Asuransi Umum Terbaik di Indonesia, Apa Saja Jenisnya?

asuransi terbaik indonesia

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu yang jadi pondasi keuangan untuk memiliki finansial yang stabil adalah dengan menggunakan jasa asuransi. Keseluruhan dari asuransi punya tujuan yang sama yaitu untuk memberikan perlindungan dari risiko kerugian yang dapat muncul kapan saja pada waktu yang tidak diduga.

Ada beragam jenis asuransi yang harus Anda ketahui dan pahami sehingga saat akan memilih produk asuransi tidak salah pilih dan bisa sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Secara garis besarnya asuransi dibedakan jadi dua yaitu ada asuransi umum terbaik di Indonesia dan juga ada asuransi jiwa.

Bila Anda masih bingung untuk dapat membedakan kedua jenis kelompok dari asuransi tersebut maka Anda datang di tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas terkait dengan perbedaan asuransi umum dengan asuransi jiwa.

Asuransi Umum

Asuransi umum atau yang disebut juga dengan general insurance punya objek perlindungan yang luas tidak hanya pada jiwa seseorang saja.

Sesuai dengan namanya asuransi umum terbaik di Indonesia ini akan memberikan perlindungan terhadap resiko-resiko kerugian yang punya nilai ekonomi baik itu orang atau pun juga bisa dalam bentuk harta benda seperti kendaraan, bangunan dan lain sebagainya.

Asuransi umum ini akan memberikan penggantian berupa uang tunai ataupun dalam bentuk barang. Ada beberapa jenis asuransi umum yang akan dibahas berikut ini

Asuransi Kendaraan Bermotor

Pertama ada asuransi kendaraan bermotor yang dapat memberikan penggantian kerugian pada saat kendaraan bermotor Anda hilang ataupun mengalami kerusakan karena kecelakaan. Asuransi untuk kendaraan bermotor ini bisa berupa untuk mobil ataupun motor.

asuransi umum terbaik indonesia
Asuransi kendaraan (sumber gambar pixabay)

Asuransi Kebakaran

Kedua ada asuransi kebakaran dengan menawarkan perlindungan atas risiko kerugian yang mungkin terjadi karena kebakaran yang menimpa tempat tinggal, bangunan atau tempat usaha.

Asuransi Pengangkutan

Asuransi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang punya usaha dalam bidang jasa ekspedisi seperti di Pelabuhan atau ekspedisi seperti pengiriman via darat ataupun udara. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki pekerjaan berhubungan dengan barang.

Selain ketiga jenis asuransi umum terbaik di Indonesia masih ada beberapa jenis asuransi umum yang lainnya.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa ini merupakan asuransi yang fokus untuk memberikan perlindungan terhadap diri dari tertanggung yang ada pada polis asuransi. Sehingga pada saat tertanggung ini tutup usia maka jasa asuransi akan membayarkan sejumlah uang kepada keluarga dari tertanggung sebagai ganti dari penghasilan yang hilang tersebut.

Yang perlu Anda tekankan dan perhatikan disini adalah asuransi jiwa bukan untuk menghindarkan tertanggung dari kematian. Asuransi jenis apa pun tidak akan bisa mencegah dari kematian.

Perlu diketahui bahwa asuransi hanya akan melindungi nilai ekonomi ataupun penghasilan dari seseorang sehingga apabila seseorang tersebut tutup usia maka ahli waris akan mendapatkan sejumlah uang untuk ganti rugi dari penghasilan yang hilang untuk bekal di masa depan guna melanjutkan hidup.

Memiliki asuransi jiwa sangat dianjurkan bagi Anda yang punya peran kepala keluarga atau punya peran sebagai tulang punggung keluarga. Jadi meskipun sudah tidak ada yang bekerja masih tetap mendapatkan sejumlah uang dari asuransi yang sudah Anda miliki sebelumnya. Asuransi jiwa ini juga beragam macamnya yaitu sebagai berikut.

  • Asuransi jiwa berjangka, Memberikan perlindungan murni dalam jangka waktu yang sudah ditentukan hingga 20 tahun lamanya.
  • Asuransi seumur hidup, Asuransi ini akan memberikan perlindungan hingga Anda berusia 99 tahun dengan fitur tabungan bukan hanya fitur perlindungan.
  • Asuransi dwiguna, Jenis asuransi jiwa ini akan memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu misal untuk 20 tahun dan banyak dua fitur yaitu untuk perlindungan dan juga tabungan.
  • Asuransi jiwa unit link, Ada juga asuransi jiwa unit link ini untuk perlindungan sekaligus juga Anda bisa berinvestasi

Salah satu jasa asuransi yang menyediakan asuransi umum terbaik di Indonesia yaitu ada asuransi Astra. Jasa asuransi ini termasuk jasa asuransi yang kredibel dan punya salah satu jenis asuransi umum yaitu asuransi untuk kendaraan bermotor Anda.

Salah satu yang jadi keunggulan dari asuransi Astra ini adalah kemudahan untuk klaim asuransi. Klaim bisa dilakukan melalui aplikasi ataupun website dari asuransi Astra.

Untuk melakukan klaim hanya perlu menginstal aplikasi dan mengisi survei berdasarkan dengan apa yang ditanyakan pada aplikasi. Pihak asuransi nantinya akan memeriksa kerusakan kendaraan Anda dan menentukan bagaimana kedepannya akan diperbaiki termasuk dengan lokasi pilihan dari nasabah.

Lalu surat hasil survei tersebut akan diproses dan nantinya Anda akan mendapatkan Surat Perintah kerja untuk membawa kendaraan ke bengkel partner dari asuransi Astra. Kendaraan akan dijemput dari tempat nasabah untuk diantar ke bengkel partner. Kendaraan yang sudah selesai diperbaiki nantinya akan dijemput dan diantar ke tempat nasabah.

Sangat mudah bukan? Tapi yang perlu Anda perhatikan yaitu untuk waktu pelaporan maksimal harus 5 hari sejak kejadian yang merugikan tersebut. Anda bisa membaca informasi lebih lanjut terkait dengan Asuransi Astra ini melalui website resmi dari Asuransi Astra.

Demikianlah beberapa informasi terkait dengan perbedaan dari asuransi umum dengan asuransi jiwa terbaik di Indonesia yang harus Anda ketahui. Semoga makin paham ya…

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.