Belajar Cara Drag and Drop dengan Menyenangkan

Belajar Cara Drag and Drop dengan Menyenangkan

Cara drag and drop yang sering saya instruksikan pada peserta diklat yang belum akrab dengan pengoperasian komputer biasanya seperti ini.

“Klik nama filenya, tahan, geser untuk memindah sampai di posisi yang di tuju, lepas kliknya!”

“Ok, saya ulang ya. Klik kiri mousenya, tahan, geser, lepas!”

“Klik, tahan, geser, lepas!” akhirnya jadi kayak mantra yang selalu saya ulang untuk menggantikan perintah drag and drop.

Mengajari generasi baby boomers mengoperasikan komputer itu butuh telaten, butuh sabar. Harus siap sedia mengulang berkali-kali dalam satu sesi. Belum ada 5 menit disampaikan, sudah lupa lagi caranya.

Yang paling susah sepanjang pengalaman saya adalah mengajari mereka untuk terbiasa menggunakan mouse. Urusan klik saja bisa jadi panjang. Di kasih aba-aba untuk klik mouse, ada yang nanya klik kiri atau kanan. Padahal di awal sudah dijelaskan, kalau saya bilang klik itu artinya bagian kiri mouse yang di tekan. Kalau saya bilang klik kanan, berarti bagian kanan mouse yang ditekan.

Apalagi untuk urusan cara drag and drop. Harus stok sabar lebih banyak lagi. Nyamperin satu per satu, mendemonstrasikan. Bahkan harus meletakkan tangan di atas tangan peserta, membimbing untuk melakukannya.

“Geser ke mana lagi bu, ini sudah di ujung meja”

Seorang bapak berteriak kala saya masih menangani peserta lain, karena dia menggeser posisi mouse terus ke kanan, hingga sampai ke tepi. Kalau di geser dikit lagi, pasti jatuh deh.

Saya pengen ketawa, tapi berusaha sekuat tenaga menahan. Saya tak ingin mematahkan semangatnya untuk belajar.

Pelan-pelan saya jelaskan lagi, gesernya nggak usah jauh-jauh ke kanan kirinya. Di putar-putar di tempat saja juga bisa kok.

Kalau dulu saya mengajarkan cara dag and drop dengan kasus memindah file antar folder, kini saya terbiasa mengajarkan dengan cara yang lebih menyenangkan. Dengan antarmuka tampilan yang menarik. Yup saya menggunakan media game. Tak perlu membuat sendiri. Tapi pakai yang sudah disediakan salah satu penyedia kursus coding anak gratis, yaitu code.org

Belajar Cara Drag and Drop di code.org

Cara drag and drop merupakan kursus coding anak tahapan paling awal di code.org, yang diperuntukkan bagi anak usia 4-8 tahun. Yup, anak-anak bisa mulai dikenalkan untuk mengoperasikan komputer, dan yang paling dasar adalah mengoperasikan mouse.

Materi belajar Urutan bagi anak 4-8 tahun

Umur 4-8 tahun? Klo anak belum bisa membaca gimana? Jangankan membaca, anak saya umur 4 tahun belum kenal huruf. Jadi santai aja, kursus coding anak paling dasar ini memang diperuntukkan bagi anak yang belum bisa membaca. Makanya dinamakan Kursus kilat Pre-reader, yang terdiri dari 3 topik bahasan, yaitu urutan, loop dan kegiatan. Ada 12 kegiatan belajar, setiap kegiatan belajar memiliki tahapan pembelajaran yang berbeda.

Dalam tulisan ini, saya hanya akan membahas kegiatan belajar 1 pada topik bahasan urutan, yaitu belajar cara drag and drop. Kegiatan belajar 1 ini terdiri dari 12 tahap pembelajaran, disusun mulai yang paling mudah menuju tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Tahap 1 Belajar Klik

Dalam tahap 1 ini, anak hanya di minta untuk mengarahkan kursor pada obyek yang tampak di layar. Setelah kursor berada di atas obyek, tinggal klik mousenya, maka tahap 1 sudah selesai dan langsung muncul tampilan untuk lanjut ke tahap 2.

belajar klik mouse
Tampilan belajar klik dan perintah untuk menuju tahap 2 jika sudah berhasil menyelesaikan tantangan di tahap 1

Bagi kita yang sudah terbiasa mengoperasikan komputer, ini sih kerjaan kecil. Tapi bagi yang belum pernah, butuh usaha keras juga lho. Membawa kursor menuju sebuah obyek itu bisa susah sekali kalau baru pertama pegang mouse. Jadi memang ini cocok banget bagi level belajar komputer pemula.

Tahap 2 Drag and Drop Satu Obyek

Pada tahap 2 ini, mulai ada tantangan untuk melakukan drag and drop dengan satu obyek. Ukuran obyeknya besar, jadi diharapkan nggak akan kesulitan untuk menempatkan kursor pada obyek.

cara drag and drop
Drag and drop 1 obyek berukuran besar

Jadi ada obyek yang gambarnya jelas dan satu obyek gambarnya buram. Pengguna harus menarik obyek yang gambarnya jelas, menuju obyek yang gambarnya buram. Ini semacam memasang puzzle bagi anak-anak.

Tahap 3-12 Mengatur Blok Membentuk Gambar

Di tahap 3-12, pengguna bisa melatih kemampuan drag and drop dengan menyusun gambar-gambar pada “wadah” yang telah di sediakan. Mirip permainan anak-anak menyusun puzzle. Ada yang 1 obyek, 2 obyek, 3 obyek dengan posisi berjauhan, 3 obyek dengan posisi menempel berdekatan.

Dengan tingkat kesulitan dari yang level rendah menuju level yang lebih tinggi, diharapkan pengguna akan semakin tertantang untuk menyelesaikan permainan.

belajar drag and drop
Tahap 3 Mengatur Blok Membentuk Gambar
belajar drag and drop
Tahap 5 Mengatur Blok Membentuk Gambar
 Mengatur Blok Membentuk Gambar
Tahap 9 Mengatur Blok Membentuk Gambar

Penutup

Demikianlah kegiatan belajar pertama dari kelas kursus coding anak pre-reader tentang pengoperasian komputer untuk melatih anak agar terbiasa menggunakan mouse, terutama mengenali cara drag and drop. Semoga bermanfaat.

Kegiatan belajar 2 mengenai mengurutkan dengan scratch akan saya bahas dalam tulisan lain. Semoga nanti bisa jadi serangkaian bahan untuk mengajari anak-anak belajar coding dari dasar.

47 Comments

  1. Wow, ternyata mesti sabar ya mengajari generasi baby boomers urusan drag dan klik mouse ini hehehe πŸ™‚ Jadi kayak kata mantra dong ya, klik, tahan, geser, lepas hihihi πŸ™‚ Untuk belajar coding anak2 pre-reader pun kudu sabar karena mereka baru mengenal pengoperasian komputer sekaligus mouse-nya. Keren nih kecil2 udah maju sekian langkah ke depan.

  2. Seru juga ya belajar koding untuk anak mulai dari dasar banget.. Jadi emmang perlu metode khusus biar gak ujug2 anak belajar koding yang menurutku tuh rumit…

  3. Patut di acungin jempol memang ya bun harus ekstra sabarr.
    Tapi sabar bikin awet muda lhoo , seru ya bun kegiatan coding buat anak-anak dan bermanfaat sekali melatih kelenturan tangan dalam menggunakan mouse juga.

  4. Wah, jadi terlihat super simple yaa..
    Ternyata belajar coding bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anak usia pra-sekolah dengan program kursus coding anak pre-reader .

    Pengalaman pertama semoga semakin tertantang dan terus mendalami pembelajaran coding.

    • Sesabar itu ya ngajarin baby boomers klik and drag… Butuh motorik halus dan koordinasi yang baik…
      Semangat ya para pengajar pasukan dedek bayi…

  5. Hihihi aku jadi ikut ketawa bun. Soalnya ngebayangin waktu ngajarnya. Kayaknya harus banyak sabar ya ngajarin yang blum terbiasa ama teknologi. Apalagi ngajarin orang lanjut usia misalnya. Aduh itu mah kudu sabarrrrr banget. Soal belajar mouse aja bisa berjam jam trus pertemuan brikutnya bisa lupa lagi

  6. Ahaa! Ini gagasan yg menarik banget mba, ngajarin coding sedari dini.
    Toto pasti demen ya mbaaa
    Aku bs banget infoin k sepupu yg pada punya anak kicik nih

  7. Udah lama ga pakai code. Dulu sempat otak-atik sendiri. Boleh lah ku coba kasih ke anakku belajar pakai mouse. Cara asik nih sambil main game dan di code itu buanyaaak cara belajar gamification seru gratis!

  8. Senangnya melihat anak-anak usia dini sudah semangat belajar coding, apalagi materi yang diberikan terlihat cocok dengan usia anak-anak terutama membiasakan anak-anak menggunakan mouse. Jadi ingat pertama kali belajar komputer, materi yang kerap diulang-ulang guru komputerku ya ini, klik tahan geser terus lepaskan lanjut klik lagi hahaha, tapi beneran kok setelah itu jadi enjoy menggunakan komputer terutama mouse.

    • Seru nih belajar coding di code.org sebab belajarnya sersan gitu aka serius tapi santai. Belajar sambil bermain. Dengan begini harapannya nanti anak-anak bisa buat game sesuai kebutuhan.

  9. memudahkan banget ini mak cara drag and drop, anak-anak jadi lebih terupgrade skill-nya belajar coding pun menyenangkan juga

  10. Urusan klik mengklik memang kudu sabar banget, ya. Apalagi ngajari anak-anak yang belum terbiasa.

    Kalau sudah terbiasa, nanti mereka akan lebih mudah lagi dalam pas belajar coding yang seru.

  11. Ternyata memang agak susah ya mengajarkan cara drag and drop gini. Coba deh Mb Nanik ngajarin cara drag n dropnya di laptop tanpa mouse, bakalan makin panjang usus mba hehehee….

    • Nara

      udah pernah mbak, kalau ini biasanya saya suruh belajar pakai dua tangan dulu, kalau udah lancar baru deh pakai dua jari dalam satu tangan

  12. Halo mba. Antara mau nahan ketawa ama sedih pas tahu ada bapak bapak yang binggung saat diminta mundurin mouse dan hampir saja mousenya jatuh. Heheh. Makasih sudah berbagi mba

  13. asik banget belajar ini, cuma emaknya aja yang rada lambat, anak mah diajrin sekali langsung paham, tinggal naik level deh kayaknya, hehehe

  14. Ternyata anak balita sudah bisa diajarkan mengoperasikan komputer ya, belajar pakai mouse, pengen deh ajak anakku kelas 5 SD belajar coding semoga dia tertarik ya..seru kayaknya

  15. Jujur kalau boleh milih, lebih suka ngajarin Anak dari pada orangtua soal komputer ini. Dulu pernah pegang mouse beda gaya aja, diomelin coba. Kalau anak-anak lebih santai, kadang malah bisa sendiri. Apalagi belajarnya model sekarang yang pakai game. Auto menarik lah

  16. Wah iya belajar coding cukup menantang ya mbak
    Harus sabar dan fokus emang ya mbak
    Sekarang belajar coding emang lagi ngetrend ya

  17. Ya Allah mbak aku pingin ketawa tapi kayaknya bakal jahat kalau aku ketawa. Ngajarin baby boomers pakai komputer mgkn bakal sama dengan anak Gen Z ngajarin milenial bikin coding buat robot. Wkkka. Salut deh sama kesabaran dan ketelatenan mbak. Info code.org nya boleh juga nih. Bsk mau kujadikan pembelajaran buat anakku yg masih TK

  18. Alhamdulillah, akhirnya ketemu juga artikel yang bahas kemudahan begini buat mengajarkan komputer ke anak-anak. Saya bookmark dulu.. Makasih infonya.

  19. Wah seru sekali ya belajar drag and drop dengan metode seperti ini. Gak berasa belajarnya tapi kaya diajak main. Pasti menyenangkan sekali buat pemula

  20. Hahahaa, saya juga pernah mengalami seperti si bapak, mouse-nya udah sampe ujung meja, tapi kursornya ngga kelihatan ada di mana… Zaman saya sekolah, saya bisa pegang komputer kalau pas ke warnet aja. πŸ˜€

    Sekarang, setiap rumah rasanya punya laptop atau komputer ya, Mak.. Anak-anak kecil belum bisa baca aja udah belajar coding. Duh…. Canggih nian anak-anak ini. :*

  21. Wah asyik sekali ada kursus coding gratis. Anak-anak saat ini tuntutannya emang lebih tinggi ya jadi sejak dini belajar cara drag and drop, cara megang mouse yang benar, dll. Paling tidak belajar dari yang sederhana dulu

  22. Duh mbak, aku pengen ikutan ngakak lho yang dibagian bapak-bapak menggeser mouse sampai ke tepi meja hahaha
    Duh ini bisa buat belajar anak-anak di rumah juga nih materinya

  23. Oalaaah iya sih ini cocok buat anak2 ore reader ya mbak . Aku sebenernya udah niat mau masukin anak2ku ke les coding gini, apalagi 2-2 nya suka banget gadgetan. Drpd hanya utk game, mending di Les in supaya nanti LBH jago ngoprek nya dan bisa bikin game sendiri

  24. seru ya drag n drop ini bikin seperti puzzle
    skrg anakku ikutan yang scratch gitu lumayan dia suka banget bikinnya walau susah tapi dia enjoy2 aja meski pusing
    semangat mak ikutaan

  25. TehOkti

    Pengalaman saya atuh seperti si bapak itu, geser tetikus sampai ujung meja hahaha …
    Kalau ingat itu saya pun senyum senyum sendiri saja …

  26. Saya sebenarnya pengen arahkan si Kakak untuk ikutan kelas coding, tapi anaknya belum menunjukan minatnya, padahal menarik loh, apalagi kalau mulainya dari yang simple gini ya πŸ™‚

  27. Hay mbak… aku aja yang baca mesem2 mbak.. kebayang klo mousenya jatuh hehehhe. Seru ya belajarnya mbak.. aku kira coding hanya buat anak yg sdh bs baca ternyata ada yang buat anak2 blm bs baca. Ponakanku kelas 3 SD jg les coding dan dia sudah bs menciptakan game sendiri. Hebat ya..

    Berarti anakku bs belajar coding jg dong ya untuk tahapan pemula..

  28. drag and drop nampaknya sepele, tapi saya aja yang biasa pake laptop sehari hari suka kelepasan kok mba, bisa ngedragnya, ga bisa ngedrop ditempat tujuan hehehehe. seru juga kayaknya belajar coding, cuma kok rasanya bikin pening ya mba lihat deretan kode kodenya.

  29. YSalma

    Perkembangan zaman membuat generasi dulu agak lambat mengikutinya ya mba. Untung mereka memiliki guru yg sangat kreatif dan sabar.
    Beda dengan anak sekarang yg sudah bisa belajar coding dr usia dini, dan kegiatan belajarnya sangat mereka sukai.

  30. ha…ha…ha…ngakak dulu boleh ya kak, ini cerita lucu banget.Kepoh.com deh akhirnya si bapak yang mousenya ditarik sampai dekat meja berhasil gak urusan klak-klik?Tetapi disatu sisi salud loh sama generasi baby boomers ini mereka mau nimba ilmu walaupun dibutuhkan kesabaran untuk yang mengajarkan ya

  31. Emang anak zaman sekarang suka banget belajar coding ya mbak
    Anakku di sekolahnya pun ada kelas coding

  32. Belajar mengoperasionalkan komputer, laptop tidak lepas dari mouse sebagai penunjang klik menu pilihan, drag and drop melalui coding.org menjadi suplemen agar biasa menggunakannya

  33. Bacanya jadi gemes ah. Bagi beberapa orang memang drag and drop itu gak gampang. Apalagi untuk mereka yang soft skills nya jarang dilatih. Tapi berkat coding.org semua bisa dilatih ya.

  34. anak kecil belajar coding?

    setuju banget dengan code.org,

    saya lihat mereka sering ngoprek laptop gak beraturan akhirnya ngehank deh si laptop ^^

  35. Fenni Bungsu

    Semangat selalu Kak Nanik.
    Kalau udah geser dan klik, daku pun inget waktu sekolah persis seperti itu bapak,
    “Geser kemana lagi Bu, udah di ujung meja deh” wkwkwk.

  36. seru banget anak2 belajar coding ya, aku juga mau mengenalkan anak2 lebih dalam. Perkembangan zaman ke depan membuat anak2 pelru keahlian khusus agar bisa cepat mapan heheh…

  37. Shyntako

    seru yaa anak-anak belajar coding tapi dengan cara yang menyenangkan, ilmu coding ini memang pas banget dipelajaria anak-anak generasi yang fasih sama gadget nih, bisa jadi modal mereka kelak sih

  38. anak-anak memang butuh diajari agar terbiasa yaa begitu pun dengan drag dan drop ini, walau kelihatan sepele tapi tetap butuh konsentrasi saat melakukannya

  39. anak-anak emang perlu diajari drag and drop gini, biar semakin lihai mengoperasikan komputer.

  40. Wah wah, ilmu baru nih. Belajar pelan-pelan ah. Aku masih gaptek nih. Bahkan untuk urusan drag and drop kayak gini. Lebih dari anak-anak nih aku. Wkwkwk…

  41. Sapti nurul hidayati

    Meskipun terlihat sepele, tapi bagi yang belum pernah menggunakan memamg memakai mouse itu tantangan tersendiri. Tapi kalau dilakukan lewat permainan seperti ini akan menjadi lebih menyenangkan untuk melakukannya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *