Lebih Baik Jual Motor Bekas daripada Terjerat Pinjol

jual motor bekas

“Dik gimana kabar?” Saudara sepupu yang sudah lama nggak ada kontak, tiba-tiba kirim pesan wa. Kalau begini, Mamak mesti waspada. Hihi… kebiasaan sih. Kalau ada yang lama nggak ada kontak, terus menyapa itu biasanya kalau nggak nawarin MLM ya lagi butuh bantuan.

“Baik mbak. Alhamdulillah sehat” balas saya, sambil menanti kelanjutannya dia mau menyampaikan apa.

“Maaf Dik, aku bisa pinjam 5 juta? Buat tambahan bayar kontrakan. Bulan depan kalau suami gajian, saya ganti”

Nah, kan bener tebakan saya. Ada maunya nih orang.

Ada sih di tabungan kalau 5 juta. Tapi berdasarkan pengalaman Mamak dan suami, yang beberapa kali memberikan pinjaman ke teman maupun saudara, jadinya malah makan hati. Berulang kali nagih sampai malu sendiri. Padahal itu hak kami dan kewajiban mereka buat membayar hutang. Jadinya kami sudah sepakat, kalau ada teman dan saudara menghubungi buat pinjam uang, nggak usah dikasih pinjam.

Tapi bukan cuma menolak kasih pinjaman. Mamak telpon dan ajak ngobrol saudara sepupu itu, menggali informasi, apa barang miliknya yang bisa diuangkan dengan segera. Setelah ngobrol panjang, Mamak sarankan dia untuk jual motor saja. Awalnya dia udah kepikiran untuk ke pinjol, tapi takut kalau jadi bunganya lebih besar dari pinjaman pokoknya. Tahu sendirilah sudah banyak kisah pilu karena jeratan pinjol. Jadinya Mamak kasih saran buat jual motor bekas.

Pertimbangannya, dia punya 3 motor di rumah. Sementara yang sering pergi cuma dia dan suaminya, jadi dua motor pun cukup sebenarnya.

Tadinya dia masih berkilah saja, jual motor cepat kan nggak bisa. Mesti ditawar-tawarkan dulu, nggak bisa segera laku, padahal dia butuh uangnya segera. Dia juga nggak tahu dimana tempat jual motor bekas terdekat di daerahnya. Yah maklum aja, rutenya tiap hari cuma rumah-sekolah anaknya, kadang ke pasar buat belanja.

Lah, di kira saya bank gitu? Yang bisa segera kasih uang dengan segera begitu dia menghubungi? Pinjam bank juga kan ada prosedurnya. Lagian tempat jual motor di Tangerang itu kan pasti banyak, dasar malas mencari informasi!

Huh… sabar. Dia belum tahu sih kalau kini ada cara jual motor cepat, dalam satu jam saja. Namanya Planetaja.

Planetaja, Situs untuk Jual Motor Bekas

Setelah beberapa kali menghela nafas, sambil mendengarkan keluh kesah saudara sepupu, saya pun memintanya untuk segera buka google dan mengetikkan kata planetaja. Karena di sini, dia bisa jual motor instan, cukup sehari saja sudah bisa terjadi transaksi. Bukan sehari dalam artian 24 jam menunggu motornya laku ya, nggak sampai selama itu. Bisa dalam 60 menit saja, dia sudah bisa bawa pulang uang dari hasil jual motor Honda bekas yang dimilikinya.

jual motor bekas
Seneng kan kalau dalam hitungan menit aja motornya sudah laku

“Cepet banget cuma 60 menit. Jangan-jangan motorku nanti dibeli dengan harga murah. Aku emang butuh duit segera, tapi kalau motorku dibeli murah, kan sayang. Udah deh, aku pinjam duit kamu aja. Pasti ada kan?”

Yaelah, masih ngotot mau pinjam duit aja. Padahal udah dikasih solusi biar nggak berhutang. Emang gini ya, orang kalau mau pinjam tuh gigih banget membujuk. Pembicaraan udah dibelokkan, eh dia tarik balik lagi. Sama kayak gigihnya cari alasan kalau pas di tagih.

Mamak jadi mengela nafas lagi deh. Berarti dia belum buka planet aja. Padahal kalau sudah buka webnya planetaja, pasti dia bakal langsung nemu menu untuk cek harga jual motor bekas. Tinggal masukkan merk motor, model dan tipenya, tahun pembelian dan juga jumlah kilometer yang sudah ditempuh. Data itu semua kan bisa diisi dengan mudah dan segera. Setelah isi data langsung deh muncul estimasi harga jualnya.

Masih estimasi ya, alias perkiraan. Harga pastinya berapa akan ditentukan setelah dilakukan inspeksi terhadap motor yang mau di jual.

“Tapi motorku bukan Honda?”

Ya Allah, masih aja cari alasan. Padahal semua merk motor juga diterima di planet aja. Jadi bisa juga jual motor Yamaha bekas di sana. Enak kan, dari rumah saja, asal ada kuota internet bisa tuh jual motor. Nggak perlu repot keluar rumah, kepanasan, kehujanan, kena macet buat cari tempat jual motor di Jakarta.

Suami sudah kasih kode supaya Mamak mengakhiri pembicaraan lewat telpon dengan sepupu. Udah dikasih jalan, biar selanjutnya di usaha sendiri berdasarkan petunjuk yang sudah Mamak berikan.

Sebelum mengakhiri pembicaraan, Mamak pertegas lagi untuk segera cek perkiraan harga jual motornya di planetaja, soalnya layanan jual motor bekas di sana tuh emang jempolan. Mamak rekomendasikan banget buat yang butuh uang dalam waktu cepat, tanpa harus ribet cari pinjaman ke saudara, apalagi sampai kepikiran mau ke pinjol. Jangan deh.

Lebih baik jual motor aja, daripada terjerat pinjol.

17 Comments

  1. Keputusan yang tepat Mbak Nanik menyarankan jual motor bekas saja … apalagi sekarang praktis ya, bisa melalui aplikasi atau website. Terus, Mbak …. kerabatnya gak menghubungi lagi?

  2. Ih klo misal aku diposisi yg pengutang mah udh malu mbak. Ya wong udh di tolak yo wis gak usah maksa gt kan logikanya. Hehehheh.. untung ada planetaja jd bs dpt solusi baik. Dr pd utang ya mbak..

  3. Nah, benar banget nih solusi yang tepat.. Jadi planet aja bisa jadi solusi terbaik untuk kamu yg ingin menjual kendaraan dan pasti aman dan terpercaya

  4. setuju banget Mbak Nanik

    Kalo punya motor , daripada pinjem saudara, apalagi ke pinjol, lebih baik motornya jual aja

    karena biasanya pinjem saudara susah banget kembalinya

    sedangkan pinjol jadi bunga berbunga

  5. Baca judul kemudian lanjut dengan paragraf pertama, saya langsung senyum-senyum sendiri Mbak Nanik.

    Pertama, setuju banget dengan judulnya karena pada kenyataannya banyak orang yang terjerat pinjol. Dari pinjaman 2 juta bisa menjadi 20 juta. Apalagi jika orang yang bersangkutan sering lalai dalam memenuhi tanggungjawab cicilan.

    Kedua, sering banget mendapatkan pengalaman pinjam uang dari saudara yang akhirnya justru bikin dia lebih kejam dari kita yang meminjamkan. Dikasih usulan tetap ngotot. Sementara sebetulnya, pemecahan masalah mereka itu bisa kok dihandel sendiri. Hanya saja lebih suka “merepotkan” orang lain ketimbang harus berkorban pada ego diri sendiri. Been there several times Mbak. Jadi sekarang, saya sudah kebal dan berani untuk menolak.

  6. Selalu ada solusi jika membutuhkan uang salah satunya menjual motor di planetaja, mirip brand Planetban

  7. Edaaaaaaasss.. Bahkan ada ya ruang untuk jual motor bekas secara onlen. Keren inovasinya.
    Soal pinjol mah, dah pasti sepakat bangetlah. Jauh-jauh. Kalau ada kebutuhan mendesak, udah bener banget itu, jual saja yang tak lagi dipakai.

  8. Ngeriiiiii bgt utang2 ini

    Apalagi klo nyenggol pinjol ini mb.
    Di Sby udah ada dua org yg bundir gegara teror pinjol

  9. jangan urusan sama pinjol lah, ngeri urusan sama pinjol, solusi yang baik kalau punya motor lebih baik dijual dari pada urusan sama pinjol, aku setuju dengan pemikiran mbak Nanik

  10. Kak Nanik, ini pemikiran yang hebat sekali.
    Karena tidak bermudah-mudah dalam berhutang dan sebisa mungkin bertahan dengan kekuatan sendiri itu lebih baik. Aku juga jadi ingat kalau barang akan lebih bermanfaat kalau di”rela”kan daripada tidak digunakan di rumah, lama-lama akan rusak.

  11. Fenni Bungsu

    Terjerat pinjol jadinya gak bisa lepas dan gak mudah selesainya ya kak.
    Memang lebih baik jalan dari kak Nanik.
    in-syaAllah nantinya ada rejeki baru datang menghampiri ya

  12. uang yang saya pinjamkan pada salah satu keluarga dekat suami, sampe sekarang udah tiga tahun belum dilunasi juga, padahal saat minjam dia janji seminggu mau kembalikan uangnya. benar-benar jadi pelajaran berharga deh pengalaman ini

  13. Rizka Edmanda

    Setuju nih sama pemikirannya zaman sekarang harus hati hati sama pinjol karena jeratannya berbahaya insya Allag ada aja rejeni penggantinya ya Mbam

  14. Nah itu dia. Temanku pernah keluar grup gara-gara pinjol. Dia takut nggak enak ama teman, karena dia terlibat pinjol sekitar 40 juta dan katanya teman-temannya pun bisa ditelponin juga ntar dari pihak pinjolnya buat nagihin utangnya.

  15. Bener bangetlah. Kalau terjerat pinjol emang susah pada akhirnya. Bunganya gedhe. Nagihnya juga kadang serem.

    Mending jual barang yang kita punya dan jarang dipake. Kayak jual motor bekas gitu. Apalagi kalau kita bisa jual cepat di Planetaja.

  16. Hani

    Sabar banget Mbak meladeni saudara yang ngeyel. Iyalah…mending jual aja motor bekas daripada terjerat pinjol. Enak banget pulak telepon sodara trus mau minjem duid. Paling kezel kalau orang yang mau pinjem jawab, “iyalah duit kan engga ngomong”. Misalnya kita jawab “engga punya duit”…
    Aku kira Planetaja tuh bengkel loh…Ternyata bisa titip jual yah di situ…

  17. Aku baru tahu motor bekas sekarang situsnya baru di Planetaja. Biasanya dulu aku jual motor langsung aja ke tempat penjualan motor dekat rumah. Kekeke. Hidup serba online sekarang ternyata sangat membantu. Bukan cuma jual beli mobil bekas, tetapi juga motor bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *