Tempat terbaik Pemasangan CCTV di ruang UGD

Instalasi gawat darurat

Pemasangan paket CCTV Acusense Hikvision di Unit Gawat Darurat (UGD) sangat penting untuk memantau aktivitas pasien dan keluarga yang menunggu. Hal ini diperlukan mengingat UGD adalah ruangan krusial di rumah sakit, di mana pasien pertama kali mendapatkan penanganan. 

Keberadaan CCTV membantu memastikan tingkat keamanan UGD tetap terjaga, mengingat tingginya kesibukan yang dapat menyebabkan kelalaian terhadap keamanan dari tindak kejahatan yang mungkin terjadi.

Tempat Terbaik Pemasangan CCTV di Ruang UGD

Agar dapat mencegah kejahatan seperti membawa kabur bayi ataupun pencurian di rumah sakit, pemasangan CCTV Acusense dari Hikvision telah menjadi solusi. CCTV dipasang di banyak lokasi penting di rumah sakit, termasuk ruang UGD yang merupakan titik awal bagi pasien untuk menerima penanganan medis dari dokter.

Di sini terdapat titik lokasi penting yang harus dilakukan pemasangan CCTV, diantaranya adalah;

1. Pintu Masuk UGD

Tempat terbaik untuk pemasangan kamera CCTV adalah pintu masuk UGD, yang memungkinkan petugas keamanan dapat memantau dengan mudah siapapun yang memasuki UGD pada hari itu. Hal ini akan mempermudah penanganan keadaan darurat yang tidak diinginkan.

2. Area Pendaftaran dan Triage (penentuan pasien prioritas)

Pemasangan CCTV di area pendaftaran dan triage (penentuan pasien prioritas) akan membantu memantau kedatangan pasien, proses pendaftaran, dan prioritas penanganan pasien. Ini juga memungkinkan untuk memantau aktivitas staf medis dan interaksi dengan pasien.

3. Ruang Tunggu Pemeriksaan

Ruang tunggu pemeriksaan adalah lokasi berikutnya yang menjadi prioritas utama untuk pemasangan Hikvision Acusense CCTV. Di sini, keluarga pasien yang menunggu akan dapat dipantau, memungkinkan identifikasi pasien yang perlu mendapatkan pertolongan medis dengan prioritas lebih tinggi.

4. Ruang Tindakan

Pemasangan CCTV di ruang tindakan UGD adalah keharusan karena akan merekam semua aktivitas dokter dan perawat dengan jelas. CCTV yang berkualitas akan memberikan rekaman yang detail, memungkinkan keluarga pasien untuk menelusuri aktivitas selama pemeriksaan dan mendeteksi kejanggalan jika ada. Selain itu, dalam kasus malpraktik, rekaman CCTV dapat menjadi bukti yang penting.

Lantas, Apa Saja Keuntungan Memasang CCTV di UGD?

Tentu saja ada banyak keuntungan yang dirasakan ketika memasang CCTV di UGD. Pada umumnya pemasangan CCTV memang untuk menjaga keamanan di UGD, tapi terdapat keuntungan lain yang akan terasa, diantaranya adalah;

1. DapatĀ  Memonitor Aktivitas Pasien

Pasien yang datang ke UGD silih berganti seakan tidak ada jeda bagi dokter untuk bersantai. Banyaknya pasien ini tidak memungkinkan bagi security atau dokter untuk mengawasi pasien satu per satu.

Solusinya adalah dengan memasang Acusense Hikvision Camera. Dengan bantuan CCTV Anda bahkan dapat mengawasi segala aktivitas yang terjadi di UGD sambil duduk di ruang kontrol CCTV. Dari CCTV pula dokter dapat mengetahui manakah pasien yang harus didahulukan dan yang bisa menunggu.

2. Keamanan di UGD Terjaga

Untuk tingkat keamanan di UGD termasuk rawan karena banyaknya orang yang lalu lalang sehingga berpotensi terjadi tindak kejahatan yang merugikan. Mengandalkan kerja security saja tidak cukup karena kontrol pengawasannya terbatas.

Hikvision Acusense CCTV
Kamera CCTV (sumber gambar pexels.com)

Memanfaatkan camera CCTV akan membantu mengawasi segala aktivitas yang terjadi di UGD. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, melakukan pelacakan dan penyelidikan akan semakin mudah.

3. Dapat Menjadi Barang Bukti

Camera CCTV yang terpasang akan memberikan keuntungan bagi Anda. Hasil rekaman dari CCTV dapat dijadikan sebagai barang bukti  apabila terjadi kejahatan dan harus menemukan pelakunya secepat mungkin.

4. Lebih Hemat dan Efisien

Mengapa dikatakan demikian? Karena  sebelum ada CCTV Acusense dari Hikvision, pihak rumah sakit harus memiliki security yang banyak dan handal agar keamanan utamanya di UGD dapat terjaga dengan baik.

Akan tetapi, pengadaan security ini juga dapat menghabiskan banyak biaya. Apalagi seorang security tidak bisa melakukan pengawasan selama 24 jam. Jadi, terlihat kurang efektif. 

5. Pengawasan Praktik Medis

Pemasangan CCTV dapat membantu dalam memantau praktek medis di UGD. Ini dapat membantu memastikan bahwa prosedur medis diikuti dengan benar dan bahwa pasien mendapatkan perawatan yang sesuai.

6. Peningkatan Efisiensi Operasional

Dengan memantau aktivitas secara real-time, manajemen rumah sakit dapat mengidentifikasi area di mana efisiensi operasional dapat ditingkatkan. Ini dapat membantu mengoptimalkan proses di UGD untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, disimpulkan bahwa keamanan ruang UGD adalah prioritas di rumah sakit yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Butuh CCTV terbaik agar hasil rekamannya pun tidak mengecewakan dan dapat diandalkan.

Memilih produk yang demikian sekarang semakin mudah sejak hadirnya Hikvision Colorvu Acusense. CCTV ini memiliki beragam keunggulan, diantaranya adalah dapat menghasilkan gambar dalam warna yang lebih terang. Dengan resolusi mencapai 4K akan memudahkan Anda mendapatkan hasil rekaman yang bagus.

Tidak hanya itu, kecerdasan ColorVu yang dimilikinya membuat produk satu ini semakin banyak dilirik berbagai tempat yang memerlukan CCTV terbaik. Bahkan kini, semakin banyak yang menggunakannya, tidak hanya ColorVu Hikvision juga menyediakan teknologi Acusense dimana setiap gerak gerik orang maupung kendaraan akan tetap terpantau secara 24 jam dan juga sangat memudahkan kita untuk mengambil beberapa kejadian yang sudah terjadi dan sudah terekam pada CCTV tsb.

Ruang UGD sebagai tempat yang penting di rumah sakit juga dapat menggunakan produk ColorVu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pasien yang datang. Cek di sini untuk keterangan produk paket CCTV terbaik lebih jauh.

9 Comments

  1. Teknologi CCTV sekarang semakin canggih. Sebaiknya untuk ruangan sepenting UGD harus mengikuti perkembangan teknologi CCTV, salah satunya menggunakan Hikvision Colorvu

  2. Shinta

    memang pas sih kalo pasang cctv di ugd, utk pengawasan praktik medis, barang bukti jika terjadi sengketa, dan untuk keamanan dan kenyamanan pasien juga yaa

  3. UGD sepertinya memang menjadi salah satu tempat teramai di rumah sakit. Bahkan terkadang suka banyak yang panik. Memang sebaiknya dipasang cctv untuk berjaga-jaga.

  4. Sekarang CCTV tuh dah bukan barang mewah dan eksklusif ya. Hampir setiap sudut tempat dipasangin CCTV. Rumah, kantor, tempat pelayanan umum, semua masang CCTV karena kegunaannya. Apalagi jika menyangkut isu kejahatan, penyimpangan, dan tentu saja keamanan, termasuk di rumah sakit.

    Saya setuju tuh CCTV dipasang di ruang tindakan UGD. Agar penanganan pasien tidak ada mal praktek plus tentu saja untuk keamanan rumah sakit itu sendiri. Jika terjadi apa-apa, CCTV bisa membantu pihak yang berwajib untuk menuntaskan perkara yang dimaksud.

  5. Di lift termasuk ngga ya mbak?
    Saya suka parno naik lift kalo ada apa2 ngga ada yang tau ya, hehee
    Di rumah aja kudu ada cctv (musim maling soalnya)
    apalagi di fasilitas umum, RS contohnya harusnya lebih lengkap

  6. Kebayang kalau ada kesalahan tindakan yang membahayakan atau sejak awal sudah dilakukan dengan tujuan malpraktik, maka keberadaan CCTV ini sangat membantu. Yang jelas juga demi keamanan, kadang hal-hal membahayakan (kecurian dsb) bisa terjadi di tempat yang seharusnya aman kayak di IGD.

  7. sebagai addict drakor, saya jadi paham pentingnya pemasangan CCTV di ruang UGD

    supaya jangan ada tuduhan dokternya malpraktek

    CCTV juga dibutuhkan di kompleks perumahan, agar penghuninya tenang

    jika ada orang yang mencurigakan bisa segera diambil tindakan

  8. Jaman sekarang keberadaan CCTV memang sangat dibutuhkan.
    Maraknya kejahatan bisa segera terungkap dengan adanya bukti rekaman CCTV.
    Begitu juga di rumah sakit atau UGD. Lebih baik menjaga ya daripada kecolongan

  9. Khairiah

    Setuju, penting banget ada cctv di rumah sakit, selain menghindari tindakan kriminal serta untuk keamanan dan kenyamanan bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *