaksin covid-19

Saat penyuntikan vaksin yg diharapkan dari tubuh adalah membentuk antibodi yg bisa menetralkan virus dan mencegah virus masuk

Ada beberapa kemungkinan respon antibodi. Kalau tidak ada antibodi virus bisa berikatan dengan reseptor spesifik sehingga kita bisa sakit. Kalau misal antibodi sedikit kita juga masih bisa sakit. Tapi klo jumlah antibodi dalam tubuh banyak maka virus dinetralisir.

Respon antibodi terhadap vaksinasi covid-19
Respon antibodi terhadap vaksinasi

Untuk vaksin corona ini akan diberikan dalam 2 kali suntikan. Suntikan pertama di sebut suntikan primer, sementara suntikan kedua di sebut suntikan booster. Sehingga antibodi yg terbentuk lebih tinggi dan diharapkan kita dapat melawan virus tersebut. Karena antibodi tdk serta merta terbentuk saat disuntik dan memerlukan waktu untuk mencapai kadar optimumnya.

Efek Vaksinasi Covid-19

Sekarang kita bisa bahas apakah vaksin corona ini aman? Baik vaksin sinovac atau lainnya? Apakah ada reaksi simpang?/kipi (kejadian ikutan pasca imunisasi) ? Sesuai dengan peraturan menteri Kesehatan no 12 tahun 2017 tentang penyelenggaraan imunisasi, definisi kipi adalah semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian dan di duga berhubungan dengan imunisasi.

Tapi selain kipi/reaksi simpang saat dilakukan vaksin ada juga kejadian ikutan, jadi sebenarnya tidak berkaitan dengan vaksin itu sendiri. Misalnya kebetulan sakit, atau krn diet.

Efek vaksinasi covid-19 bagi setiap orang berbeda. Ada yang mengalami demam, nyeri, lemas, ada yang jadi merasa lapar terus, hingga mengantuk. Reaksi ini wajar dan masuk dalam kategori ringan. Kalaupun ada demam itu juga wajar sebagai suatu reaksi dalam pembentukan imunitas dalam tubuh.

efek vaksinasi covid-19
Reaksi sistemik vaksinasi covid-19

Reaksi alergi relatif kecil, di bawah satu persen, kecil sekali bila dibandingkan dengan yang tidak terkena KIPI. Dan itu sebabnya dilakukan observasi 30 mnt setelah vaksin sehingga bila ada alergi berat dapat langsung tertangani dengan baik. Alergi ini tidak hanya berlaku untuk vaksin tapi semua obat bisa ada potensi menyebabkan alergi. Dan ini dapat diatasi.

efek vaksinasi covid-19
Reaksi lokal vaksin covid-19

Perlu diingat, risiko terinfeksi virus corona lebih tinggi daripada reaksi alergi sebagai efek vaksinasi Covid-19. Karena itu, tidak perlu ragu untuk mendapat suntikan vaksin. Meski sudah di vaksin virus corona, tidak boleh melupakan protokol kesehatan

Persiapan Sebelum Vaksin Covid-19

Sampai pelaksanaan saat ini vaksin corona ini belum ada efek yg berat. Rata-rata ringan seperti nyeri di tangan. Kadang karena gugup takut atau lain-lain dan ini yg sering menyebabkan panik, dan ada keluhan karena itu saat mau vaksin. Sebaiknya

  1. Cukup istirahat
  2. Makan dulu (sarapan/makan siang tergantung waktu vaksin)
  3. Hindari minum kopi ( bisa bikin deg-degan dan tambah mudah deg-degan, tekanan darah naik)
  4. Santai/rileks, jangan takut.
  5. Pastikan dalam kondisi sehat. rutin cek up sehingga sudah tau sakitnya apa.

Diperlukan herd immunity untuk kita keluar dari pandemi ini. Karena itu mari kita menerima vaksin. Vaksin covid-19 yang ada sudah dinyatakan aman dan layak digunakan serta tidak menimbulkan efek samping

By Nara

30 thoughts on “Efek Vaksinasi COVID-19 Yang Perlu Diketahui”
  1. Semoga kita selalu sehat dan terhidar dari covid 19 ini ya mbak. Vaksin ini hanya salah satu ikhtiar, yang tidak kalah pebting adalah istrirahat yang cukup, makan-makanan yang bergizi dan senatiasa lakukan gerakan 3M

  2. kalo dilihat efeknya seperti sehabis imunisasi balita gitu ya kak. semoga dengan adanya vaksinasi ini pandemi segera berakhir

  3. Sudah kubaca semua artikel di atas…..sangat informatif kak saat saya nanti vaksinasi. Dan memang seharusnya kita gak mudah termakan berita hoax tentang vaksin covid ya, ini juga toh bentuk kepedulian kita pada diri sendiri, merawat sistem imunitas tubuh akan semakin bagus. Dan jadi harus ngikuti kulwap kayak mamakpintar biar langsung dari dokternya. Thanks sudah mengedukasi sekali. Semoga bermanfaat untuk pembaca lainnya.

  4. Setelah say abaca efek vaksin Covid-19 ini sama seperti efek setelah kita divaksin pada umumnya ya mba. Yang udah biasa vaksin pasti terbiasa. Nah yang belum nih, masih takut-takut. Namun, semua pasti mengerti bahwa vaksin Covid ini bukan cuma buat melindungi kita, tapi juga keluarga dan masyarakat rentan di sekitar kita.

  5. Alhamdulillah kmrin ibu saya tidak ada efek apa apa setelah vaksin. Aku agak ngeri juga nih kalau sampai Ibu demam atau gimana karena Ibu saya kan udah 75 tahun. Trims mbak tulisannya informatif untuk saya

  6. guru-guru di sini bakal vaksin, sebentar lagi. untung saya baca artikel ini. jarak ke rumah sakit jauh, kalau nggak ngopi, saya ngantuk. hehe..untungnya baca artikel ini. makasih Mbak, sangat bermanfaat….

  7. Alhamdulillah, efek sampingnya tidak seberat kalo harus tertular covid 19 ya kan mba.
    Jadi sebenarnya bisa dikatakan ringan bagi tubuh
    Dan kipi sendiri, angkanya sangat kecil sekali dibanding yang tidak mengalami.
    Bahkan teman saya yang bekerja di rumah sakit tidak mengalami efek apapun setelah dua kali sudah mengikuti rangkaian suntikan vaksinasi.
    Semoga herd community segera tercapai ya mba..

  8. Yah, efek vaksinasi kadang memang begitu. Balita juga divaksinasi kadang efeknya bisa deman dan sebagainya. Permasalahannya, orang-orang lebih dulu parno karena kabar hoax yang tersebar. Tapi, dengan info ini semoga banyak orang yang mulai menyadari pentingnya vaksinasi dan divaksin itu nggak papa. Mungkin akan demam. Tapi itu nggak masalah.

  9. Nah, berarti aku libur dulu ngopinya deh misal dapet giliran vaksinasi. Untuk reaksi dari vaksin covid sendiri, aku akan siap-siap. Misalkan dapet diare, semoga nggak berat banget dah. So far kalo vaksinasi, biasanya aku pegel-pegel pada bagian yang disuntik dan demam. Jadi nggak sampe yang berat banget.

  10. Jangankan vaksin yang masih baru ini ya mbak,
    namanya sesuatu yang dimasukkan/dipaparkan itu pasti ada kemungkinan alergi atau tidak pd masing-masing orang. Pada orang tertentu, alergi seuatu obat bisa sampai mengakibatkan kematian.

    IMHO, kipi pada satu-dua orang tidak bisa untuk menggeneralisir keamanan obat/vaksin. Meski memang, kejadian tsb perlu ditelusuri untuk mengetahui penyebab pasti, dan perbaikan obat/vaksin ke depannya.

  11. Semoga vaksin ini efektif ya mengatasi pandemi, kita bisa beraktivitas normal seperti dulu, aamiin.. terimakasih pencerahannya mbak…

  12. Sebaiknya santai n merilekskan pikiran juga ya Mbak Nanik, kl mau vaksin itu, ga boleh stres2, hehe… minum kopi juga gak dianjurkan ya takut efek cafeinnya bikin deg2an eh malah naik tekanan darahnya ya, noted. Tfs Mba

  13. Oh jadi vaksin corona ini akan diberikan dalam 2 kali suntikan?
    Suntikan pertama yang primer, lanjut suntikan booster.

    Iya memang antibodi yg terbentuk jadi lebih tinggi ya

    1. Iya banget, kak..
      Tetanggaku banyak yang lansia kan…sehingga sudah dapat vaksin duluan. Dan kisahnya macam-macam kalau lagi pas ketemu di depan rumah saat bebersih.

      MashaAllah~
      Semoga menjadi jalan ikhtiar kita semua. Sehat-sehat selalu…

  14. Jadi ingat anak-anakku waktu diimunisasi, gejalanya sama ya. Atau memang begitu reaksi tubuh saat dberi vaksin atau zat lain yang akan merangsang daya tahan tubuhkah? Semoga saja vaksin bisa mencegah kita terinfeksi virus covid-19.

  15. Deg-degan nih, orang tua saya sudah daftar untuk vaksin, tapi belum ada panggilan aja…
    Semoga lancar, enggak ada efek samping yang berat…

  16. Temenku banyak yang udah divaksin dan cerita juga, memang lemes ya. Semoga setelah vaksin, bisa mencegah penularan covid. Dan biarpun udah vaksin tetap memperhatikan protokol kesehatan.

  17. Perlu nih diketahui efeknya
    Hanya saja yang aku sesalkan yang sudah vaksin malah heboh hangout kesana kemari

  18. Saya juga setuju dengan adanya vaksin, karena sudah diteliti para ahli dan sudah difatwa halal juga oleh MUI. Kalau ada yang bilang vaksin itu berbahaya, atau harus dihindari, maka perlu ada dasar ilmiahnya.

  19. Yup, kemarin suamiku juga kebagian untuk vaksin pertama dan aku ngga lupa untuk siapkan sarapan agar tubuhnya siap. Setelahnya memang efeknya tuh lemas dan jadi ngantuk

  20. Semoga kita selalu sehat dan terhidar dari covid 19 ini ya mbak. Vaksin ini hanya salah satu ikhtiar, yang tidak kalah pebting adalah istrirahat yang cukup, makan-makanan yang bergizi dan senatiasa lakukan gerakan 3M

  21. efek vaksin yang saya rasakan adalah ngantuk dan lapar karena anrenya sampe 4 jam heheheh.. semoga kita selalu sehat dan banyak rezeki yaaa.. aamiin

  22. Yah, aku belum dapet giliran vaksin nih. Tapi hari ini rencana mau nemenin Ayah untuk vaksin sih, semoga aja semua lancar sampai nanti vaksin berulang dan minim gejala yang aneh2. Sehat2 kita semua, siap travelling lagi mkwkwkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *