Manfaat Open Banking bagi Masyarakat, Bank dan Industri

manfaat open banking

Manfaat open banking yang paling besar adalah meningkatkan inklusi keuangan dan transformasi ekonomi digital yang merupakan salah satu agenda prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia 2022. Kamu yang sering belanja online di e-commerce sebenarnya juga telah merasakan manfaat open banking, hanya saja tidak disadari karena belum tahu apa itu open banking.

Masih bingung dengan apa itu open banking? Nggak apa-apa, karena memang belum tahu wajarlah kalau bingung. Jadi baca terus artikel ini ya, yang akan membahas mengenai open banking dan apa saja manfaatnya bagi masyarakat, bank maupun industri.

Pengertian Open Banking

Open banking merupakan sistem yang menjembatani interoperabilitas antara perusahaan perbankan dengan berbagai perusahaan lainnya melalui teknologi berbasis Application Programming Interface (API). Secara mudahnya bisa dikatakan manfaat API adalah untuk meningkatkan inklusi keuangan masyarakat.

Interoperabilitas ini memungkinkan bank untuk jadi terbuka. Saat bank menjadi terbuka dapat terjadi pertukaran data nasabah antara pihak bank, lembaga keuangan, dan berbagai bisnis serta aplikasi digital secara aman. Tentu saja pertukaran data ini atas  persetujuan dari nasabah dan di jamin keamanannya.

Open banking menjadi salah satu elemen utama dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI). Jadi masyarakat nggak perlu khawatir dengan keamanan data-data perbankannya, karena pastinya BI dan juga OJK telah mempertimbangkan soal keamanan. Hal ini dibuktikan dengan ditetapkannya Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) sebagai patokan kepatuhan dan standar dari pelaksanaan open banking oleh BI pada Agustus 2021.

Bank Rakyat Indonesia sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia dengan nasabah menjangkau hingga pelosok pun tak mau ketinggalan dalam mendukung penerapan open banking ini. BRI telah siap mengimplementasikan open banking dengan mengembangkan BRI Application Programming Interface (BRIAPI). Dengan BRIAPI, BRI berkomitmen untuk menghadirkan layanan keuangan berbasis digital yang mudah diakses, serta mampu menjawab kebutuhan pasar dan perkembangan di era digital

Manfaat Open Banking

Saat ini hampir 50% penduduk Indonesia belum menikmati layanan perbankan (unbanked) karena berbagai alasan. Salah satu manfaat open banking adalah mendekatkan layanan perbankan ke dalam aplikasi digital yang mudah diakses oleh masyarakat.

manfaat open banking

Manfaat bagi Masyarakat

Layanan open banking membuat masyarakat bisa menikmati layanan keuangan dengan lebih cepat dan mudah. Khusus bagi nasabah BRI, kini nasabah bisa menikmati berbagai inovasi produk finansial terbaru dari BRI berkat adanya teknologi BRIAPI.

Misalnya, bagi yang suka belanja di marketplace, pernah bayar ke virtual account kan? Nah itu adalah salah satu bentuk open banking. Jadi walaupun rekening pembeli dan penjual di marketplace dari bank yang berbeda, tetap bisa bertransaksi tanpa perlu mengeluarkan biaya admin.

Manfaat lain yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat adalah bisa menyambungkan kartu debit ke e-commerce maupun perusahaan fintech. Masyarakat juga makin mudah kalau mau mengisi saldo BRIZZI dari aplikasi mobile banking.

Hingga saat ini, layanan BRIAPI sudah membuat lebih dari 700 aplikasi terintegrasi dengan layanan dari bank BRI. Jadi, nasabah dan konsumen bisa dengan mudah melakukan transaksi di berbagai aplikasi tersebut. Contohnya Tokopedia, Shopee, OVO dan banyak aplikasi lainnya.

Manfaat bagi Pihak Bank

Open banking merupakan daya tarik bank untuk menggaet nasabah baru. Era di mana banyak orang ingin cepat, praktis dan instan dalam berbagai hal, termasuk transaksi keuangan. Kecepatan layanan transaki keuangan adalah salah satu keunggulan open banking.

Jika jumlah nasabah bertambah, perputaran dana nasabah di bank pastinya juga akan makin besar. otomatis pendapatan/keuntungan yang diperoleh bank pun akan bertambah.

Manfaat bagi Dunia Industri

Open banking telah dirasakan manfaatnya oleh banyak industri yang secara langsung melayani berbagai kebutuhan masyarakat. Yang paling nampak adalah e-commerce. Tingkat penjualan dari e-commerce semakin meningkat karena kemudahan pembayaran setelah integrasi dengan BRIAPI. Contohnya, Shopee yang terintegrasi dengan produk BRIAPI berupa BRIVA, Transfer ke Bank lain, hingga BRIZZI. Cashflow perusahaan jadi makin lancar.

Di industri kesehatan, ada K24Klik, aplikasi kesehatan yang memungkinkan konsumen dapat membeli obat secara online dan real time. K24Klik bekerja sama dengan BRIAPI dengan mengintegrasikan layanan BRIVA (Virtual Account), yang akhirnya sukses meningkatkan transaksi K24Klik hingga 200 persen. 

Dalam sektor pendidikan pun beberapa perguruan tinggi juga sudah mulai menggunakan open banking ini. Sangat mempermudah para mahasiswa dalam melakukan pembayaran untuk memperoleh akses layanan pendidikan.

Masih banyak sektor industri lain yang telah merasakan manfaat open banking, terutama setelah bekerja sama dengan BRIAPI. Bisa dikatakan dari industri hulu sampai hilir telah merasakan manfaat BRIAPI, bahkan hingga ke pelaku UMKM lho.

24 Comments

  1. Banyak juga orang yang kayak aku, males banget transfer antar bank selain medit sama biaya admin antar banknya. Hahaha. Jadi itu tuh maksudnya kalau pake VA jadi bebas biaya admin atau Open Banking BRI punya aplikasi beda lagi sama yg biasanya sih Mbak?

  2. Udah saya pakai sehari-hari mba BRIVA ini, mudah banget transaksi tanpa biaya pula. Tinggal copy paste aja nomor, tagihan muncul beres deh

  3. Ngerasain banget hidup di permudah dengan adanya layanan open banking ini, udah pake BRIVA lumayan lama, bayar apapun juga lebih mudah, ya walaupun ada biaya admin yang lumayan ketika transfer antar bank lain, tapi dengan adanya open banking ini jadi enak tinggal copast aja rekening tujuan tinggal klik, jadi deh.

  4. Komitmen BRI untuk menghadirkan layanan keuangan berbasis digital yang mudah diakses harus terus ditingkatkan terus nih, apalagi sudah membuka open banking dengan BRIAPI supaya makin luas jg jangkauannya

  5. Terima kasih mbak ilmunya soal open banking. Aku baru tahu kalau transaksi melalui virtual account itu merupakan salah satu bentuk open banking ~

  6. Bank membantu memajukan usaha dan impian yang ingin diwujudkan selama ini di impikan .open banking di BRI yuk

  7. Jadinya semakin memudahkan untuk bertransaksi, ya. Asalkan memang pastikan aja data aman. Jangan sampai terjadi kebocoran.

  8. Udah cukup lama merasakan manfaat dari open banking ini. Tepatnya mulai kapan kurang tahu, tapi yang pasti sejak belanja di ecommerce bisa bayar pakai VA dan sejak ngisi saldo app kayak Gopay, OVO, dan lain-lainnya itu juga via VA. Lebih praktis, ga perlu ngisi jumlah lagi yang biasanya bisa saja salah ketik.

  9. Open banking manfaatnya sekaran banyaaaak sekali dan bisa melayani berbagai kebutuhan masyarakat terutama e-commerce.

    baru tau adanya BRIAPI, berupa BRIVA, Transfer ke Bank lain, hingga BRIZZI.

  10. Kalau ada virtual account gitu, pembayaran kian mudah ya. Bebas biaya admin pula.

    Jujuly kurang paham dg BRI, tapi saya jadi tahu, sekarang ada BRIVA, BRIZZI BRIAPI , dan lainnya. Semoga kian memudahkan layanan terhadap masyarakat luas.

  11. di dunia yang udah serba digital kayak gini emang open banking tuh penting banget yaaah, walo akibatnya kalo gak bisa nahan diri jatuhnya jadi lebih boros karena semua jadi serba mudah. Jalan ke marketplace niatnya cuma lihat2 aja, malah jadi check out terus deh hahaha

  12. Oh, mesti ada kerjasama dengan BRIAPI dulu ya, baru deh bisa melakukan beragam transaksi maupun pembayaran secara praktis. Alhamdulillaah aku sudah terbiasa menggunakan Virtual Account juga apalagi makin sering belanja online di market place. Tentu saja open banking ini bermanfaat banget bagi masyarakat.

  13. Oh istilahnya Open Banking ya..
    Rasanya zaman sekarang sangat praktis menggunakan layanan perbankan secara online. Dengan keamanan yang semakin ditingkatkan semoga bisa menjadi kemudahan bagi siapa saja yang akan bertransaksi banking secara digital.

  14. Oooo ternyata kemudahan bayar2 yang enggak ribet ini yang dinamakan open banking to. Taunya pake doang mbak, ga tau itu sebutannya apa. Jadi tau deh setelah baca tulisan Mba Nanik ini.

  15. iya, kalau dipikir, dengan open banking gini nasabah memang takut keamanan datanya ya. tapi kalau sudah dijamin, berarti OJK dan BI sudah siap dengan segala resikonya (nasabah juga tentunya)

    kalau sudah ditenangkan dengan adanya rasa aman seperti ini sih, manfaatnya jadi terlihat dan beneran kerasa banget ya, transaksi apapun jadi lebih mudah dan semua pihak bisa merasakan manfaatnya.

  16. Jadi melek nih baca pemaparan Mak Nanik
    Iya aku sering belanja di online, rata-rata pembayarannya secara virtual account. Jadi itu termasuk open banking ya. Aku juga nasabah BRI mak

  17. Wah baru paham klo selama ni udh sering memandaatkan teknologinya tp baru rau klo namanya open banking. Enak si kalo gini sangat membantu nasabah ya

  18. Inti nya manfaat open banking selain uang kita aman transaksi apapun juga jadilebih mudah ya mba..

    Sepertinya perlu bangt melakukan open banking untuk mengatur cash flow.juga

  19. Oalah virtual account itu disebut open banking juga ya mbak
    Memang sangat memudahkan kalau melakukan transaksi keuangan dengan model open banking seperti ini

  20. Sebagai org yg termasuk sering belanja di online marketplace pakai VA aku jadi paham oooo itu tuh open banking hehe.
    Iya nih BRI tu bank yg paling gampang ditemukan di daerah2 ya, kalau udah open banking akan makin memudahkan nasabahnya bertransaksi juga. TFS infonya.

  21. Ow jadi virtual account itu contohnya open banking. Sangat memudahkan jika mau bayar. Dari sisi penjual juga kelihatan ini customer yang mana karena kode unik di VA untuk tiap customer.

  22. Rahmah

    Baru tahu kalau Open Banking itu istilah akun virtual yang kita punya.
    Saya sangat terbantu karena dengan VA bisa transaksi apa saja tanpa harus ke ATM

  23. oh namanya open banking ya, hehehe, baru ngeh ternyata ada istilahnya ya. Sejujurnya aku terbantu banget dengan sistem open banking kayak gini

  24. oalah open banking kayak va ya iya sih enak selama ini kalau beli2 pake va aja
    tapi ga tau namanya kalo itu va
    enak juga kalau kita ada va ya mak
    biasanya qris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *