Sering Belanja Online? Yuk Ketahui Istilah-istilah yang Digunakan Jasa Pengiriman Barang 

jasa pengiriman barang

Apa Anda penggemar online shopping? Kalau iya sudah pasti tidak asing dong dengan satu atau dua istilah yang digunakan oleh jasa pengiriman barang. Walaupun tidak bekerja langsung di perusahaan jasa pengiriman barang, ada baiknya kita mengetahui istilah-istilah yang digunakan pada saat barang yang kita pesan sedang dikirim. 

Mengetahui istilah-istilah itu membuat Anda bisa lebih tenang saat melakukan tracking terhadap barang pesanan. Anda tahu kira-kira barang yang Anda pesan sudah dikirim atau belum, atau perkiraan lokasi dan perkiraan kapan barang Anda sampai ke rumah. 

Istilah-istilah pada Jasa Pengiriman Barang

Sebelum mengetahui istilah pada ekspedisi, Anda harus tahu dulu apa sih yang disebut ekspedisi ini. Ekspedisi logistik merupakan sebuah perusahaan jasa pengiriman barang yang menyediakan armada dan pengemudi atau kurir. 

Jasa ekspedisi digunakan untuk mengirim barang dengan berat tidak lebih dari 5kg atau mengirim dokumen ke lokasi yang diinginkan.  

Contoh ekspedisi di Indonesia adalah Lion parcel. Jasa pengiriman  barang Lion parcel merupakan bagian dari Lion Air Group yang ada sejak 2013 dan sudah beroperasi di seluruh Indonesia. Lion parcel sendiri sudah punya banyak mitra yang mudah untuk didapat dan Anda datangi di daerah Anda. 

jasa pengiriman barang lion parcel
Lion parcel (sumber gambar cekresi.com)

Hub 

Kalau sering memperhatikan status pengiriman Anda di online shopping pasti sering melihat kata Hub, misalnya Barang telah sampai di Hub Jakarta. 

Hub ialah tempat penyimpanan barang yang dimiliki oleh jasa pengiriman. Jadi barang yang akan dikirim akan disimpan dulu terlebih dahulu di Hub kotanya, lalu barang tersebut akan disortir kembali untuk dikirim kembali ke lokasi selanjutnya. 

Received at Origin Gateway

Istilah ini digunakan pada saat barang atau paket Anda sudah masuk ke data pada sistem jasa pengiriman barang. Jadi barang Anda dapat diproses ke tahap selanjutnya. 

On Transit 

Istilah on transit ini menunjukan bawa barang Anda sedang disortir sebelum dikirim kembali ke alamat tujuan yang tertera. 

Process on Delivery 

Process on Delivery atau bisa disingkat POD adalah istilah yang digunakan saat paket atau barang Anda sudah bersama kurir di daerah Anda dan siap mengirim ke rumah-rumah. Istilah lain POD juga kadang ditulis sebagai ‘ with delivery courier’. 

Jadi, jika Anda melihat status tersebut pada barang atau paket Anda, berarti tidak lama lagi barang akan sampai ke rumah. 

Delivery Time 

Delivery time adalah istilah untuk perkiraan atau estimasi waktu barang dikirim sampai dengan ke tangan Anda. Jika Anda sedang berbelanja online, selalu perhatikan delivery time ini, karena terkadang ekspedisi bisa terlambat pada saat proses pengiriman sehingga barang atau paket Anda tidak sampai seperti perkiraan. 

Kalau merasa pengiriman sangat lambat, Anda bisa komplain pada pihak ekspedisi, jadi bisa diatasi dengan secara bersama-sama. 

Shipper 

Istilah shipper biasanya digunakan pada jasa pengiriman kargo. Seperti namanya, istilah ini ditujukan untuk pengirim barang kargo. Shipper harus mengisi data lengkap juga, seperti nama lengkap, nomor telepon aktif, alamat, dan lainnya agar jika ada masalah jasa pengirim bisa menghubungi shipper kembali. 

Consignee 

Jika shipper di atas istilah untuk pengirim, consignee merupakan istilah yang ditujukan untuk penerima barang kargo. Tentu saja agar barang kargo bisa sampai nama lengkap, alamat lengkap, serta nomor telepon penerima harus ada. 

FCL dan LCL 

Pada pengiriman kargo juga ada istilah FLC dan LCL. FCL adalah Full Container Load, artinya pengiriman kargo satu container penuh dengan barang yang sama atau bisa dari perusahaan yang sama. 

Untuk LCL adalah Less Container Load, artinya pengiriman barang kargo untuk tujuan yang searah, sehingga dimasukan ke dalam satu container. 

Itu dia tadi berbagai macam istilah-istilah yang digunakan oleh jasa pengiriman barang. Dengan tahu istilah ini Anda jadi tidak perlu was-was saat menunggu barang atau paket ke rumah karena sudah tahu status barang tersebut ada dimana. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.