Cara Menyusun Jadwal Perjalanan Bisnis Agar Lancar

menyusun jadwal perjalanan bisnis

Perjalanan bisnis adalah hal biasa yang dilakukan para pekerja maupun pengusaha dengan tujuan mengembangkan bisnis. Agar perjalanan bisnis lancar, kamu sebaiknya simak cara menyusun jadwal perjalanan bisnis.

Umumnya, tujuan perjalanan bisnis tak jauh dari urusan meeting, factory visit, pitching client,  bertemu supplier maupun sekedar membangun network kepada orang baru agar ke depannya terjalin kesempatan saling bekerja sama.

Meski perjalanan bisnis bisa dilakukan secara formal maupun informal, sudah sepatutnya perjalanan bisnis dilakukan secara efektif dan efisien apalagi jika biaya yang dikeluarkan ditanggung oleh perusahaan. Tentunya kita dituntut untuk memberikan imbal yang positif bagi perusahaan seperti yang diharapkan.

Agar perjalanan bisnis kamu berjalan lancar dan terhindar dari kerugian akibat risiko buruk di perjalanan, kamu bisa terlebih dahulu membeli asuransi di PT Asuransi Simas Insurtech, setelahnya kamu harus mampu menyusun jadwal perjalanan bisnis sehingga agendamu menjadi efisien. Catat tipsnya sebagai berikut:

Cara Menyusun Jadwal Perjalanan

1. Susun Agenda dengan Detail

Pastikan saat menyusun jadwal perjalanan bisnis dimulai dengan agenda utama kenapa kita harus melakukan perjalanan bisnis ke daerah lain.

Selanjutnya, mulai dengan memperhatikan proses perjalanannya dengan naik kendaraan apa, menginap di mana, bertemu siapa saja. Hal-hal sederhana penting yang terkadang dapat luput dari perhatian kita.

Menyususn jadwal perjalanan bisnis
Susun agenda dengan detail (sumber gambar istockphoto)

Menyusun agenda ini, akan memudahkan kita dalam membagi waktu nantinya dan mengetahui kapan harus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan saat bertemu dengan clients, kapan waktu untuk beristirahat dan kapan waktu untuk kembali.

Jadi, semua aktivitas kita bisa terkoordinir dengan tepat tanpa ada waktu yang terbuang sia-sia.

2. Persiapkan Dokumen yang Akan Dibawa

Dokumen pribadi sudah pasti menjadi kewajiban individu saat melakukan perjalanan bisnis apalagi jika harus sampai mancanegara tentunya kita jadi memerlukan dokumen pribadi yang disiapkan.

Selain itu, dokumen credential perusahaan juga patut diperhatikan. Jangan sampai ketika melakukan perjalanan bisnis untuk tujuan teken kontrak kerjasama tetapi dokumen resmi seperti MoU maupun SLA turut terlupakan. Jangan sampai terjadi, ya.

3. Lakukan Riset Tentang Client dan Tujuan Perjalanan

Background dari orang yang akan kita temui maupun perusahaan yang diwakili minimal kita mengetahui informasi mendasar tentang lawan meeting kita.

Hal ini membuat kita jadi memiliki topik dengan interest yang sama untuk dibicarakan sehingga memudahkan kita dalam memperoleh kontrak kerja sama dan membangun hubungan yang baik untuk ke depannya.

Riset juga diperlukan untuk mengetahui tujuan perjalanan. Cara ini akan membantu kita menyusun hal-hal yang kita butuhkan nanti di lapangan, mengetahui lebih awal lokasi pertemuan bisnis yang ditentukan, dan mengetahui akses serta fasilitas apa saja yang ada di kota tersebut yang bisa menunjang kebutuhan kita nanti saat di sana.

4. Persiapkan Transportasi dan Penginapan

Kendaraan umum atau pribadi sah-sah jika dibutuhkan. Hal yang perlu diperhatikan bila menggunakan kendaraan umum pastikan kita menyiapkan diri jauh sebelum jam keberangkatan yang tertera pada tiket yang kita beli.

Penginapan juga menjadi hal penting lainnya, aksesibilitas penginapan hingga kenyamanan saat menginap dapat mempengaruhi produktivitas kita saat sedang melakukan perjalanan bisnis.

Jadi, paling tidak kamu sudah mempersiapkan penginapan dan memesan transportasi yang sesuai jauh-jauh hari sebelum hari perjalanan bisnis ya agar jadwal perjalanan bisnis tidak terganggu dan kamu bisa fokus menjalankan pekerjaanmu.

5. Persiapkan Vitamin dan Kebutuhan Pribadi

Tetap jaga kondisi kesehatan tubuh saat dalam perjalanan bisnis. Kondisi tubuh yang kurang fit dapat mempengaruhi segala jadwal yang sudah kita siapkan secara matang. Untuk itu, kita perlu menyiapkan vitamin maupun suplemen kesehatan agar menunjang aktivitas agenda perusahaan.

Biasanya, vitamin atau suplemen adalah barang personal yang belum tentu bisa kamu dapatkan di tempat tujuan agenda perusahaan, untuk mitigasi jangan lupa bawa obat pribadi untuk jaga-jaga dari hal yang tak diinginkan.

Mempersiapkan kebutuhan pribadi juga merupakan hal yang penting menyesuaikan berapa lama agenda bisnis yang akan kamu lakukan. Kamu bisa mempersiapkan barang-barang pribadi yang akan kamu bawa seperti baju, vitamin, toiletries kit, skincare kit, dan barang-barang pribadi lainnya.

6. Perhitungkan Waktu Istirahat

Agenda perusahaan terlaksana, tapi kesehatan tubuh tidak terjaga. Jangan sampai kita memaksakan kesehatan diri sendiri. Kita harus bisa membagi waktu untuk istirahat agar agenda selanjutnya bisa terlaksana dengan lancar.

Di sela-sela jadwal agenda yang ketat kamu harus bisa membagi waktu untuk makan dan mengistirahatkan badan dengan cukup.

Usahakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi untuk menunjang aktivitas kamu. Setelahnya, selalu usahakan mengatur pola tidur dengan cukup.

Dengan menjalankan pola tidur yang cukup akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. menurut Kemenkes orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari.

Tidur yang cukup bisa membuat tubuh mengurangi risiko terkena stress, diabetes bahkan penyakit jantung.

7. Membeli Asuransi Perjalanan

Agar kamu merasa aman saat melakukan perjalanan bisnis, kamu bisa membeli asuransi untuk memberikan jaminan perlindungan secara maksimal. 

Apalagi ketika kamu melakukan perjalanan bisnis dengan menggunakan pesawat, di mana pesawat rentan mengalami delay, bagasi hilang, hingga kecelakaan pesawat.

asuransi perjalanan
Sumber gambar istockphoto

Kamu bisa memilih asuransi keterlambatan penerbangan Simas Insurtech sebagai proteksi finansial kamu. Simas Insurtech menawarkan jaminan perlindungan lengkap atas risiko keterlambatan perjalanan dan risiko buruk saat di perjalanan.

Nah, di atas adalah tips menyusun jadwal agar perjalanan bisnismu berjalan lancar, aman dan terjamin dari risiko terburuk saat di perjalanan.

Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan bisnis bisa melakukan tips di atas, ya.

23 Comments

  1. Wah tipsnya berguna banget nih buat yang sedang akan melakukan perjalanan bisnis.
    Memang harus dipersiapkan dengan detail ya, termasuk juga mempersiapkan asuransi perjalanan agar perjalanan jadi aman dan nyaman.

  2. Aku pribadi enggak pernah melakukan perjalaan bisnis (da belum punya bisnis hehehe). Tapi suamiku sering sih travelling dalam rangka bisnis (ya meski bukan bisnis sendiri melainkan bisnis perusahaan tempat dia kerja hahaha). ~ bilang aja perjalanan dinas 😀

    Memang penting banget tuh nyiapin segala sesuatu. Termasuk juga asuransi utk jaga2. Prinsipnya sedia payung sebelum hujan.

  3. Bener banget nih kalau mau melakukan perjalanan kudu ada banyak persiapannya. Termasuk menentukan tujuan wisata, acara, sampai obat2an dan asuransi perjalanan

  4. makasih mak tips cara menyusun perjalanan bisnisnya. bisa diterapkan juga nih buat perjalanan ala emak-emak yang suka diundang ke berbagai kota di dalam negeri. moga selanjutnya ke luar negeri. aamiin.

  5. Wah ini kyknya juga bisa diaplikasikan kalau traveling ma kekuarga ya, bedanya gak ketemu klien melainkan pas jalan ke tempat wisata mana gtuu hehe.
    Apalagi kalau naik pesawat, penting utk memiliki asuransi perjalanan, bukannya berharap hal buruk terkadi, namun demi ketenangan aja krn meninggalkan keluarga sementara yaa TFS

  6. Mba Nanik nih keren banget, jalan2 mulu buat perjalanan bisnis hehee. Iya sih tapi pokoknya harus jelas bikin itinerary-nya yah biar ngga rempong ntar. Wah ternyata ada asuransi buat antisipasi delay pesawat yah, penting banget nih. Kemaren pas aku pulang juga sempet delay 60 menit, sayang banget g ada asur nya

  7. Wah setuju dengan semua tipsnya nih mbak terutamanya membeli asuransi perjalanan sebagai proteksi kita yah, karena kita gak tahu apa yang bakal terjadi di perjalanan jadi mending siapkan perlindungan aja yaah

  8. Satu yang terabaikan tuh menyiapkan asuransi perjalanan mba. Tapi memang harus detail juga memang untuk menyusun daftar perjalanan bisnis yang harus dilakukan

  9. persiapan yang matang akan membuat semuanya menjadi lancar dan sesuai dengan yang diharapkan ya mba

  10. Kalo semua terencana dengan baik tj emang enak ya mbak rasanya semua traget dan agenda terpenuhi. Emang awalnya ribet harus nyiapin macem2 tapi klo udah dijalani pasti lebih mudab

  11. Ah iya, kadang yang sering terlupa saat melakukan perjalanan bisnis adalah membeli asuransi perjalanan ya mbak
    Padahal itu hal yang penting

  12. wah makasi banget lho buat cara menyusun perjalanan dinas yang nanti bisa memudahkan para pelaku perjalanan dinas

  13. Iyaa penginapan jadi salah satu kenyamanan ya mba. Poin2nya bener smua deh. Yg asuransi aku blum coba mba. Eh tapi perjalanan bisnis jg blum pernah soalnya moga ada nanti ikutin cara2 di atas

  14. Kemanapun perjalanannya wajib banget menyusun jadwal. Jadi lebih jelas gitu nantinya, nggak bingung harus kemana, naik apa dan lain sebagainya, apalagi soal penginapan ya mbk.

  15. Dah lamaaaa aku engga business trip, Mbaaa

    Kangen juga euyy mikirin hal² detail cem gini.

    Karena memang setiap trip kudu dipersiapkan dgn matang yhaaa

  16. Waktu masih kerja dulu semua perusahaan yang mengurus dari jadwal, pesan tiket, sampai akomodasi. Terutama asuransi perjalanan juga penting karena kita nggak mau misal ada sesuatu terjadi di tempat yang jauh dan tidak terkover asuransi

  17. Tipsnya bermanfaat maak apalagi untuk asuransi perjalanan sangat mrmbantu disaat delay atau koper hilang dkk.

  18. Boleh juga ada asuransi keterlambatan pesawat dari simas insurtech. Jadi penasaran sama syarat dan ketentuannya nih.

  19. Apa yang disebutkan tepat semua, Mbak. Malah ada asuransi perjalanan juga. Ini memang tepat banget untuk perjalanan menggunakan pesawat

  20. Nah bener, kalau perjalanan itu memang harus jelas agendanya, dicatet dengan detail supaya ga kelabakan dan malah bikin jadi ketinggalan. Repot kan kalau dah sampe tempat ada yg kececer

  21. Mantap nih lengkap banget ya tipsnya. Secara saya yakin Mbak ini banyak pengalaman bepergian jadi semua ini based on pengalaman ya

  22. Wah iya ya perjalanan bisnis seperti ini harus dirancang detail pengaturan waktunya agar pekerjaan kita selesai tepat waktu. Jangan sampai salah perencanaan malah pekerjaan berantakan, lebih tenang kalau ada asuransi perjalanan karena pesawat sering delay

  23. Cocok banget buat Mbak Nanik yang sering bepergian untuk tugas kantor, nih. Memang harus dipersiapkan semuanya dengan baik termasuk asuransinya agar bisa bepergian dengan tenang, acara lancar, dan pulang tepat waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published.