5 Nutrisi Penting Bagi Perempuan yang Wajib Diketahui

5 Nutrisi Penting Bagi Perempuan yang Wajib Diketahui

Nutrisi Penting bagi Perempuan adalah tema materi kulwap yang diadakan oleh Lifepack Jovee. Kulwap diadakan 9 Maret 2021. Materi disampaikan oleh Kelvin Halim, S.Gz. seorang nutrisionis/ahli gizi Jovee dan Lifepack.

Sebagaimana kita ketahui, setiap perempuan mengalami beberapa peristiwa penting dalam hidupnya yang berkaitan dengan kesehatan. Haid, hamil, melahirkan. Sehingga perempuan membutuhkan nutrisi penting yang dapat menunjang kesehatan tubuh di setiap fase hidupnya.

Masalah Kesehatan Pada Perempuan

Ada beberapa masalah kesehatan yang kerap terjadi pada kalangan perempuan. Diperlukan pola hidup dan pola makan yang baik untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan yang ditemukan pada perempuan.

Masalah kesehatan dan penyakit kadang dapat terkena dan di idap oleh siapa saja. Ada juga beberapa masalah kesehatan yang terjadi lebih banyak pada perempuan. Beberapa masalah kesehatan yang lebih banyak dialami perempuan dibanding laki-laki pun tidak sedikit.

Masalah kesehatan pada perempuan yang sering kita dengar adalah anemia dan masalah kekurangan gizi. Perempuan berisiko terkena anemia 2-4x lipat lebih tinggi dibanding laki-laki. Selain itu, osteoporosis yang sudah dibuktikan oleh penelitian di mana perempuan menopause berisiko terkena osteoporosis 10x lebih tinggi dibanding pria seumurannya. Serta beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan lifestyle dan pola makan seperti kanker, diabetes, jantung, dan obesitas sentral.

Maka dari itu, pola makan dan nutrisi menjadi penting sekali diperhatikan oleh perempuan, di mana ada beberapa penyakit yang risikonya lebih tinggi pada perempuan dibanding laki-laki. Perbedaan risiko penyakit tersebut bisa terjadi karena adanya perbedaan fungsi tubuh pada perempuan seperti adanya menstruasi dan kejadian melahirkan. Kedua kejadian tersebut membutuhkan darah lebih banyak. Ada pula masalah hormon perempuan yang menurun saat menopause menyebabkan osteoporosis.

Lima Nutrisi Penting bagi Perempuan

Sahabat Mamak tentunya ingin kan terhindar dari penyakit yang kerap terjadi pada perempuan? Ada nutrisi dan zat gizi yang penting dikonsumsi sehari-hari. Jadi memang harus mengubah pola hidup dan pola makan. Berikut ini adalah lima nutrisi penting bagi perempuan:

1. Kalsium

Memenuhi asupan kalsium penting untuk segala segala usia. Terutama selama masa remaja dan dewasa muda, ketika tulang menyerap kalsium. Jika Anda membangun tulang yang kuat sedari masa muda, Anda akan mengurangi risiko osteoporosis, alias penyakit tulang rapuh, seiring bertambahnya usia.

Osteoporosis mempengaruhi satu dari empat wanita Indonesia berusia 50 tahun ke atas. Setelah usia 35, tubuh secara alami kehilangan kepadatan tulang. Hal ini memperbesar resiko menderita osteoporosis.

2. Zat besi

Zat besi sangat penting untuk pembuatan hemoglobin, yang membawa oksigen dari paru-paru Anda ke seluruh tubuh. Tidak hanya untuk pembentuk darah, zat besi juga penting bagi sistem imun, transpor nutrisi dan zat gizi bagi tubuh.

Sangat penting bagi remaja perempuan menjelang dan selama masa pubertas serta wanita usia subur mengonsumsi makanan kaya zat besi dan vitamin B12. Alasannya adalah karena sejumlah kecil zat besi hilang di setiap siklus menstruasi.

Selain itu, ibu usia subur yang ingin hamil, sedang hamil, maupun yang menuju proses kelahiran juga harus terpenuhi kebutuhan zat besinya. Hal ini untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi anemia, terjadi komplikasi dan masalah perdarahan hebat selama proses melahirkan. Ibu usia subur dan masih menstruasi juga perlu menjaga kebutuhan zat besinya.

3. Vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga berfungsi penting dalam kesehatan tulang. Tidak hanya itu, vitamin D juga berfungsi dalam sistem imun. Perempuan yang kekurangan asupan vitamin D lebih rapuh tulangnya atau bisa terkena osteoporosis.

Vitamin D memiliki fungsi dalam mengurangi risiko patah tulang pada perempuan usia lanjut. Serta beberapa perempuan ditemukan memiliki kekurangan vitamin D dalam darah yang menimbulkan beberapa masalah kesehatan imun, kehamilan, dan jantung

4. Omega 3

Tidak hanya pada laki-laki, omega 3 juga sangat penting untuk mendukung kesehatan wanita. Omega 3 yang terdiri dari EPA dan DHA adalah asam lemak esensial yang berfungsi merawat fungsi saraf dan membantu membangun sel otak. Selain itu nutrisi ini juga membantu mencegah terjadinya kelahiran prematur. Sehingga omega 3 penting dikonsumsi oleh wanita yang sedang dalam masa kehamilan.

5. Asam Folat

Selain zat besi dan kalsium, nutrisi yang penting bagi wanita lainnya adalah asam folat. Nutrisi yang satu ini dapat membantu mencegah kecacatan saraf yang dapat berakibat sangat fatal. Folat adalah vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah. Oleh karena itu, nutrisi ini juga menguntungkan untuk sistem kekebalan tubuh, produksi energi, mencegah anemia dan juga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke. Perempuan yang mengonsumsi lebih banyak asam folat dilaporkan mengalami penurunan risiko terkena tekanan darah tinggi.

Pola Makan dan Pola Hidup Baik

Setelah mengetahui lima nutrisi penting bagi perempuan tentunya kita harus mengupayakan agar nutrisi tersebut ada dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kalau jaman saya kecil dulu, dikampanyekan menu empat sehat lima sempurna, maka kini digaungkan menu isi piringku.

isi piringku
Isi piringku

Jadi prinsipnya isi piringku itu, seperti gambar di atas. Setengah piring, 2/3 nya sumber karbohidrat sementara 1/3 nya lauk pauk. Setengah piring lagi, 2/3 nya sayuran dan 1/3 nya buah-buahan.

Contoh menu isi piringku, bisa dilihat pada gambar di bawah ini

Nutrisi Penting Bagi Perempuan
Menu makan gizi seimbang

Pola makan dan pola hidup yang baik, tentunya dapat mencegah perempuan dari berbagai penyakit yang kerap menyerang perempuan dibanding laki-laki. Dengan pola makan yang benar, aktivitas fisik, serta pola hidup yang seimbang tentunya dapat menjaga kesehatan bagi perempuan.

38 thoughts on “5 Nutrisi Penting Bagi Perempuan yang Wajib Diketahui

  1. Saya termasuk abai nih dengan 5 nutrisi di atas. Pokoknya yang penting ada lauk dan sayur harian saja. Sebagian besar sayur dari menanam sendiri dengan harapan lebih sehat dan aman.

  2. Mencegah anemia memang sejak masa anak2 sangat penting. Sehingga ortu juga penting memperhatikan asupan nutrisi harian anak2nya yakni dengan menambahkan makanan mengandung besi misalnya daging bayam dll. Perempuan hamil juga penting konsumsi zat gizi besi supaya janinnya juga ternutrisi besi. Membaca artikel di atas telah memotivasi sy untuk lebih paham ilmu gizi . Thanks…

  3. Wah, infonya daging banget nih Mbak. Thank you. Aku baru tahu ternyata asam folat bukan hanya bermanfaat bagi ibu hamil agar janinnya sehat ya, ternyata bagi semua perempuan.

  4. Semangat sehat! Wah baca ini jadi dapat info yang penting banget, seperti menampar diri untuk segera benar-benar peduli dengan kesehatan melalui pola makan.

    5 nutrisi yang mestinya dipenuhi ini masih sering saya abaikan, isi piring nggak teratur selengkap menu isi piringku, apalagi porsinya, masih sesuka-suka banget. Duuuh harus segera berbenah ini.

  5. Banjir fast food dan aneka jajanan enak tapi tidak sehat membuat urusan nutrisi seringkali tidak menjadi pertimbangan dalam memilih makanan. tidak heran jika anemia dan stunting masih jadi masalah di negeri ini. Untuk wanita penting banget kesadaran akan nutrisi ini karena kondisi ibu berpengaruh banget pada kondisi anak.

  6. Jumlah asupan karbo, sayur dan buah wajib sama ya Mbak, kl pedoman gizi seimbang, hiks kadang masih suka ngabisin sisa nasi balitaku nih, soalnya mubazir kan ya

  7. Kalsium dan zat besi itu nutrisi super powernya perempuan ya mba. Sebab bukan cuma kita saja yang bergantung pada nutrisi tersebut, tapi juga calon anak bagi perempuan yang berencana punya anak. Jadi gak heran banyak sekali generasi kita yang stunting, sebab ibunya kekurangan kalsium dan zat besi sejak janin masih dalam kandungan.

  8. Saya baru tahu kalau perempuan 10 x lebih tinggi dari laki-laki bisa terkena osteoporosis. Kalau diingat – ingat sih dilingkungan saya memang lebih banyak melihat perempuan yang mengalami bungkuk badan

  9. Keren sekali dengan penerapan nutrisi yang ideal di piring. Seimbang gitu. Lengkap. Saya yakin pasti sehat terjaga kalau diterapkan kebiasaan ini. Ya, berbagai penyakit biasa disebabkan sumber makanan.

  10. mencerahkan sekali artikel ini untuk orang yang susah makan dan sering pilih-pilih makanan seperti saya. ternyata banyak sekali nutrisi penting yang saya perlukan

  11. Duh, masih sering tuh, yang di contoh sajian sekali makan kebanyakan nasinya haha, padahal mesti gitu komposisinya biar seimbang ya…Dan setuju jika dengan pola makan yang benar, aktivitas fisik, serta pola hidup yang seimbang tentunya dapat menjaga kesehatan bagi perempuan…semangat mengubah gaya hidup terutama pola makan ke yang lebih sehat!

  12. Belakangan ini aku ngerasa gampang bgt capeekk gitu Mba
    Padahal yo sama aja aktivitasku banyakan di rumah wae.
    mungkin kombinasi BOSAN plus ada nutrisi yg tak terpenuhi kali ya?

    1. Ini sih tanda-tanda kurang piknik hahaha.. Emang penting banget ya menjaga asupan nutrisi buat kita-kita perempuan.. Biar sehat dan selalu sedia menjaga asupan nutrisi untuk anggota keluarga lainnya juga.

  13. Sepertinya saya bacaa artikel ini padaa saat yang tepat. Karena pas banget mau bikin mie instant hahaha. Jadi ubah haluan bikin tumisan sayur dan protein aja deh. Plus buah biar isi piringnya seimbang.

  14. Setahun terakhir saya juga menerapkan pola makan sesuai isi piringku dan memang terasa banget perbedaannya dari sebelumnya yang suka makan sembarangan. Badan jadi lebih fit, lho.

  15. Ada baiknya memang perempuan sadar untuk menjaga asupan makanan sedini mungkin. Ibaratnya seperti menabung. Apalagi perempuan juga kemungkinan besar akan mengandung. Nah, ini juga akan berpengaruh ke janin yang dikandung

  16. Nah, sepertinya aku kurang deh vitamin D nya, duh jangan sampai deh terkena osteoporosis. Harus betul-betul menjaga pola makan lagi nih agar ke 5 nutrisi yang diperlukan itu bisa tercukupi.

  17. Aku merasakan perubahan di usia 30. Hamil ke-3 di usia kepala 3 kayaknya beda. Lebih capek badan. Saat umur kepala 3 udah mulai jaga pola makan. Mamaku pesenin biar sehat..wanita memang harus makan bergizi ya, kadang suka jajan yg cuma rasanya enak tapi gizinya nggak ada heheuuu itu akuuu

  18. Mamak-mamak, kadang fokus ke gizi keluarga (suami dan anak2) tapi dirinya sendiri diabaikan….itu saaayyyyaa. Padahal kalau gini kan jd ga selflove yaaa…mencintai orang lain jgn sampai mengabaikan cinta pd diri sendiri kan mbakk..

    thanks for sharing this.

  19. iya kelengkapan asupan tuh terasanya kalau udah berumur kayak aku nih hehehe…dulu susah banget minum susu bahkan saat hamil, jadi ya gini rasanya kok ada ganggguan gt di masalah tulang. makanya sekarang anak2 terutama yg cewek ku usahakan banget mrk cukup asupan kalsiumnya

  20. Penting banget ya mbak untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi perempuan, aku tahunya dulu yg penting ya zat besi dan asam filat, tapi ternyata ada juga lainnya ya

  21. Sebenarnya simpel banget ya untuk porsi Isi Piringku memenuhi kebutuhan gizi perempuan sehari-hari kadang kita bablas pengen makan ini itu akhirnya jadi kelebihan lemak dan gula..terima kasiih artikelnya mbak

  22. Sebenarnya isi piringku ini gak harus mewah dan mahal ya, banyak bahan-bahan masakan yang bernutrisi, Harus terus diedukasi terus soal piring makanku di masyarakat di mulai dari keluarga sendiri. Kadang makan aja biar kenyang dulu hihihi

  23. Bener ya asalkan Kita mau menjalankan Pola makan dan pola hidup yang sehat, tentunya dapat mencegah dari berbagai penyakit, mulai berazam dari sekarang juga harusnya

  24. Nah, PR aku setelah berhijab adalah minum D3, soalnya jarang banget ketemu matahari pagi, biar kulit dan tubuhnya sehat teruus.
    Jarang makan sayuran, buah eeaaa..
    Semoga kita semua sebagai perempuan yang produktif sehat teroos yaaa

  25. Betul mbak, perempuan apalagi calon ibu makanannya kudu bagus supaya nanti saat hamil gak terkena gangguan penyakit macam2 dan kehamilannya jg sehat supaya bisa melahirkan bayi yang sehat juga yaa

  26. Secara normal memang karbohidrat porsinya masih paling besar yaaa.. Pas nih sama aku yang ga bisa jauh-jauh dari nasi hehehee… Hanya saja komposisi lauknya masih amburadul nih. Harus mulai menerapkan komposisi yang benar sesuai anjuran kesehatan.

  27. Iya sih sadar banget kalau masalah kesehatan pada perempuan yang sering menyerang itu anemia dan masalah kekurangan gizi. Tapi aku baru tau lo kalau perempuan berisiko terkena anemia 2-4x lipat dibandingkan laki-laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: